Apakah kamu pernah tergesa-gesa membeli produk tanpa menimbang penting atau tidaknya karena takut kehabisan? Nah, jika ya, maka kamu terkena FOMO. Kamu tentu pernah mendengar tentang istilah ini, bukan?

FOMO atau Fear of Missing Out kerap diartikan sebagai perasaan takut atau tidak tenang ketika tertinggal hal tertentu, termasuk kehabisan produk yang sedang menjadi tren. Umumnya, istilah ini dikaitkan dengan kekhawatiran seseorang jika mereka ketinggalan zaman karena tidak mengikuti tren.

Nah, dalam strategi pemasaran, FOMO bisa menjadi salah satu dasar strategi pemasaran online yang diterapkan. Pasalnya, dengan kondisi psikologis konsumen yang tergolong labil tersebut, kamu bisa mendapatkan keuntungan untuk meningkatkan penjualan. Strategi ini sangat efektif terlebih jika target pasar bisnis kamu adalah millennials.

Ragam Trik Menerapkan Strategi Pemasaran Online FOMO

Bisa dikatakan bahwa strategi pemasaran FOMO termasuk salah satu teknik pemasaran online yang sangat efektif saat ini. Hanya saja, kamu tetap harus mengetahui trik dari strategi pemasaran ini agar nantinya kamu mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang diinginkan.

Ada beberapa trik penerapan strategi pemasaran FOMO yang bisa kamu gunakan. Beberapa diantaranya adalah:

1.      Highlight pelanggan yang sudah membeli produk

Trik penerapan strategi pemasaran online berdasar FOMO yang pertama adalah menunjukkan pada target konsumen orang-oran yang sudah membeli produk kamu sebelumnya. Trik ini sekilas mirip dengan endorsement.

Baca juga : Strategi Menghadapi Perang Harga Bagi Penjual Cerdas

Tentu, trik ini akan efektif digunakan jika kamu menampilkan seseorang yang memiliki basis massa yang cukup besar. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan testimoni positif dari pelanggan yang sudah membeli produk.

2.      Menunjukkan jumlah stok

Seperti yang disinggung sebelumnya, FOMO bekerja secara psikologis yang membentuk ketakutan pelanggan karena kehabisan produk yang mereka inginkan. Terkait hal ini, kamu bisa menunjukkan jumlah stok produk yang kamu miliki sebagai bagian dari strategi pemasaran online ini.

Terkait hal ini, atur stok produk yang kamu miliki sedemikian rupa. Pastikan detail stok tersebut mampu mempengaruhi psikologis calon pelanggan sehingga mempercepat keputusan mereka untuk melakukan transaksi. Misalnya saja, bubuhkan kata ‘terbatas’ atau ‘limited edition´ sebagai bagian dari deskripsi produk.

3.      Memberikan batas waktu

Kamu tentu sudah mengetahui tentang flash sale, bukan? Ya, flash sale kini menjadi salah satu fitur yang dimiliki banyak marketplace. Seperti namanya, flash sale merupakan strategi penjualan berbatas waktu sehingga pelanggan harus segera memutuskan keinginannya untuk melakukan transaksi.

Nah, untuk strategi pemasaran online FOMO, kamu juga bisa memberikan batasan waktu pada konsumen yang berminat. Dengan strategi mirip flash sale ini, kamu bisa menjual barang dengan lebih cepat terutama saat hendak menghabiskan stok. Tentu, untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan, berikan diskon spesial.

Baca juga : Serba Serbi Persuasif Advertising yang Perlu Kamu Tahu

4.      Membuat produk yang eksklusif

Satu lagi trik yang cocok diterapkan untuk pemasaran online berbasis FOMO adalah membuat produk yang cenderung eksklusif dan menjualnya di waktu tertentu. Dengan adanya exclusivity pada produk tersebut, tentu ketertarikan pelanggan pun bisa dikatakan akan meningkat.

Banyak contoh penerapan trik ini. Misalnya saja, kamu bekerja sama dengan produsen tertentu untuk membuat produk khusus. Atau, kamu menghadirkan kembali produk yang dulunya diburu oleh konsumen dengan jumlah yang terbatas.

Dengan beberapa trik di atas, strategi pemasaran online berbasis FOMO yang kamu terapkan bisa mendatangkan traffic yang lebih tinggi. Nah, untuk memudahkan kamu menerapkan strategi ini, kamu bisa menggunakan layanan Enablr.

Ya, Enablr merupakan layanan online yang siap membantu kamu menerapkan strategi pemasaran online yang tidak hanya efektif, tetapi juga tertarget. Ada beragam layanan seperti Kreativ Epic, Stats Intelligent, dan Link Technology yang tersedia dan bisa disesuaikan dengan bisnis yang kamu kelola. Tertarik?