Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, menuntut segala aktivitas beralih juga melalui online. Salah satu yang terdampak adalah sistem jual beli. Dulu, sistem penjualan bisa dilakukan secara offline dengan membuka toko. Namun, sekarang kamu bisa memanfaatnya e-commerce yang sudah menjamur.
Saat ini, kamu diberikan kemudahan berjualan di e-commerce karena bisa menikmati semua sistemnya yang mapan dan hanya membayar biaya admin saja yang relatif murah. Sebut saja Shopee, Tokopedia, dan Lazada yang merupakan contoh e-commerce yang bisa kamu coba.
Keunggulan Berjualan di E-Commerce
Agar kamu lebih yakin sebelum menggunakan e-commerce untuk berjualan, kamu bisa simak macam-macam keunggulannya di bawah ini.
Pangsa Pasar yang Luas
Inilah perbedaan yang paling mencolok antara berjualan online dan offline. Ketika kamu memutuskan untuk berjualan offline, pelanggan kamu dibatasi oleh lokasi tempat tinggal dan hanya orang itu-itu saja.
Berbeda dengan berjualan online yang pangsa pasarnya tidak dibatasi oleh lokasi. Bahkan, kamu bisa menjual produk hingga luar negeri. Semakin luas pangsa pasar yang bisa kamu jangkau, tentu akan berpengaruh terhadap peluang omzet yang kamu dapatkan bukan?
Baca juga : E-Commerce vs S-Commerce: Lebih Enak Belanja Dimana?
Mendapatkan Konsumen Baru
Bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan pelanggan baru setiap harinya. Karena, pembeli bisa mencari nama produk yang kamu jual melalui mesin pencari. Jika kualitas produk dan harganya sesuai dengan konsumen, bukan tidak mungkin mereka akan membelinya dari toko kamu.
Untuk mendapatkan konsumen baru, kamu bisa menggunakan cara organik atau alami dan menggunakan iklan. Jika menggunakan cara organik, mungkin pengaruhnya membutuhkan proses. Sedangkan kalau kamu menggunakan iklan, lebih cepat mendatangkan konsumen baru.
Hemat Biaya
Keunggulan lain jika kamu berjualan melalui e-commerce adalah menghemat biaya. Bagaimana bisa? Karena, kamu tidak memerlukan sewa tempat seperti toko-toko offline pada umumnya. Kamu bisa menggunakan ruangan yang ada di rumah untuk menyimpan barang-barang. Karena konsumen tidak datang langsung ke lokasi toko kamu.
Hemat Waktu
Selain hemat biaya, berjualan di e-commerce juga bisa menghemat waktu. Kamu tidak perlu online 24 jam karena transaksi tetap bisa dilakukan meskipun kamu sedang offline.
Dari segi pembeli, mereka juga tidak perlu repot-repot datang ke toko kamu. Meskipun alamat toko jauh dari konsumen, konsumen bisa mendapatkan barang hanya dengan duduk di rumah dengan membayar ongkos pengiriman. Bahkan, konsumen juga bisa mendapatkan gratis ongkir untuk syarat dan ketentuan berlaku.
Meminimalisir Penipuan
Sistem yang dibuat oleh e-commerce adalah sistem yang sangat mapan. Termasuk dari segi penerimaan dana dari pembeli ke penjual maupun sebaliknya. Karena, penjual tidak akan menerima dana ketika pembeli belum menerima barang yang sesuai dengan apa yang mereka beli.
Baca juga : Cara Cepat Tingkatkan Penjualan dengan Marketplace Indonesia
Tidak Membutuhkan Modal Besar
Berjualan online tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan kamu bisa berjualan tanpa modal sekalipun, yaitu dengan menjadi reseller atau dropshipper dari suatu produk. Berbeda dengan toko offline yang harus memiliki barang fisiknya terlebih dahulu untuk berjualan.
Pemasaran yang Mudah
Keunggulan lainnya adalah kamu bisa memasarkan produk dengan mudah. Caranya adalah dengan membagikan link toko atau produk ke media sosial yang kamu miliki. Kamu juga bisa berbagi link tersebut ke aplikasi chatting. Dengan begini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat banner atau flyer.
Untuk menunjang sistem penjualan kamu di e-commerce, kamu bisa menggunakan fitur dari enablr.id sebagai solusi partner digital kamu.
Leave A Comment