Jika kamu bertanya, siapa yang ada di garda terdepan suatu perusahaan, maka jawabannya yaitu customer service. Pasalnya, customer service ibarat penyambung lidah dari perusahaan ke pelanggan. Jadi, dengan adanya customer service, pelanggan bisa mendapatkan pengalaman melakukan transaksi dengan lebih nyaman.

Saat ini, customer service atau kerap disebut dengan CS memiliki berbagai bentuk. Jika dulu hanya bisa dihubungi melalui telepon, maka kini bisa melalui berbagai saluran, seperti web chat, email, sosial media, dan sebagainya.

Lantas, apa pentingnya customer service yang responsif untuk bisnis? Mari cari tahu lebih jauh pada penjelasan di bawah ini!

  1.   Bisa Menciptakan Customer Loyalty

Salah satu faktor yang menyebabkan seorang pelanggan membeli suatu produk berulang kali adalah karena layanan yang diberikan oleh perusahaan cukup solutif dan responsif. Sehingga, pelanggan merasa nyaman saat melakukan transaksi dan kembali membeli produk atau jasa yang Anda sediakan.

Baca juga : Cara Mendaftarkan Merek Dagang, Mudah atau Sulit

  1.   Sebagai Presentasi Brand

Ketika seorang pelanggan akan membeli produk, maka hal yang akan dilakukannya adalah mencari tahu terkait dengan produk tersebut. Tentunya, yang akan ditemuinya pertama kali adalah tim customer service.

Untuk itu, seorang customer service dianggap sebagai gambaran brand kamu. Tanggung jawab customer service juga bisa dibilang cukup besar. Customer service juga akan membantu perusahaan dalam memetakan kebutuhan pelanggan dan memberikan informasi mengenai ekspektasi pelanggan terhadap brand tersebut.

  1.   Kepuasan Pelanggan Lebih Tinggi

Customer service bertugas tidak hanya menjadi representasi dari suatu brand. Namun, juga membantu pelanggan dalam menjawab permasalahannya. Dengan begitu, pelanggan pun akan merasa terbantu dan menyukai kualitas layanan yang kamu berikan. Artinya, kepuasan pelanggan juga semakin tinggi dan bisa jadi mereka akan memberitahukan brand kamu ke orang lain dari mulut ke mulut.

  1.   Memberikan Masukan ke Perusahaan

Customer service bertugas untuk mengetahui detail dari perusahaan sehingga bisa memberi solusi pada customer. Selain itu, CS juga memegang data tentang customer. Jadi, bisa menjadi masukan untuk perusahaan terkait hal-hal yang kurang dari perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa memenuhi ekspektasi dari pelanggan.

Baca juga : Tips Menemukan Supplier Tangan Pertama untuk Olshop

Pentingnya customer service tentu sangat berhubungan erat dengan kinerjanya. Jika mereka tidak profesional, maka tujuan tersebut tidak akan tercapai. Maka dari itu, menjadi customer service yang baik harus memberi layanan yang dengan cara :

  •         Mengetahui produk dari brand tersebut dengan lebih mendalam.
  •         Jujur
  •         Memiliki rasa empati yang tinggi
  •         Mampu menjadi pendengar yang baik serta saling berbagai
  •         Kerja sama dengan tim yang baik
  •         Bisa tepat waktu
  •         Ramah
  •         Saling dukung sehingga bisa membangun empati

Semakin besar suatu perusahaan, maka akan semakin banyak komplain yang akan masuk. Sehingga untuk memaksimalkan kinerja dari tim, maka customer service harus bekerja secara maksimal dan responsif.

Agar kinerja customer service jadi lebih optimal, maka kamu bisa memanfaatkan salah satu layanan dari Enablr yakni Link. Ada tiga produk dari Link yakni Multi-link Chat, Bussiness Features, dan Omni channel Platform.

Multi-link Chat ini memungkinkan kamu mengelola chat secara bersamaan dari semua platform dari pembeli berbeda hanya melalui satu aplikasi. Sehingga, customer service bisa memberikan jawaban dengan lebih cepat dari manapun platform jualan yang kamu gunakan. Jadi, kamu bisa lebih responsif menjawab pertanyaan dari pelanggan.

Dengan begitu, performa dari perusahaan kamu akan menjadi lebih baik setiap waktu. Nah, untuk mengenal lebih jauh berbagai layanan Enablr, kamu bisa langsung kunjungi laman enablr.id dan manfaatkan fitur webchat yang tertera di pojok kanan bawah.