Apa yang kamu rasakan ketika mendapatkan hadiah cuma-cuma dari seseorang? Tentu, kamu akan merasa senang, bukan? Tidak hanya rasa senang yang muncul, setelahnya pasti ada kedekatan hubungan yang akan terbentuk.

Nah, ilustrasi di atas adalah sekilas tentang bagaimana giveaway bekerja dalam strategi pemasaran online.

Kamu tentu sudah pernah mendengar tentang giveaway, bukan? Bisa dikatakan bahwa giveaway menjadi strategi promosi yang cukup menjamur, terutama dilakukan oleh pebisnis yang baru merintis usaha mereka. Meskipun terdengar cukup mainstream, namun tetap saja strategi ini memiliki efektivitas yang tinggi.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait giveaway dan juga trik untuk menerapkannya. Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Giveaway

Bisa dikatakan bawa giveaway merupakan sebuah hadiah. Nah, dikaitkan dalam kegiatan bisnis, giveaway merupakan hadiah yang diberikan oleh pengelola bisnis kepada target market mereka sebagai sebuah promosi.

Baca juga : Cara Menggunakan Gratis Ongkir di Lazada untuk Menarik Minat Pembeli

Teknik promosi ini bisa dikatakan cukup efektif untuk dilakukan. Pasalnya, secara tidak langsung, promosi dengan giveaway bukan hanya sekadar memberikan kesenangan pada seseorang yang mendapatkan hadiah. Lebih dari itu, teknik ini bisa digunakan untuk mengenalkan produk baru serta membangun kedekatan dengan target pasar.

Banyak kalangan mengatakan bahwa giveaway juga merupakan iklan yang efektif dan terjangkau. Pasalnya, dengan menggunakan cara promosi ini, kamu nantinya bisa menjangkau target pasar yang luas dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan menggunakan fitur ads atau lainnya. 

Trik Mengadakan Giveaway Untuk Promosi yang Lebih Efektif

Meskipun bisa dikatakan cukup efektif untuk menggaet pelanggan baru dan meningkatkan brand awareness bisnis yang kamu kelola, namun tetap saja giveaway tidak bisa dilakukan secara serampangan. Kamu perlu memahami trik mengadakan giveaway agar strategi ini bisa berjalan lebih efektif dan berhasil.

Ada beberapa trik mendasar yang bisa kamu jadikan pertimbangan saat hendak melakukan giveaway. Beberapa trik tersebut adalah:

1.      Menyesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai

Promosi dengan giveaway bukan hanya sekadar memberikan hadiah semata. Dalam hal ini, kamu perlu melengkapinya dengan tujuan bisnis yang hendak dicapai agar kamu juga mendapatkan manfaat secara langsung.

Misalnya saja, ketika kamu ingin mengenalkan bisnis yang kamu miliki serta akun Instagram yang kamu kelola, maka kamu bisa memberikan syarat tag orang lain dalam pemberian giveaway. Atau, jika kamu ingin mendapatkan testimoni, berikan syarat untuk melakukan review produk guna mendapatkan giveaway tersebut.

2.      Menggunakan bantuan influencer

Dalam menerapkan giveaway, kamu bisa menggunakan bantuan influencer sebagai sarana promosi. Dengan basis massa yang besar, tentu saja influencer akan memberikan pengaruh yang cukup tinggi sehingga program giveaway yang kamu lakukan cenderung lebih sukses.

Baca juga : Cara FYP di TikTok Untuk Jualan Baju Agar Banjir Orderan

3.      Memilih hadiah yang tepat

Trik pemberian giveaway lainnya yang penting adalah memilih hadiah yang tepat. Tentu, hadiah menjadi sentral untuk ketertarikan pelanggan yang kamu jadikan target.

Terkait hal ini, pilih hadiah yang tepat dan menarik untuk kamu jadikan sebagai giveaway tadi. Hindari kesan bahwa kamu melakukan giveaway dengan produk yang ala kadarnya atau bahkan produk reject.

Beberapa hal di atas adalah ragam trik penerapan giveaway yang bisa kamu lakukan. Memang, strategi ini cukup efektif untuk dilakukan. Namun, kamu harus sadar bahwa strategi giveaway tetap memiliki kekurangan seperti pelanggan yang hanya memanfaatkan momen dan hadiah saja.

Oleh karenanya, kamu perlu memperhatikan detail giveaway dan berusaha agar target pelanggan yang ikut serta bisa diubah menjadi pelanggan baru. Nah, untuk membantu promosi dan penerapan giveaway, kamu bisa menggunakan layanan Enablr.

Dengan fitur solution yang tersedia, kamu akan mendapatkan bantuan dari tim profesional untuk menerapkan strategi giveaway yang lebih efektif. Tertarik untuk mencobanya?