Dalam strategi pemasaran online, mendapatkan traffic yang bagus adalah hal yang penting dan kerap menjadi indikator dari kesuksesan strategi pemasaran yang dilakukan. Dengan traffic yang tinggi, artinya keterlihatan iklan cenderung lebih maksimal dan peluang mendapatkan pelanggan baru pun akan cenderung lebih besar.
Nah, berbincang tentang traffic pada pemasaran online, tentu saja kamu harus mengetahui bagaimana sistem kerja dari mesin pencarian. Ya, dengan mengetahui sistem kerja mesin pencarian tersebut, maka nantinya kamu bisa mengatur strategi untuk mendapatkan traffic yang lebih tinggi daripada sebelumnya.
Lantas, bagaimana sistem kerja dari mesin pencarian tersebut yang akan meningkatkan traffic bisnis? Simak ulasannya!
Sistem Kerja Mesin Pencarian Untuk Meningkatkan Traffic
Mesin pencari memiliki sistem kerja tersendiri yang perlu diperhatikan. Seperti yang disinggung sebelumnya, dengan mengetahui sistem kerja tersebut, kamu bisa menerapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan traffic dan menjangkau lebih banyak pelanggan.
Adapun sistem kerja dari mesin pencari tersebut adalah:
1. Crawling
Sistem kerja mesin pencari yang pertama adalah crawling atau dalam istilah lain disebut perayapan. Sistem ini adalah proses pengumpulan informasi yang berasal dari semua website yang terhubung dengan situs website tertentu. Jadi, mesin pencari akan mengumpulkan data dari halaman satu ke halaman lainnya.
Baca juga : Antara Website dan Media Sosial, Mana Media Terbaik untuk Jualan
Proses crawling ini adalah tahap awal dari kerja sistem pencarian. Terkait hal ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak bernama crawler.
2. Indexing
Setelah crawling, sistem kerja mesin pencari selanjutnya adalah indexing. Secara mendasar, indexing adalah proses identifikasi dari kata serta tulisan yang menjadikan suatu halaman masuk dalam database mesin pencarian dengan kata kunci tertentu.
Jadi, apabila proses crawling selesai. maka web crawler akan menyimpan informasi pada index. Hal inilah yang menjadikan kedua sistem kerja ini tidak bisa dipisahkan.
3. Processing
Sistem kerja mesin pencari yang selanjutnya adalah processing. Proses ini dilakukan setelah mesin pencari mendapatkan permintaan dari pengguna yang memasukkan kata kunci tertentu pada mesin pencarian.
Setelah mendapatkan perintah tersebut, mesin pencari akan melakukan proses dan membandingkan kata kunci tersebut ke dalam permintaan pencarian yang berasal dari halaman website lainnya. Tentu, informasi tersebut berdasarkan data yang sudah masuk dalam indeks.
4. Calculating relevancy
Sebuah halaman website tentu memiliki banyak penempatan dari satu kata kunci yang sama. Oleh karenanya, terkait hal tersebut, mesin pencari nantinya akan melakukan kalkulasi tentang relevansi dari kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.
Secara otomatis, mesin pencari akan mencari mana kata kunci dengan relevansi yang paling tinggi. Hal inilah yang membuat hasil pencarian menjadi lebih akurat.
Baca juga : Mengenal Layanan Stats Intelligent yang Disediakan Enablr
5. Retrieving result
Cara kerja terakhir dari mesin pencari adalah retrieving result atau mengambil hasil. Berdasarkan proses pencarian di atas, nantinya mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan. Hasil tersebut akan disusun dalam peringkat secara berurutan berdasarkan tingkat relevansi.
Detail di atas adalah bagaimana mesin pencari bekerja untuk mengumpulkan data dan menampilkan hasilnya. Terkait peningkatan traffic, selain memahami alur di atas, kamu perlu berusaha menemukan kata kunci yang tepat untuk meningkatkan pemasaran online.
Nah, demi meningkatkan traffic dan meningkatkan efektivitas pemasaran online, kamu bisa menggunakan layanan Enablr. Pada program Enablr terdapat layanan Intelligent dan Technology yang akan membantu kamu menemukan kata kunci yang tepat guna meningkatkan traffic secara lebih masif.
Leave A Comment