Seiring dengan persaingan bisnis yang bertambah ketat dari waktu ke waktu, melakukan persiapan yang matang sebelum memutuskan terjun dan memulai bisnis adalah hal yang sangat penting. Nah, salah satu persiapan bisnis yang paling penting untuk dilakukan adalah riset.
Apakah kamu pernah mendengar tentang riset dalam bisnis sebelumnya?
Dalam bahasa yang sederhana, riset bisa diartikan sebagai upaya untuk mencari tahu. Terkait bisnis, riset merupakan upaya yang dilakukan untuk mengetahui seluk beluk bisnis mulai dari beragam hal terkait bisnis itu sendiri dan juga kondisi pasar yang akan menjadi platform untuk mendapatkan keuntungan.
Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam manfaat riset sebelum terjun berbisnis yang akan kamu dapatkan. Penasaran? Simak ulasannya!
Ragam Manfaat Riset Sebelum Berbisnis
Bisnis yang kuat adalah bisnis yang dipersiapkan dengan baik. Nah, riset menjadi salah satu persiapan bisnis yang paling penting dan tentu saja tidak boleh dilewatkan.
Ada beberapa manfaat riset yang bisa dijadikan alasan kenapa kamu perlu melakukannya sebelum memulai bisnis. Beberapa manfaat yang dimaksud diantaranya adalah:
1. Mengenali kondisi target market dengan lebih baik
Ibarat seseorang yang hendak berlaga di sebuah peperangan, ia perlu mengetahui kondisi medan perang agar bisa menyusun strategi perang yang tepat. Nah, hal semacam ini juga berlaku pada upaya kamu untuk menjalankan sebuah bisnis yang baru.
Baca juga : Tips Membuat Konten yang Kreatif di Medsos untuk Tingkatkan Penjualan
Riset adalah strategi yang tepat untuk mengenai kondisi target pasar secara riil dan lebih dalam. Dengan melakukan riset, setidaknya kamu akan mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan pasar dan produk seperti apa yang mereka inginkan.
2. Menemukan produk yang lebih tepat
Manfaat lain dari riset adalah membantu kamu menemukan produk yang tepat untuk dijadikan komoditas bisnis. Tentu, produk ini dipilih salah satunya dengan melakukan pertimbangan pada target market yang hendak dituju tadi.
Jika kamu menyimak bisnis hari ini, kamu akan menemukan banyak sekali produk yang dijajakan dan menjadi komoditas bisnis. Tentu, kamu tidak boleh memilih produk sembarangan dan hanya berdasarkan feeling saja. Dengan melakukan riset, peluang mendapatkan produk terlaris di pasaran untuk menunjang bisnis tentu akan semakin besar.
3. Mengetahui strategi yang dijalankan oleh kompetitor
Salah satu jenis riset yang sering dilakukan adalah riset kompetitor. Seperti namanya, riset ini bertujuan untuk mencari informasi tentang bagaimana kompetitor menjalankan bisnis mereka. Tentu saja, riset bukan hanya membantu kamu menemukan strategi pemasaran kompetitor, tetapi juga produk unggulan dan hal lainnya.
Nah, berbekal informasi yang didapatkan dari riset kompetitor ini, kamu akan memiliki data yang bisa diolah. Misalnya, kamu bisa mengembangkan strategi pemasaran kompetitor menjadi lebih inovatif guna menjangkau target konsumen yang lebih luas.
Baca juga : Antara Website dan Media Sosial, Mana Media Terbaik untuk Jualan
4. Mencari peluang baru
Satu lagi manfaat dari riset yang kamu lakukan sebelum menjalankan bisnis adalah mencari dan menemukan peluang bisnis yang baru. Misalnya saja, sebelumnya, kamu berencana untuk berbisnis pakaian wanita dewasa. Namun, setelah melakukan riset, ternyata bisnis pakaian anak cenderung lebih menjanjikan.
Tentu, selain beberapa manfaat di atas, riset yang dilakukan akan memberikan manfaat lain yang lebih luas. Oleh karenanya, kamu perlu melakukannya dengan serius.
Nah, jika kamu memerlukan bantuan untuk melakukan riset sebagai persiapan bisnis, kamu bisa menggunakan layanan Enablr. Dengan layanan ini, kamu akan mendapatkan bantuan riset secara profesional dan juga mendapatkan beragam rekomendasi produk yang cocok untuk dipasarkan serta strategi pemasaran yang tepat.
Tertarik untuk menggunakan layanan Enablr? Sila cek website resminya di Enablr.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.
Leave A Comment