Meskipun sudah banyak retail di banyak tempat, namun toko kelontong masih menjadi pilihan banyak masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian. Pasalnya, toko kelontong menyediakan keperluan harian yang cukup lengkap dan lebih mudah ditemui. Tidak hanya itu, dari segi harga pun bisa jadi harga produk di toko kelontong cenderung lebih terjangkau.
Dari gambaran di atas, bisnis toko kelontong memang masih menjadi ide bisnis yang sangat menarik. Hanya saja, tidak bisa dimungkiri bahwa zaman terus berubah dan retail atau toko modern pun bertumbuh semakin banyak. Jika tidak disiasati, bisa jadi toko kelontong akan mulai kehilangan pelanggan setia.
Nah, jika kamu memiliki toko kelontong, penting bagi kamu untuk mengatur ulang toko kelontong tersebut agar lebih modern. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah toko kelontong menjadi lebih modern dan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Penasaran? Simak ulasannya!
Menyulap Toko Kelontong Menjadi Lebih Modern Dengan Layanan Online
Pandemi yang terjadi beberapa waktu yang lalu bisa dikatakan cukup mengubah kebiasaan masyarakat, termasuk perihal pemenuhan kebutuhan harian mereka. Ya, adanya pembatasan aktivitas selama pandemi membuat masyarakat beralih dari belanja konvensional ke model belanja online. Hal inilah yang hingga kini bertahan bahkan terus berkembang.
Baca juga : Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan untuk Berbagai Jenis Bisnis
Fakta tersebut tentu harus menjadi pertimbangan dalam pengelolaan toko kelontong. Kamu perlu menyesuaikan diri dengan kondisi masyarakat saat ini. Oleh karenanya, menyediakan layanan online adalah salah satu upaya yang bisa digunakan untuk menyulap toko kelontong menjadi lebih modern.
Ada beberapa layanan yang bisa kamu sediakan sebagai upaya mengubah toko kelontong menjadi lebih modern. Beberapa diantaranya adalah:
1. Layanan pesan antar
Salah satu layanan yang bisa kamu sediakan untuk membuat toko kelontong yang dikelola lebih modern adalah layanan pesan antar. Kamu tentu sudah familiar dengan layanan ini, bukan? Barangkali, kamu juga pernah menggunakan layanan ini melalui sebuah aplikasi.
Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana cara untuk menerapkan layanan ini? Apakah harus dengan aplikasi juga? Tentu saja jawabannya tidak.
Untuk menerapkan layanan pesan antar, kamu bisa menggunakan cara yang sederhana. Misalnya saja, kamu bisa memanfaatkan layanan WhatsApp untuk menerima pesanan. Setelah ada pesanan masuk, kamu bisa mengantarkannya ke alamat pemesan.
2. Layanan transaksi non-tunai
Selain menyediakan layanan pesan antar, kamu bisa menerapkan layanan transaksi non-tunai sebagai upaya membuat toko kelontong menjadi lebih modern. Seperti yang diketahui, transaksi non-tunai kini menjadi opsi transaksi yang banyak digunakan. Selain itu, banyak pilihan platform transaksi non-tunai yang bisa digunakan.
Beberapa layanan transaksi non-digital seperti Gopay, Link Aja, OVO dan lainnya tersedia dan bisa diandalkan. Nah, tidak ada salahnya jika kamu menyediakan layanan tersebut di toko kelontong yang kamu kelola. Dengan demikian, pelanggan tidak harus menggunakan uang tunai dan bisa mendapatkan cashback yang menarik.
Baca juga : Mengenal ECHO, E-commerce untuk Seller UMKM yang Menguntungkan
3. Memanfaatkan marketplace
Untuk membuat toko kelontong lebih modern, kamu juga bisa memanfaatkan marketplace sebagai sarana promosi dan juga transaksi. Saat ini, marketplace memang menjadi pasar baru yang menyediakan banyak produk keperluan. Nah, kamu bisa mengupload produk toko kelontong di beragam marketplace tersebut.
Pemanfaatan marketplace bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain memudahkan pelanggan untuk berbelanja, jangkauan promosi yang dilakukan pun akan semakin lebar. Artinya, potensi mendapatkan pelanggan baru juga semakin besar.
Nah, dengan beberapa layanan di atas, toko kelontong yang kamu kelola bisa menjadi lebih modern. Sebagai penunjang, agar transaksi di toko kelontong meningkat, layanan Enablr bisa menjadi pilihan. Dengan layanan ini, kamu akan mendapatkan bantuan untuk melakukan promosi digital secara masif dan efisien agar omzet yang didapatkan semakin besar.
Layanan yang diberikan oleh Enablr meliputi Stats, Link, dan Kreativ. Kamu bisa memilih layanan manapun sesuai dengan kebutuhan. Apakah kebutuhan terkait dengan riset dan data, pembuatan konten, hingga omnichannel, semua tersedia untuk menunjang bisnis. Yuk, segera hubungi customer service Enablr melalui webchat di laman enablr.id
Leave A Comment