Dalam strategi pemasaran, membuat iklan yang menarik adalah keharusan. Bagaimana tidak, iklan bukan hanya sekadar strategi untuk menjaring target konsumen yang baru, melainkan juga sebagai platform untuk menjelaskan detail produk agar target konsumen mengerti produk yang kamu pasarkan berikut kelebihannya.

Tentu, seiring dengan pentingnya peran iklan tersebut, kamu tidak boleh membuat iklan secara asal-asalan. Ada beberapa kriteria iklan yang menarik dan perlu dijadikan pertimbangan untuk membuat iklan yang tepat.

Penasaran apa saja kriteria iklan yang menarik tersebut? Simak ulasannya!

Ragam Kriteria Iklan yang Menarik dan Tepat

Dalam pembuatan iklan, ada beberapa kriteria iklan menarik yang perlu dipertimbangkan dan diaplikasikan. Tentu, dengan menerapkan beragam kriteria tersebut nantinya iklan yang dibuat secara efektif mampu menjangkau konsumen yang lebih luas dan efeknya, penjualan pun akan meningkat,

Adapun kriteria atau ciri iklan yang baik dan menarik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan bahasa iklan yang pas

Dalam pembuatan iklan, penggunaan bahasa adalah hal yang sangat penting dan juga berpengaruh besar. Bahasa bukan hanya menjadi sarana untuk menyampaikan informasi saja melainkan juga mempengaruhi sisi psikologis target pasar agar terpengaruh.

Baca juga : Antara Website dan Media Sosial, Mana Media Terbaik untuk Jualan

Tentu saja, bahasa iklan berbeda dengan bahasa biasanya. Dalam membuat iklan, selain menggunakan bahasa yang lugas dan tidak bertele-tele, bahasa yang tepat harus memiliki kesan promosi serta persuasif.

2. Menyertakan gambar yang menarik

Gambar dalam sebuah iklan adalah hal yang sangat penting. Tentu, iklan akan terlihat lebih mengesankan apabila dibuat dengan paduan gambar dan teks yang tepat.

Nah, terkait hal ini, cari atau buat gambar yang tepat untuk menunjang hasil iklan yang diinginkan. Gambar yang disertakan dalam iklan sebenarnya bukan harus gambar produk tersebut. Namun, upayakan jika gambar tersebut sesuai dengan materi iklan dan efektif untuk mengenalkan produk kamu ke khalayak luas.

iklan yang jitu

3. Memiliki kemasan yang unik

Kriteria lain yang paling penting untuk membuat iklan yang menarik adalah kemasan atau tampilan dari iklan tersebut. Ini adalah hal yang begitu mendasar namun harus diperhatikan secara saksama. Bukankan iklan bertujuan untuk meningkatkan daya tarik target konsumen pada produk yang kamu miliki?

Nah, terkait kemasan iklan, kamu harus membuat iklan yang eye catching. Artinya, iklan yang dibuat harus bisa meningkatkan ketertarikan kepada siapa saja yang melihatnya.

Strategi ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan warna yang menyala dan kontras pada beberapa materi iklan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan huruf yang besar untuk memudahkan target konsumen membaca informasi yang terdapat dalam iklan tersebut.

Baca juga : Manfaat Riset Bisnis Sebelum Terjun Berbisnis

4. Bisa menjawab rasa penasaran target konsumen

Satu lagi kriteria iklan yang baik dan menarik bagi penjual adalah iklan tersebut bisa menjawab rasa penasaran dari target konsumen. Tentu, iklan tidak cukup hanya dibuat dengan desain yang unik saja, tetapi di dalamnya harus ada informasi yang jelas mengenai produk tersebut.

Standard yang paling mudah adalah target konsumen nantinya bisa mengetahui kelebihan dari produk yang kamu tawarkan dengan iklan tersebut. Tentu, dengan demikian, mereka bisa mendapatkan alasan kenapa memilih produk kamu dibandingkan produk lainnya.

Setidaknya, beberapa hal di atas adalah kriteria mendasar yang bisa diterapkan untuk membuat iklan yang menarik. Jika kamu ingin membuat materi iklan yang berkesan dan efektif menarik pelanggan baru, kamu bisa menggunakan layanan Enablr.

Ya, tim Enablr akan membantu kamu untuk melakukan riset pasar guna mengetahui kondisi pelanggan. Dengan demikian, nantinya kamu bisa membuat materi iklan yang pas di mana bisa menjawab kebutuhan mereka.