Di era serba digital seperti sekarang ini, konten menjadi hal yang sangat penting dalam berbagai hal, salah satunya adalah bisnis. Dengan banyaknya pengguna sosial media yang ada di dunia, dinilai menjadi prospek menjanjikan sebagai wadah pemasaran yang lebih efektif dan murah.
Sosial media kini menjadi salah satu platform tempat kebanyakan masyarakat menghabiskan sebagian besar waktunya. Tentu, kamu pun merasakan bahwa kini masyarakat sudah tidak bisa lepas dari ponsel, segala hal di dunia kini diisi dengan memeriksa sosial media sebagai sumber informasi dan tren publik.
Selain itu, sosial media pun kini menjadi tempat masyarakat mencari hiburan, karena ada banyak kreator yang membuat konten menarik. Sehingga, konten menjadi bagian penting dalam sosial media karena sebagai produk utama untuk menggaet interaksi pengguna.
Tips Membuat Konten Kreatif
Maka dari itu, konten pun kini mulai dimanfaatkan sebagai salah satu cara memasarkan produk atau jasa kepada publik lewat sosial media. Akan tetapi, tidak semua konten disukai pengguna, tentu hanya yang menarik dan berkualitas yang ditonton. Untuk mempermudah, kamu pun harus mengetahui bagaimana tips membuat konten sehingga bisa menjadi alat pemasaran yang lebih efektif, simak selengkapnya.
1. Mengikuti Tren
Teknologi membuat tren di masyarakat berkembang lebih cepat dari biasanya, tentu hal ini menjadi tantangan apabila kamu ingin membuat konten yang menarik. Tentu, kamu harus selalu memantau tren yang sedang naik daun dan diperbincangkan oleh pengguna sosial media, kamu pun bisa menggunakan tren tersebut sebagai inspirasi membuat konten yang menarik dan menghibur. Dengan begitu, konten pun akan mendapatkan banyak interaksi dari para pengguna.
Baca juga : Giveaway: Pemasaran Online yang Nge-Trend Untuk Gaet Customer
2. Sesuai Target Pasar
Target pasar tetap menjadi hal yang penting dalam pemasaran dalam bentuk apapun, termasuk ketika kamu menggunakan konten marketing di sosial media. Pastikan konten yang kamu buat, sesuai dengan target pasar yang sudah ditetapkan. Ketika kamu menargetkan pasar ke masyarakat berusia 18-25 tahun, tentu kamu pun harus membuat konten yang lebih fresh dan kekinian.
3. Gunakan Teknik Repurpose
Repurpose adalah salah satu teknik membuat konten video original, berdasarkan inspirasi dari video orang lain. Teknik ini tidak sama dengan menjiplak, sebab kamu tetap dituntut untuk menciptakan konsep baru dari referensi tersebut agar terkesan tetap original. Sebab, ketika kamu menjiplak video tentu hanya akan menimbulkan masalah baru dan menurunkan kredibilitas di mata masyarakat.
4. Distribusikan Konten
Konten kamu harus dibagikan ke berbagai channel pemasaran kamu yang lain. Ketika kamu mengunggahnya di TikTok, kamu pun bisa ikut mengunggahnya di Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Sehingga, kamu pun bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.
Baca juga : Pilih Influencer untuk Kerja Sama Bisnis? Pahami Tips Ini
5. Tujuan yang Jelas
Tujuan konten tetap menjadi yang utama, karena dengan itu kamu akan tetap on the track dalam memproduksi konten. Pastikan kamu menentukan tujuan dari awal, bisa untuk meningkatkan followers, penjualan, interaksi, brand awareness, dan lain-lain. Dengan begitu, konten kamu pun bisa lebih terarah dalam proses pra-produksi, produksi, sampai pendistribusiannya.
Jika kamu masih kebingungan dalam membuat konten yang menarik, Enablr dengan layanan Kreativ siap membantu Anda. Dengan dibantu kreator konten profesional dan berpengalaman, tentu kamu akan ditawarkan hasil konten yang berkualitas tinggi.
Bahkan, kamu pun bisa dibantu pembuatan konten dalam berbagai bentuk, mulai dari video, foto, sampai grafis. Sehingga, kamu dapat mendistribusikan ke channel yang lebih luas. Soal harga, jangan khawatir karena layanan Kreativ dari Enablr ini dijamin terjangkau dan seimbang dengan hasil yang akan kamu dapatkan.
Leave A Comment