Dalam marketing, diperlukan penyampaian pesan yang khusus guna menarik perhatian target pemirsa. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan dalam marketing ialah persuasif advertising.

Cara marketing yang satu ini bisa memotivasi pemirsa guna melaksanakan transaksi pembelian produk kamu. Akan tetapi, kamu harus mengenali target pasar lebih dahulu.

Kamu wajib memahami hal-hal semisal nilai-nilai yang dipegang target pasar dan apa saja yang menarik di mata mereka.

Maka dari itu, dalam artikel ini akan diuraikan sejumlah penjelasan tentang langkah pengiklanan persuasif. Simak untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

Apa Itu Persuasif Advertising?

Dilansir dari RockContent, persuasif advertising merupakan cara pengiklanan yang membuat konsumen yakin untuk membeli terhadap suatu produk atau layanan dengan janji dapat memenuhi segala kebutuhan atau keinginan mereka.

Cara marketing yang satu ini menonjolkan hal-hal positif dan memperlihatkan manfaat dari suatu produk atau layanan yang dijual pebisnis.

Marketing persuasif memakai respons emosional daripada fakta untuk bisa memotivasi pelanggan agar melaksanakan transaksi pembelian.

Terdapat beberapa strategi marketing persuasif. Secara umum, setidaknya tiga kategori emos, antara lain:

Ethos: Menarik konsumen di sisi etika, karakteristik, serta kredibilitas.

Logos: Menarik konsumen pada sisi alasan serta logika.

Pathos: Menarik pelanggan dalam sisi perasaan serta emosi.

Merujuk pada tipe advertising persuasif yang akan diproduksi, kamu perlu menentukan satu kategori emosi dalam menyematkan dalam pesan yang hendak disampaikan.

Baca juga : Tips dan Trik Menggunakan Facebook Ads yang Wajib Diketahui

Hal ini dilakukan guna mencegah pesan jadi membuat konsumen bingung. Selain itu, kamu pun bisa membuat iklan yang menarik serta tepat bagi target audiens.

Pastinya, advertising persuasif mempunyai berbagai manfaat dan kelebihan yang dapat membuat sebuah bisnis semakin maju dan berkembang.

Manfaat Persuasif Advertising

Menurut Indeed, di bawah ini merupakan sejumlah manfaat dan kelebihan dari metode persuasif advertising.

1. Fokus Kebutuhan Pelanggan

Fokus dari advertising persuasif ialah memenuhi segala kebutuhan konsumen. Maka dari itu, hal tersebut menjadi salah satu manfaat dari metode periklanan yang satu ini.

Dengan demikian, metode ini mempunyai kedekatan dengan konsumen sebab menawarkan berbagai macam manfaat untuk mereka yang melihat advertising persuasif tersebut.

Umumnya, iklan tersebut lebih condong dengan pemakaian kata “kamu” guna menarik dan merasa dekat dengan pelanggan.

2. Menguatkan Kredibilitas

Persuasif advertising pun mencoba meyakinkan pelanggan guna melakukan transaksi pembelian produk atau layanan kamu menurut perasaan yang dirasakannya, bukan fakta.

Dengan demikian, metode ini membuat kamu dapat memperkuat serta membangun kredibilitas menurut argumen yang kuat.

Argumen tersebut yang menjadikan orang-orang atau pelanggan lebih percaya pada bisnis kamu dan berhasrat untuk membeli atau melakukan transaksi produk atau layanan kamu.

3. Membangun Kesetiaan Konsumen

Manfaat lain dari advertising persuasif kalah memberikan motivasi pada konsumen guna bertransaksi atau membeli produk menurut pendekatan emosional.

Pelanggan akan menentukan suatu produk atau layanan dengan alasan tertentu, tergantung bagaimana iklan yang dilihat mempengaruhi emosi atau perasaannya.

Baca juga : Pilih Influencer untuk Kerja Sama Bisnis? Pahami Tips Ini

Advertising persuasif umumnya membangun hubungan antara pelanggan dengan brand. Dengan demikian, bisa mendorong konsumen guna melakukan membeli secara berulang-ulang.

Layanan Stats dari Enablr bisa memudahkan kamu dalam menganalisa pasar, kompetitor, serta produk yang tengah ramai di marketplace terbesar di Indonesia. Kamu pun bisa menguatkan pengambilan keputusan bisnis dengan keunggulan dari layanan ini.

Stats dapat membantu kamu mempelajari informasi mulai dari  jumlah produk terjual, jumlah transaksi, harga rata-rata produk, sampai data konversi penjualan. Bahkan, kamu pun bisa mendapatkan kategori dan kata kunci populer yang sangat akurat dan reliable untuk mengoptimalkan hasil pencarian produk kamu.

Data yang disajikan Stats sudah terintegrasi dengan Tokopedia dan Shopee. Dengan Tampilan yang sangat mudah dipahami dan dioperasikan, mampu membuat kamu menghemat lebih banyak waktu dalam riset kompetitor dan mendapatkan data riset untuk mengembangkan bisnis kamu. Enablr siap jadi mitra terbaik untuk bisnis yang lebih maju.