E-commerce saat ini merupakan suatu platform digital yang banyak digunakan untuk membeli produk secara online. Berkenaan dengan hal tersebut, Enablr saat ini telah mengembangkan e-commerce yang dinamai ECHO. Dalam situs marketplace ECHO yaitu echogroup.id, kamu dapat menemukan berbagai UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang berjualan.
Kehadiran ECHO sangat menguntungkan bagi para pelaku seller UMKM. Sebab, ECHO menjadi wadah yang strategis untuk mereka mempromosikan dan menjajakan produk jualannya secara cepat. Hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk pemanfaatan platform digital untuk mendukung ekonomi kreatif di Indonesia. Yuk, kenali seperti apa e-commerce ECHO pada artikel ini!
Apa Itu ECHO by Enablr?
ECHO adalah e-commerce yang menyediakan wadah untuk jual dan beli produk UMKM melalui pasar online yang terintegrasi. Di dalam e-commerce ini, para customer dapat menemukan berbagai macam barang-barang untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Tentunya, harga yang ditawarkan sangat rasional dan cukup terjangkau.
Baca juga : Punya Bisnis Kuliner? Yuk, Terapkan Strategi Omnichannel
Prinsip E-Commerce ECHO
Sebagai suatu start up e-commerce yang berfokus pada pemberdayaan dan pendukungan UMKM di Indonesia, ECHO menerapkan beberapa prinsip yang bisa Kamu rasakan bersama manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa prinsip yang terdapat dalam e-commerce ECHO:
Prinip ‘Social E-Commerce’ atau Community Buying
ECHO memperkenalkan pengalaman belanja dengan prinsip ‘social e-commerce’. Prinsip ini mengacu pada pengertian bahwa setiap customer dapat dengan bebas berbelanja bersama relasi, keluarga, atau kerabat agar dapat diskon menarik dan harga yang spesial. Prinsip ini sangat menguntungkan baik itu bagi seller maupun customer.
Diterapkannya prinsip tersebut pada ECHO, merujuk pada Yohan Christian selaku founder dan CEO Enablr, adalah berangkat dari kultur masyarakat Indonesia yang senang melakukan berbagai kegiatan secara bersama-sama. Oleh sebab itu, diharapkan bahwa Community Buying (belanja bersama-sama) ini dapat menjadi penggerak masyarakat agar dapat lebih aktif menggunakan ECHO.
Prinsip ‘Go Local, Grow Local’
Bersamaan dengan prinsip ‘social e-commerce’ tadi, ECHO juga berdasar pada prinsip “Go Local, Grow Local”. Prinsip ini berarti bahwa ECHO berdasarkan pada semangat untuk membangun suatu ekosistem e-commerce yang mampu mendorong daya saing bisnis UMKM di Indonesia. Hal tersebut merupakan angin segar bagi para pelaku seller UMKM.
Produk-produk lokal yang dikembangkan oleh tiap UMKM di Indonesia memang sudah sepatutnya layak untuk diberdayakan. Melalui platform ECHO ini, produk lokal tersebut dapat tumbuh (grow) pesat dan lebih dikenal oleh masyarakat di era modern saat ini.
Terutama di tengah kondisi pandemi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat tersebut, gaya hidup konsumen berubah menjadi semakin dekat dengan perangkat digital. Ini menjadi kesempatan bagi produk lokal agar mampu ikut bersaing untuk menghadirkan setiap kebutuhan masyarakat.
Baca juga : Ingin Go Digital? Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu!
Proses Penjualan di ECHO untuk Seller
Setelah mengetahui apa itu e-commerce ECHO dan prinsip-prinsip yang ada di dalamnya, kini Kamu dapat menyimak proses penjualannya. Untuk para seller, kamu dapat dengan mudah melakukan proses penjualan produk di ECHO melalui langkah-langkah berikut ini:
- Daftarkan diri kamu di ECHO sebagai ‘seller’
- Buatlah ‘campaign’ produk kamu, tentukan jumlah kuantitas produk, strata harga dan batas waktu kampanye produk
- Setelah itu, produk kamu akan masuk ke dalam listing kampanye.
- Kirimlah orderan sesuai dengan pesanan dan proses.
Nah, untuk mengetahui seperti apa sebetulnya e-commerce ECHO ini, Kamu dapat langsung mengunjungi alamat web https://enablr.id/echo/. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu!
Leave A Comment