Cara jualan online saat ini memang paling dicari karena memulai jenis bisnis yang satu ini memang cenderung mudah. Pun, modalnya cukup terjangkau. Bahkan, ada juga beberapa bisnis yang bisa dilakukan tanpa menggunakan modal sekalipun.

Meskipun memulainya tidak butuh banyak effort dan modal, tetapi dalam menjalankannya ada tips-tips yang perlu diperhatikan. Tentu saja kiat-kiat ini perlu dipelajari sebelum kamu mulai terjun ke bisnis online. Untuk itu, kami sudah merangkumkannya dalam artikel ini secara singkat tapi mudah dipahami. Langsung saja, ini dia penjelasannya!

  1.   Cek Apa Unique Selling Points Produk Kamu

Pastinya dalam menjual produk, kamu harus tahu apa nilai jual yang dimiliki produk. Apakah karena harganya yang terjangkau, kualitasnya yang premium, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga harus tahu apa kelebihan produk yang tidak dimiliki oleh pesaing?

Misalnya, pada Domino’s Pizza, pelanggan akan memeroleh pizza gratis apabila tidak sampai dalam 30 menit. Atau, seperti pada FedEx yang menjamin paket sampai hanya dalam semalam. Nah, jika kamu sudah menemukan USP, maka sesuaikan dengan kebutuhan target pasar, kebiasaan pelanggan, trend, dan sebagainya.

Baca juga : Cara Cepat Tingkatkan Penjualan dengan Marketplace Indonesia

  1.   Buat Website dan Buat Konten Marketing yang Menarik

Website adalah salah satu cara jualan online yang akan membantu penjualan produk kamu. Memang, marketplace lebih mudah digunakan, tetapi, ini justru membuat terlalu banyak pesaing dari bisnismu. Lebih dari itu, website akan menjadi alat yang dapat mengenalkan merek dan produk kamu.

Setelah itu, buat konten marketing yang penting, relevan, bermanfaat, serta menarik pelanggan. Kamu bisa mengisi blog bisnis untuk menunjukkan sisi ramah dari suatu bisnis, kemudian, membuat hubungan dengan pelanggan, serta mengumpulkan data calon pelanggan. Selain itu, konten marketing ini akan meningkatkan reputasi bisnis kamu.

  1.   Pahami Data

Cara jualan online agar sukses yang selanjutnya adalah selalu memahami data. Dalam hal ini, data penjualan harus dipelajari dan dianalisa. Kamu bisa menggunakan fitur laporan di CMS. Dengan begitu, kamu akan tahu produk apa yang disukai oleh pelanggan, produk terlaris, kapan waktu penjualan yang maksimal, hingga kapan penjualan tidak terlalu baik.

  1.   Manfaatkan Media Sosial

Meski sudah ada website dan blog, kamu tetap harus aktif di media sosial. Ini adalah media bagi bisnis kamu berkenalan dengan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan lebih dekat dengan bisnis kamu.

  1.   Iklankan Bisnis

Jika 4 cara sebelumnya, kamu melakukan cara jualan online secara organik, maka pada daftar ke-empat ini, kamu bisa memanfaatkan iklan. Kamu bisa beriklan di media sosial seperti menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, hingga TikTok Ads. Iklan di media sosial sudah dilengkapi dengan opsi targeting sehingga tidak perlu repot mencari pelanggan satu per satu.

  1.   Mendeskripsikan Produk dengan Menarik

Cara jualan online yang satu ini membutuhkan teknik copywriting yang bagus. Artinya, kamu harus menulis kalimat persuasif untuk mempromosikan produk. Pun, harus mampu meraih sisi emosional dari para pelanggan.

Baca juga : Toko Online VS Marketplace, Mana yang Lebih Menguntungkan di Indonesia?

  1.   Siap Secara Mental

Hal terakhir yang paling penting saat menjalankan bisnis online adalah memiliki mental yang kuat. Mental pengusaha harus benar-benar ditanamkan terlebih dahulu. Seperti memiliki keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi, tidak takut gagal, dan tidak anti terhadap perubahan.

Sudah siapkah kamu melakukan cara jualan online di atas? Agaknya 7 langkah tersebut akan semakin maksimal jika kamu juga mendapatkan dukungan dengan tools yang mutakhir seperti Omni Channel Platform dan Adaptive Plugins. Enablr akan membantu kamu memaksimalkan penjualan online agar hasilnya optimal. Tidak percaya? Coba dulu fitur demo yang ada di laman utama Enablr.id untuk membuktikannya!