Pemasaran merupakan ilmu yang sangat berguna bagi perkembangan bisnis karena manfaat yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, pemasaran pun bisa membantu perusahaan untuk memperluas jaringan pasar sehingga bisnis bisa semakin dikenal oleh publik.

Akan tetapi, dengan luasnya cabang ilmu marketing, tentu Anda pun harus memilh beberapa metode yang lebih sesuai dengan bisnis yang tengah Anda jalani. Dengan begitu, pemasaran yang Anda laksanakan bisa berjalan lebih efektif.

Saat ini, performance marketing atau pemasaran dengan basis performa tengah ramai dibahas. Performance marketing ini merupakan gabungan dari brand marketing dan paid marketing. Namun, ternyata masih banyak yang belum memahami tentang metode ini, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Performance Marketing

Sebelum Anda mempelajari lebih dalam mengenai performance marketing, alangkah lebih baik Anda mempelajari pendahuluannya terlebih dahulu agar makin mudah paham. Menurut pengertiannya, strategi pemasaran berbasis performa ini ialah strategi pemasaran online dan periklanan yang mewajibkan pengiklan utuk membayar usai tujuan bisnisnya terpenuhi.

Baca juga : Mengenal ECHO, E-commerce untuk Seller UMKM yang Menguntungkan

Contohnya adalah bisnis penjualan produk. Pebisnis yang menggunakan strategi performance marketing akan membayar iklan jika telah ada produk yang bisa terjual. Dengan begitu, tentu Anda pun akan membayar sesuai dengan dampak yang didapatkan oleh bisnis.

Dengan begitu, Anda pun akan lebih fokus dalam mengoptimalkan kampanye iklan agar dapat menghasilkan konversi dengan jumlah yang lebih banyak lewat uji coba serta membuat keputusan menurut data. Sehingga, strategi ini bisa lebih efektif dalam mengeluarkan biaya terhadap iklan yang dipublikasikan.

Cara Kerja

Cara kerja performance marketing dapat Anda lihat dengan mudah lewat Google atau beberapa media sosial seperti Instagram atau Facebook. Biasanya, platform tersebut akan memilih iklan yang akan dipengaruhi menurut beberapa faktor.

Faktor itu sepert iconversion rate, relevansi, kualitas, dan penawaran yang diberikan. Misalnya, sistem penayangan iklan di Facebook yang mementingkan relevansi, kualitas iklan, jumlah penawaran, dan outcome yang diingkan pengiklan. Sehingga, biaya yang dibayar pengiklan akan sesuai dengan dampak yang diberikan oleh publisher.

Keunggulan dan Performance Marketing

Beberapa di antara Anda tentu bertanya-tanya mengenai keunggulan pemasaran berbasis performa, karena ditakutkan tidak sesuai ekspektasi. Maka dari itu, Anda pun harus mengetahui beberapa kelebihan dari strategi pemasaran yang satu ini. Beberapa keunggulannya adalah sebagai berikut:

  1. Iklan yang Dipublikasikan Sesuai Dengan Target yang Diinginkan
  2. Performa yang Dapat Terukur Dengan Baik
  3. Biaya DIbayar Setelah Aksi Dilaksanakan

Dengan beberapa keunggulan di atas, tentu ada manfaat yang bisa Anda dapatkan sebagai pebisnis. Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah waktu dan anggaran yang lebih hemat, sebab Anda tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah di awal. Anda hanya perlu menunggu hasil akhir dan membayar sesuai dengan dampak yang diberikan dari promosi tersebut.

Baca juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kamu Ingin Berbisnis via Medsos

Demikian beberapa pembahasan singkat mengenai performance marketing bagi Anda yang hendak merencanakan pemasaran yang lebih baik dan hemat. Tentu, Anda harus mendalami ilmu ini lebih jelas sehingga bisa menggunakannya dengan baik.

Apabila Anda masih kebingungan, Enablr siap membantu Anda menyusun strategi bisnis yang lebih baik. Dengan layanan Loop dari Enablr, Anda akan dipermudah dalam mengidentifikasi pelanggan dan merubah prospek menjadi konsumen. Tentunya, Anda akan dibantu dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda.

Tidak hanya itu, Enablr akan memastikan tampilan etalase bisnis yang menarik bagi bisnis Anda sehingga bisa dipromosikan kepada pasar dengan lebih efektif. Selain itu, Anda juga akan diberi kepastian dalam implementasi sehingga segala channel bisnis Anda bisa bersinergi dengan baik dan memunculkan hasil yang maksimal.