Dalam Strategi Pemasaran Online dan agar bisnis kamu bisa unggul pada persaingan dengan brand lain, maka harus ada brand awreness yang kuat. Nah, brand awareness sendiri merupakan kemampuan bagi konsumen untuk mengenal suatu produk, merek, maupun jasa.

Brand awareness sangat penting karena para konsumen lebih condong memilih produk maupun jasa dari brand yang memang sudah dikenalnya. Jadi, tentu saja hal tersebut sangat lah memengaruhi hasil dan tingkat penjualan.

Selain itu, ada berbagai alasan lain mengapa bisnis kamu harus memiliki brand awareness yang kuat. Yuk, cari tahu di bawah ini!

Pentingnya Brand Awareness

Brand awareness tentu penting untuk berbagai jenis bisnis. Sebab, hal tersebut akan membuat konsumen melakukan pembelian terus menerus. Bahkan, bisa juga dijadikan sebagai alat ukur kinerja dari suatu merek. Tak heran jika perusahaan akan melakukan investasi demi menaikkan tingkat brand awareness-nya dalam pemasaran online.

Apabila suatu merek mengalami penurunan brand awareness, maka suatu perusahaan akan melakukan strategi pemasaran agar brand awareness kembali seperti semula.

Baca juga : Aplikasi Menata Feed Instagram untuk Bisnis Online

Kategori Brand Awareness

Ada beberapa kategori brand awareness yang bisa kamu ketahui, diantaranya:

  1.   Brand Recall

Brand recall adalah kemampuan pelanggan untuk mengingat nama brand berdasarkan kategori produk secara cepat. Misalnya, saat seseorang menyebut “air mineral”, maka yang terlintas di benak seseorang adalah suatu brand tertentu. Brand recall ini menjadi indikasi hubungan kuat antara merek dan kategori produk.

  1.   Brand Recognition

Selanjutnya, kategori brand awareness yang satu ini merupakan kemampuan pelanggan dalam membedakan merek ketika mereka membuat kontak dengan produk. Jadi, semisal seseorang diberi produk, maka ia bisa menyatakan apa nama produk tersebut maupun kategorinya. Selain itu, pelanggan juga bisa mengenali produk melalui pengemasan, slogan, jingle, maupun logonya.

  1.   Top of Mind Awareness

Jika seseorang menyebutkan suatu merek saat ditanya kategori produk tertentu, maka apa yang disebutkan pertama kali itu adalah jenis top of mind awareness. Jadi, merek tersebut tentu akan sangat memengaruhi pertimbangan saat pembelian.

  1.   Brand Dominance

Brand dominance ini merupakan tingkat di mana konsumen hanya bisa ingat dengan satu nama merek di dalam suatu kategori produk. Ini adalah tingkat keberhasilan tertinggi dari suatu merek.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Karena brand awareness penting untuk bisnis, maka kamu harus melakukan beberapa cara berikut ini :

  1.   Optimalkan SEO

SEO adalah Search Engine Optimization yang berfungsi untuk meningkatkan traffic konten kamu sehingga bisa punya posisi yang tinggi di search engine. Hal ini berguna agar konten pengenalan produk kamu lebih unggul ketimbang produk rivalmu.

  1.   Promosi Online

Untuk meningkatkan brand awareness, maka kamu harus gencar dalam melakukan promosi online. Kamu bisa memanfaatkan media sosial ataupun website perusahaan sehingga bisa meraih konsumen dengan jangkauan yang lebih luas.

Baca juga : Apa itu E-Commerce? Keuntungan Berjualan di E-Commerce

  1.   Berkolaborasi dengan Brand Besar

Jika kamu ingin mendapatkan brand awareness yang tinggi, maka berkolaborasi lah dengan brand yang sudah lebih besar. Dengan begitu, nama brand kamu bisa terangkat.

  1.   Manfaatkan Influencer

Kamu juga bisa melakukan promosi melalui para influencer di media sosial seperti selebgram atau YouTuber. Saat ini, peran influencer sangat besar dan efektif untuk mengenalkan produk kepada followers-nya.

  1.   Meminta Bantuan pada Enablr

Enablr merupakan solusi untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini dikarenakan Enablr menyediakan teknologi kekinian yakni omni-channel yang memudahkan optimasi toko online kamu sehingga lebih dikenal pelanggan dan mendapatkan profit yang maksimal.

Lakukan 5 langkah meningkatkan brand awareness tersebut secara lengkap. Terutama untuk Langkah yang terakhir, sebab, Enablr betul-betul akan membantu kamu mendapatkan kesadaran brand yang tinggi serta membantu perusahaan untuk bertumbuh dalam pemasaran online. Tentunya dengan powerful tools yang mumpuni.