Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak –konon sebelas duabelas dengan jumlah pengguna Instagram, TikTok kini menjelma menjadi media sosial yang bisa dijadikan platform untuk berjualan. Tidak hanya itu, TikTok pun akhirnya merilis fitur TikTok Shop yang menjadi fitur khusus bagi para pengguna untuk melakukan promosi dari produk atau layanan mereka.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa jumlah pengguna TikTok yang banyak tidak menjadi garansi jika jualan yang kamu lakukan bisa langsung laris. Pasalnya, persaingan promosi di TikTok juga ketat. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui cara FYP di TikTok agar keterlihatan promosi menjadi lebih maksimal dan peluang mendapatkan konsumen baru lebih terbuka. 

Sekilas Tentang FYP TikTok

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan FYP TikTok?

Dalam pengertian singkat, FYP atau For Your Page merupakan laman awal pada aplikasi TikTok yang akan langsung muncul ketika pengguna TikTok membuka aplikasi tersebut. Laman ini nantinya akan menunjukkan berbagai konten dari pengguna TikTok lainnya yang direkomendasikan untuk dilihat.

Dari gambaran di atas bisa dikatakan bahwa konten TikTok yang masuk laman FYP memiliki keterlihatan yang lebih baik daripada yang tidak. Dengan keterlihatan yang lebih baik tersebut nantinya impresi yang didapatkan akan cenderung meningkat. Tentu, hal ini akan membuat promosi yang dilakukan melalui aplikasi TikTok menjadi lebih efektif.

Baca juga : Tips dan Trik Menggunakan Facebook Ads yang Wajib Diketahui

FYP di TikTok

Ragam Trik Agar Konten Jualan Masuk FYP TikTok

Seperti yang disinggung sebelumnya, agar promosi yang kamu lakukan lebih efektif dan konversi menjadi penjualan cenderung lebih tinggi, maka kamu harus berusaha agar konten jualan yang kamu buat bisa masuk FYP TikTok.

Terkait hal tersebut, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Upload konten promosi di jam yang tepat

Trik pertama yang bisa kamu lakukan agar konten jualan masuk ke FYP TikTok dengan mengupload konten tersebut di jam yang tepat atau prime time. Bisa dikatakan, dengan mengupload promosi di jam yang tepat, kamu akan mendapatkan lebih banyak atensi dari pengguna lainnya.

Lantas, jam berapa yang dimaksud prime time tersebut??

Terkait hal ini, beberapa kalangan membagi prime time penggunaan TikTok menjadi tiga waktu, yaitu 12.00-13.00 (siang hari), 16.00-17.00 (sore hari), dan 19.00-23.00 (malam hari). Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengupload konten jualan,

2. Membuat konten yang bisa meningkatkan engagement

Dalam melakukan promosi secara online, engagement adalah hal yang sangat penting karena akan berpengaruh pada konversi. Oleh karenanya, kamu perlu membuat konten jualan yang relevan serta engaging untuk pengguna TikTok lainnya.

Baca juga : Cara FYP di TikTok (Live Streaming) untuk Seller Pasti Berhasil

Dalam hal ini, pastikan kamu membuat konten jualan yang cenderung lebih mudah dipahami serta relate dengan kondisi pengguna lain. Apabila konten jualan kamu mendapatkan banyak engagement, maka jumlah view akan meningkat dan bisa jadi konten tersebut langsung masuk di FYP TikTok.

3. Melakukan kolaborasi dengan orang lain yang populer

Agar konten jualan kamu lebih dikenal dan mendapatkan banyak view hingga masuk FYP TikTok, kamu bisa melakukan kolaborasi dengan orang lain yang memiliki popularitas. Strategi ini mirip dengan endorse tetapi menggunakan akun kamu. 

Setidaknya, tiga hal di atas bisa menjadi trik dasar agar konten jualan kamu masuk ke FYP TikTok dan penjualan akan semakin meningkat. Selain itu, untuk memaksimalkan promosi yang dilakukan melalui TikTok, kamu bisa menggunakan layanan Enablr.

Dengan layanan Enablr, kamu akan mendapatkan bantuan untuk melakukan riset pasar guna mengetahui kebutuhan target konsumen hingga bantuan untuk membuat konten. Sangat menarik, bukan?