Bisnis online semakin menjadi populer semenjak berjamurnya marketplace di Indonesia. Melalui marketplace, penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan dengan segala macam fitur dan fungsinya. Banyak sekali penjual online bahkan offline beralih dan melebarkan sayapnya di Marketplace.

Plarform berbasis web ini mempertemukan penjual dan calon pembeli dalam suatu situs yang akan memudahkan segala pencarian yang dibutuhkan calon pembeli. Lebih jelasnya, marketplace merupakan sebuah platform yang memfasilitasi transaksi jual beli seara online, situs ini menyediakan segala fitur seperti penjualan, pembelian hingga pembayaran. Bisa  dikatakan marketplace adalah pihak perantara atau pihak ketiga yang menjembatani antara  pembeli dan penjual. Platform ini diibaratkan seperti pasar yang ada di internet karena mengumpulkan semua penjual dan pembeli di dunia online.

Ada banyak marketplace di Indonesia yang beroperasi, di ataranya adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan lain-lain.  Marketplace tersebut satu sama lainnya memiliki perbedaan ketentuan  serta aturan masing-masing. Situs tersebut menjadi tempat yang dapat diandalkan untuk mendongkrak penjualan bisnismu. Melalui sistem yang disediakan, kamu dapat bebas mempromosikan dan melakukan transaksi dengan calon pelanggan dengan nyaman dan aman.

Nah, berikut ini Enablr.id akan memberikan cara untuk tingkatkan penjualan di Marketplace Indonesia

1. Maksimalkan Tampilan Toko

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah membuat tampilan dan visual semenarik mungkin. Hal ini mencakup logo, header, headline hingga deskripsi produk. Tampilan toko seperti logo akan menjadi identitas serta akan membant meningkatkan brand awareness yang mampu menarik pelanggan lebih banyak untuk mengunjungi toko kamu.

Selain itu, header atau headline bisa kamu isi dengan visi dan misi toko, atau promo-promo yang sedang  berjalan di toko. Bayangkan saja jika calom pelanggan benar-benar datang ke tokomo, dengan tampilan yang menawan mereka akan lebih betah berselancar di toko untuk melihat produk-produk yang kamu jual. Tampilan yang buruk dan terkesan toko tidak memberikan pelayanan yang maksimal.

Baca juga : Rekomendasi Platform Omnichannel Terbaik Indonesia

2. Gunakan SEO

Search Engine Optimization atau SEO merupakan satu strategi digital atau teknik yang digunakan untuk menempatkan situs pada  halaman pertama hasil pencarian. Jika situs kita menjadi nomor satu atau halaman pertama pada mesin pencari, maka peluang platform kita dikunjungi calon pelanggan akan jauh lebih tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan  penjualan.

Tidak hanya di Google saja, teknik SEO dapat kita gunakan pada marketplace agar produk yang kita jual mudah ditemukan dan muncul di halaman atas platform marketplace. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah Keyword atau kata kunci,  untuk itu kamu harus memastikan kata kunci itu sesuai atau relevan dengan calon  pelanggan cari. Contoh rumus keyword yang dapat kamu gunakan pada judul barang produkmu adalah dengan rumus seperti jenis produk + merk + keterangan. Jika kamu ingin  memelajari lebih lanjut mengenai keyword atau kata kunci , kamu bisa menggunakan tools seperti Google Trend, Keyword Tool, Ubersuggest dan lain-lain.

3. Perhatikan Foto Produk

Foto produk yang menarik pastinya akan menggaet calon pelanggan, pastikan foto yang kamu upload itu memiliki resolusi  atau kualitas  yang bagus dan sesuai dengan produk nyata yang kamu  jual. Banyak sekali cara mendapatkan foto dengan hasil yang bagus, bisa dengan trik kamera  dan melalui aplikasi edit foto  sehingga foto yang akan dihasilkan menjadi maksimal.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, di marketplace bisa mengupload foto dengan beberapa angle misalnya depan, sisi kanan, sisi kiri dan belakang agar calon pelanggan puas dan melihat lebih detail produk yang kamu tampilkan. Akan lebih meyakinkan jika foto atau gambar yang kamu upload diberikan watermark atau frame yang akan membuat foto lebih menonjol dari pada produk yang lain.

4. Tetapkan Srategi Harga

Dalam menentukan harga, kita harus mengetahui terlebih dahulu harga produk serupa yang dijual pebisnis lainnya. Hal ini penting untuk menentukan harga yang kompetitif pada produk kita.  Harga kompetitif tidak selalu harus menjadi harga terendah sehingga mengorbankan keuntunganmu. Untuk itu perlu penyesuaian dan perhitungan yang matang agar harga yang  kamu berikan tidak merugikan bisnismu.

Memasang harga  yang terlalu murah juga tidak baik  karena akan menimbulkan  kecurigaan dan persepsi buruk calon pelanggan terhadap kualitas produk serta produkmu akan dianggap “murahan” sehingga calon pelanggan malah kabur dan mencari  ke tempat sainganmu.

Baca juga : Lewat Solusi Omnichannel Indonesia Cara Kerja Enablr Bantu Bisnis Online

5. Lakukan Promosi

Cara yang tak kalah penting untuk meningkatkan penjualan di marketplace adalah dengan melakukan promosi.  Masing-masing marketplace umumnya memiliki fitur untuk mempromosikan produk yang akan kita jual, tentu saja untuk mendapatkan fitur canggih ini tidak semua gratis dan memerlukan budget tersendiri. Seperti yang kita tahu, saingan di marketplace sangat tinggi, nah cara lain agar promosi tetap berjalan, kamu bisa memanfaatkan  media sosial yang kamu punya. Misalnya Instagram, twitter, tiktok dan lain sebagainya.

Kamu bisa membuat konten seputar produk dengan meng-upload foto atau video dengan menyelipkan link pada caption atau keterangannya, hal ini juga dapat membatu kita meningkatkan brand awareness terhadap bisnis online yang kamu rintis.