Apakah kamu pernah mendapatkan email penawaran dari salah satu produk bisnis? Biasanya, email tersebut berisi tentang penawaran produk atau layanan, katalog ataupun ucapan selamat setelah berlangganan. Nah, email yang dikirimkan tersebut disebut email marketing.
Dalam strategi pemasaran digital bisa dikatakan bahwa email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif dan juga efisien. Pasalnya, email marketing bisa digunakan untuk melakukan promosi secara direct dan memudahkan kamu untuk melakukan follow up.
Berbincang tentang email marketing, ada beberapa trend email marketing yang saat ini banyak diaplikasikan karena efektif untuk menggaet pelanggan baru. Penasaran apa saja trend tersebut?
Ragam Trend Email Marketing Terkini
Bisa dikatakan bahwa trend email marketing cenderung berubah sesuai dengan waktu dan juga strategi pemasaran yang digunakan. Dari banyaknya strategi email marketing tersebut, beberapa opsi yang saat ini menjadi trend diantaranya adalah:
1. Chatbot
Pernah mendengar istilah chatbot sebelumnya?
Nah, dalam pengertian singkat, chatbot adalah program berbasis AI yang berfungsi untuk melayani chat dengan para konsumen. Program ini nantinya akan diatur sedemikian rupa hingga mampu menjawab beragam pertanyaan dari konsumen layaknya manusia.
Baca juga : Kenali Instagram Content Marketing agar Kontenmu Asyik dan Menjual
Penggunaan chatbot umumnya bertujuan untuk memberikan respon yang cepat dari keluhan konsumen. Hal ini karena chatbot bekerja secara otomatis. Nah, nantinya, apabila chatbot tidak mampu memberikan solusi, customer service akan mengambil alih.
2. Penggunaan teks dan email yang interaktif
Trend email marketing lain yang saat ini banyak digunakan adalah penggunaan teks serta email yang cenderung lebih interaktif. Para pakar mengatakan bahwa teks serta email yang lebih interaktif cenderung efektif untuk mempengaruhi konsumen serta meningkatkan brand awareness.
Ada cukup banyak contoh dari penggunaan teks serta email yang lebih interaktif tersebut. Misalnya saja, survey, kuis, kontes, game dan beberapa ide lainnya.
3. Email dengan story telling
Email dengan konsep story telling juga menjadi salah satu trend email marketing yang saat ini cukup banyak digunakan. Pasalnya, storytelling pada email marketing yang dikirimkan nantinya cukup efektif untuk meningkatkan perhatian target konsumen serta mempengaruhi mereka.
Tidak hanya itu, konsep story telling juga cukup efektif untuk memberikan penjelasan. Dengan demikian, tentu target pelanggan pun nantinya akan memiliki pemahaman yang lebih baik pada produk yang ditawarkan.
4. Desain email yang menarik
Mempercantik tampilan adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan atensi dari target konsumen. Nah, terkait email marketing, trend yang saat ini berkembang adalah membuat desain email yang lebih menarik.
Baca juga : 4 Langkah Melakukan Riset Kompetitor yang Benar
Memang, email marketing bisa didesain sedemikian rupa dengan paduan warna yang unik. Konsep ini nantinya cenderung efektif untuk membuat target konsumen membaca informasi seluruhnya sehingga mereka bisa mengetahui detail produk atau layanan kamu dengan lebih baik.
5. Penawaran khusus
Satu lagi trend email marketing yang saat ini banyak digunakan adalah memberikan penawaran khusus. Dengan ide ini, kamu bisa membuat penawaran spesial kepada penerima email seperti diskon khusus atau lainnya.
Secara tidak langsung, strategi email marketing ini akan membuat penerima pesan merasa spesial. Tentu, tingkat konversi menjadi transaksi pun akan cenderung meningkat.
Nah, beberapa hal di atas adalah ragam trend email marketing yang banyak digunakan saat ini. Untuk memaksimalkan strategi email marketing ini, kamu bisa menggunakan layanan Enablr.
Platform ini akan membantu kamu membuat konsep email marketing yang tepat dan efektif untuk promosi. Selain itu, dengan konsep omni-channel, Enablr pun akan membantu kamu mengelola bisnis secara digital dengan lebih mudah.
Leave A Comment