Strategi marketing dalam menjual produk memang sangat diperlukan agar bisnis yang kamu miliki semakin berkembang. Strategi yang salah akan membuat produk yang kamu jual jalankan akan mendapatkan kerugian.

Salah satu strategi yang terpenting dalam dunia marketing adalah 4P. Strategi satu ini perlu diketahui bagi kamu yang berprofesi sebagai pebisnis baik offline atau online. strategi ini sering disepelekan padahal efeknya sangat besar pada perkembangan usaha seseorang.

Jika kamu belum mengetahui, berikut beberapa strategi marketing 4P yang perlu kamu ketahui ketika ingin berbisnis.

Product (produk)

Untuk P pada strategi marketing yang pertama sering diistilahkan dengan product atau barang yang kamu jual baik secara online atau offline. Bagian satu ini sangat penting karena produk yang tidak bagus bisa membuat konsumen tidak tertarik untuk membelinya.

Hasilnya, produk yang kamu jual tidak diterima pasar dan akhirnya akan merugi. Untuk produk yang bagus ini harus memenuhi beberapa bagian seperti pengemasan, kualitas, dan lain-lain. Semuanya harus dibuat dalam format yang sebaik-baiknya dan sesuai keinginan konsumen

Baca juga : 7 Cara Menjadi Pengusaha Sukses yang Wajib Dipraktekan

Price (Harga)

Untuk P pada strategi marketing yang kedua dan juga cukup punya pengaruh untuk usaha adalah price (harga). Penetapan harga dalam dunia usaha sangat penting dan tidak boleh terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Selain itu, proses penentuan harga ini juga berdasarkan banyak hal seperti harga pesaing, kualitas produk, benefit, dan lain-lain. Karena pentingnya elemen ini, harga sering dianggap sebagai pedang bermata dua.

Jika kamu menetapkan harga yang tinggi maka benefit yang diberikan harus lebih tinggi dari produk yang serupa. Benefit tersebut bisa berupa pengemasan yang rapi, rasa yang lebih enak dan berbagai benefit lainnya.

Promotion (Promosi)

Selanjutnya untuk P ketiga yang dimaksud dari strategi marketing 4P itu adalah promotion (promosi). Promosi dalam pemasaran memiliki dua tujuan yaitu pengenalan produk dan kedua, membujuk orang untuk membeli produknya.

Dalam melakukan promosi, kamu juga perlu melakukan berbagai persiapan agar tepat sasaran. Untuk proses promosinya bisa dilakukan dengan cara offline dan online di berbagai media sosial baik Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Berpromosi secara online dinilai paling efektif karena budget iklannya jauh lebih rendah daripada beriklan di televisi. Untuk itu, banyak sekali pebisnis yang mulai beralih dari beriklan di televisi ke media online seperti Facebook, Website, dan sebagainya.

Meski budgetnya tergolong rendah tetapi perlu juga persiapan agar tertarget sesuai produk yang kamu jual. Dengan tertarget ini maka orang mereka berpotensi untuk membeli produk dalam skala besar dan kecil.

Place (Tempat) Atau Distribusi

Untuk P yang terakhir dari  strategi marketing 4P adalah place (tempat) untuk menyimpan produk yang akan kamu jual. Selain itu kata place yang dimaksud adalah proses pendistribusian barang ketika ada pemesanan dari konsumen.

Semakin cepat barang tersebut didistribusikan semakin cepat pula pelanggan akan merasakan kepuasannya. Jika konsumen merasa puas dan barang cepat sampai maka pelanggan akan melakukan repeat order.

Baca juga : Anti Gagal! 7 Cara Jualan Online Ini Buat Bisnis Semakin Sukses

Jadi faktor tempat sangatlah penting untuk menjual produk khususnya ketika penjualannya via online. Proses penjualan tersebut viral dan nyatanya pelanggan lebih banyak melakukan pembelian secara online.

Secara garis besar, strategi marketing dengan cara 4P perlu dilakukan secara serentak dan harus dilakukan secara sempurna. Strategi ini berlaku bagi kamu yang akan menjual produk baik secara offline atau online.

Penjualan dari dua jalur tersebut dan menerapkan strategi di atas dinilai akan mendapatkan profit yang tinggi. Hal ini bisa terjadi jika kamu memahami dan menerapkan langkah-langkah di atas secara benar dan tepat.

Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan Enablr sebagai partner yang bisa mendorong toko online kamu menjadi lebih profitable dengan teknologi bernama omni-channel. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung dengan Enablr. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung cek ke laman utama website atau masuk ke webchat yang tersedia di pojok kanan bawah tampilan laman.