Bagi pelaku bisnis, branding sangat penting dilakukan agar bisnis dapat berjalan dan berkembang. Apa pun channel online yang digunakan dalam berbisnis, termasuk di marketplace Indonesia branding mutlak harus tetap dijalankan untuk menampilan identitas serta citra dari brand itu sendiri. Dengan branding yang baik penjualan produk pun akan terus meningkat, karena produk yang kita miliki semakin dikenal luas oleh khalayak.
Berbagai cara branding dilakukan agar bisnis dapat menarik pelanggan, namun tentu saja pebisnis harus menentukan strategi apa yang tepat dan efektif agar kegiatan branding berhasil dengan maksimal. Berikut Strategi branding berjualan di Marketplace yang harus kamu tahu.
1. Memilih Nama Merk Produk
Menentukan nama produk merupakan hal yang paling penting, karena nama tersebut bisa jadi akan terus kita bawa dalam keberlangsung bisnis. Hal yang harus pelaku bisnis ingat adalah memilih nama brand yang sebelumnya belum pernah digunakan brand lain, selain untuk menghindari permasalah yang dapat terjadi di waktu mendatang , juga memastikan nama tersebut bebas dari hak paten. Kita dapat menggunakan Google untuk memastikan nama yang kita pilih belum pernah ada atau digunakan sebelumnya.
Menentukan nama produk pun tidak boleh sembarangan, agar mudah diingat oleh calon pelanggan, kita harus merancangnya dengan unik dan singkat. Mengapa demikian? Jawabannya agar mudah didengar juga diucapkan. Selain itu, pebisnis juga harus memerhatikan arti dari nama merk jangan sampai memiliki arti yang negatif lho, karena nama brand akan menciptakan citra yang nantinya bisa menjadi cerminan produk itu sendiri.
Baca juga : Kenali Risiko dan Cara Mengelola Bisnis Online
2. Membuat Logo Sendiri
Tujuan branding adalah untuk memperkenalkan produk dan merk agar lebih dikenal banyak orang. Salah satu agar merk produk kita selalu diingat adalah Logo. Membuat logo tentunya harus dengan pertimbangan yang matang dan berkualitas, mengingat logo merupakan hal yang sangat penting yang dapat mencerminkan identitas merk itu sendiri. Biasanya logo didesain berdasarkan filosofi yang terkandung di dalamnya, serta harus memerhatikan apakah sesuai dengan produk, mudah diingat dan warna yang cocok.
Dengan logo, calon pelanggan dapat mengingat merk kita melalui visual gambarnya yang akan membuat produk kita akan terlihat berbeda dengan produk lainnya dan menjadikannya lebih unik dan menarik. Untuk membuat logo, kita dapat menggunakan software gratis seperti Photoshop dan lain-lain, ada pun jika kamu ingin hasilnya lebih memuaskan , saat ini sudah banyak designer yang menawarkan jasa desain logo produk.
3. Lengkapi Informasi Toko
Secara logika, produk yang jelas dan informatif biasanya lebih dipercaya oleh calon pelanggan. Usahakan di Marketplace yang kamu gunakan mencantumkan segala informasi dasar toko dengan lengkap. Seperti apa saja produk yang kita jual, keunggulan produk dibanding produk serupa lainnya, keunikan produk, menampilkan product best seller, promo yang sedang berjalan dan jangan lupa mencantumkan jam operasional, akun media sosial serta website produk.
4. Memasang Banner yang Menarik
Tampilan toko yang menarik dapat menggaet hati pelanggan, begitu pun dengan tampilan toko di marketplace. Dengan memasang banner maka tampilan toko online akan terlihat lebih bagus dan terpercaya. Untuk menentukan banner yang bagus kita harus memastikan terlebih dahulu apakah desain banner memiliki karakter yang sama dengan logo agar tetap senada dan tidak bertabrakan. Lalu, kita dapat mencantumkan nama brand, jam operasional, dan juga akun media sosial. Jangan lupa juga masukkan produk unggulan agar konsumen tahu produk apa yang kita jual.
5. Service Konsumen dengan Baik
Salah satu faktor yang memengaruhi keputusan konsumen membeli suatu produk adalah bagaimana service yang dilakukan oleh seller, bagaimana seller memberikan treatment kepada mereka. Tentu saja respons yang baik adalah kunci bagaimana menarik hati pelanggan dan mempertahankan pelanggan agar loyal dengan produk kita.
Berperilaku ramah, sabar dan responsif terhadap keluhan konsumen harus selalu diterapkan dan tidak boleh disepelekan, mengingat konsumen harus dipastikan mendapatkan pelayanan yang baik. Selain membuat pelanggan nyaman dan aman, pelanggan juga akan sukarela memberikan penilaian atau review yang juga baik dan akan mendatangkan pelanggan yang lainnya.
6. Gunakan Feed Marketplace
Sama halnya dengan media sosial instagram, marketplace pun memiliki fitur feednya tersendiri. Biasanya feed ada di fitur home pada masing-masing marketplace. Bagikanlah postingan di feed marketplace untuk memperkuat branding yang kita lakukan, seperti memposting produk best seller, produk yang sedang promo, produk yang paling baru maupun konten lainnya.
Untuk lebih menarik perhatian, buatlah caption yang juga menarik sesuai dengan produk yang kamu posting dan gunakan hastag terkait produk. Lakukanlah secara konsisten dan bangun interaksi dengan followers di kolom komentar. Kamu juga bisa lho mempromosikan akun media sosial, website dan channel penjualanmu yang lain.
Baca juga : Aplikasi Bisnis Online Terbaik Bagi Enterpreneur
7. Promosikan Di Media Sosial
Selain menjadi kanal untuk berjualan online, media sosial juga menjadi sarana yang tepat untuk mempromosikan nama brand kita agar lebih dikenal khalayak luas. Media Sosial pun dapat menjembatani calon pelanggan agar lebih banyak mengunjungi marketplace kita. Manfaatkanlah fitur-fiturnya dan upload konten promosi ataupun edukatif secara konsisten agar produk selalu diingar oleh pelanggan.
Leave A Comment