Pemasaran menjadi hal yang sangat penting dalam berbisnis. Sebab, pemasaran atau marketing memiliki peran dalam menjangkau konsumen yang lebih luas dan meningkatkan penjualan produk dalam suatu perusahaan. Meskipun begitu, ternyata perusahaan pun butuh marketing plan yang jelas sehingga pemasaran bisa berjalan efektif.

Akan tetapi, masih banyak yang belum memahami mengenai pengertian, hingga kegunaan dari marketing plan itu sendiri. Padahal, ilmu pemasaran sangat penting untuk dipahami, terlebih di tengah zaman yang serba cepat dengan teknologi dan internet seperti sekarang ini.

Meskipun begitu, tidak ada kata terlambat untuk belajar. kamu yang baru belajar berbisnis pun bisa mempelajari tentang marketing plan lebih jauh sehingga mampu mengembangkan bisnis yang lebih baik di masa yang akan datang.

Pengertian Marketing Plan

Sebelum memahami hal-hal lain mengenai marketing plan, tentu kamu harus memahami ilmu dasarnya terlebih dahulu, yakni pengertian. Dengan begitu, kamu pun bisa menerapkan ilmu ini dengan lebih baik dan teliti supaya proses pemasaran bisnis kamu bisa berjalan lebih baik.

Baca juga : Trik Pemasaran Online FOMO yang Memanfaatkan Kondisi Psikologis

Untuk diketahui, marketing adalah sebuah proses dalam memenuhi seluruh kebutuhan konsumen dalam beberapa faktor. Mulai dari konsep dasar pemasaran, yakni proses pengolahan atau produksi, produk, pemasaran atau marketing hingga penjualan produk.

Sementara itu, pengertian marketing plan ialah suatu proses perencanaan di sektor pemasaran supaya bisa mencapai target pemasaran yang telah ditetapkan. Umumnya marketing plan atau pemasaran memiliki kaitan erat dalam strategi pemasaran mengenai nilai serta tujuan perusahaan.

Singkatnya, marketing plan bisa dilaksanakan sebagai pengaplikasian strategi marketing dalam suatu usaha atau perusahaan dengan sejumlah cara. Targetnya yaitu demi mencapai tujuan usaha yang telah ditentukan. Perencanaan pemasaran ini umumnya meliputi, visi dan misi, penentuan target pasar, hingga strategi dalam pencapaian.

Tujuan

Setiap usaha tentu harus memiliki tujuan yang jelas, dengan begitu bisnis bisa berjalan sebagaimana mestinya dan jauh dari kegagalan. Namun, mencapai target bisnis tentu tidak mudah, maka dipermudah dengan perencanaan pemasaran.

Dengan kata lain, marketing plan memandu perusahaan untuk bisa menggapai target usaha. Mulai dari, mengetahui persaingan usaha, memahami perubahan pasar, sampai meningkatkan keuntungan.

Manfaat Marketing Plan

Ilmu pemasaran tentu memiliki manfaat tersendiri dalam kelangsungan suatu perusahaan. Akan tetapi, ternyata marketing plan memiliki manfaat tersendiri yang bisa dirasakan dalam perkembangan usaha yang lebih baik dan menguntungkan.

Apabila marketing plan dilaksanakan dengan sejumlah pendekatan serta memenuhi unsur yang benar, tentu bisa berguna dalam mencapai target pemasaran dalam suatu usaha. Hal ini merupakan salah satu keinginan banyak pebisnis di dunia, maka marketing plan menjadi salah satu jalan untuk bisa mencapainya.

Baca juga : Tips Menaikkan Penjualan dengan Cara FYP di TikTok

Marketing Plan bisa memudahkan koordinasi marketing, mempermudah proses identifikasi pengembangan bisnis, menjadi referensi dalam melaksanakan perubahan usaha. Kemudian, menjadi dasar dalam menentukan peraturan dan kebijakan perusahaan, serta memahami target pasar dengan lebih jelas.

Untuk mempermudah kamu dalam melaksanakan perencanaan marketing yang baik dan benar, Enablr menyediakan layanan Stats yang sangat berguna dalam tahap rencana marketing. Sebab, layanan Stats bisa membantu dalam menganalisis pasar, kompetitor, hingga produk yang sedang naik daun di marketplace di Indonesia.

Data yang tersedia pun dijamin terintegrasi dengan baik dan lengkap dengan Tokopedia dan Shopee. Selain itu, dengan layanan ini kamu akan lebih menghemat waktu dalam melaksanakan riset pasar di marketplace. Layanan ini pun tergolong mudah digunakan karena memiliki tampilan pengguna yang sangat mudah dipahami serta digunakan. Bermitra dengan Enablr, buat bisnis kamu semakin maju dan menguntungkan.