Ketika hendak memulai jualan secara online, salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan adalah apa media yang paling cocok untuk berjualan. Memang, meskipun sebenarnya mirip-mirip, ada beberapa media berbeda yang bisa dijadikan platform berjualan online. Nah, dua diantara yang paling banyak digunakan adalah website dan media sosial.

Dengan jangkauan pasar yang sangat luas bahkan tidak mengenal jarak dan waktu, bisa dikatakan bahwa platform online memang sangat menarik untuk dimanfaatkan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait website dan media sosial sebagai pilihan platform yang tepat untuk memulai jualan. Penasaran? Simak ulasannya!

Memulai Bisnis Dengan Menggunakan Media Sosial

Sebelum bisnis online merebak dengan sangat luas seperti saat ini, media sosial hanya dimanfaatkan sebagai media untuk bersosialisasi dan mendapatkan teman baru. Namun, seiring berjalannya waktu, media sosial menjadi pasar yang sangat ramai untuk beragam bisnis. Tidak mengherankan jika banyak bisnis yang dijalankan dengan menggunakan media sosial sebagai corong.

Baca juga : Cara FYP di Tiktok untuk Pebisnis Pemula yang Ingin Naikkan Omzet

Nah, untuk memulai jualan, media sosial bisa dikatakan bisa menjadi platform yang cocok untuk batu loncatan. Salah satu kelebihan dari media sosial adalah adanya pengguna yang sangat banyak. Pengguna media sosial tentu bisa menjadi target pasar baru untuk mempromosikan produk yang kamu jual.

Selain itu, dengan menggunakan fitur standard, berjualan di media sosial pun tidak memerlukan modal lain kecuali paket internet. Nah, apabila kamu ingin memaksimalkan pemasaran, maka kamu bisa menggunakan fitur ads yang disediakan beragam media sosial. Dengan biaya iklan yang bisa disesuaikan, kamu bisa beriklan dengan lebih akurat.

Hal lain yang menarik dari media sosial sebagai pilihan platform untuk memulai bisnis adalah kemudahan dalam penggunaannya. Kamu tentu sudah familiar dengan fitur berbagai media sosial, termasuk yang bisa digunakan untuk promosi, bukan?

Membangun Reputasi Dengan Menggunakan Website

Apakah dengan keterangan di atas artinya media sosial lebih baik daripada website untuk berjualan? Jawabannya tentu saja tidak.

Website tetap menjadi platform yang cukup efektif untuk memasarkan produk. Pasalnya, ada beberapa manfaat dari website yang kemungkinan tidak dimiliki media sosial. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah:

1.      Meningkatkan branding

Salah satu manfaat dari menggunakan website adalah meningkatkan branding bisnis yang kamu kelola. Ya, bisnis yang dikelola dengan sebuah website cenderung memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi. Selain itu, kamu pun juga bisa mengenalkan nilai bisnis melalui halaman “tentang kami” atau lainnya.

2.      Fungsi platform yang lebih lengkap

Website memiliki fungsi platform yang lebih lengkap dibandingkan media sosial. Dengan menggunakan website, kamu tidak hanya bisa mengupload produk saja. Tetapi, kamu bisa membuat artikel blog ataupun menawarkan promosi.

Baca juga : Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan untuk Berbagai Jenis Bisnis

3.      Lebih bebas menentukan desain

Dengan menggunakan website, kamu akan memiliki kebebasan untuk menentukan desain website sesuai dengan bisnis yang dikelola. Dengan desain yang unik, tentu kamu bisa meningkatkan ketertarikan calon pelanggan yang berkunjung ke website yang kamu miliki.

Dari beberapa detail di atas, bisa disimpulkan bahwa baik media sosial atau website memiliki fungsi penting untuk jualan. Nah, media sosial cocok untuk memulai, sedangkan website cocok digunakan setelah bisnis stabil untuk membangun citra yang lebih baik.

Nah, untuk kamu yang ingin memulai bisnis online dengan pengelolaan yang lebih profesional, kamu bisa menggunakan layanan Enablr. Dengan layanan Enablr, kamu akan mendapatkan bantuan untuk melakukan riset produk, mendesain iklan yang lebih akurat dan lainnya untuk meningkatkan daya saing dan mendapatkan lebih banyak konsumen!