Dalam manajemen pemasaran, analisa pasar konsumen memiliki peran yang penting. Dengan analisis pasar, maka kamu bisa paham dengan keadaan pasar sebetulnya. Jadi, strategi yang dilakukan pada pemasaran produk bisa berjalan dengan lancar. Sehingga, bisnismu akan semakin menguntungkan.
Analisis pasar sendiri merupakan analisis untuk bisa mempelajari keadaan pasar. Analisis pasar ini akan menjadi pondasi utama untuk menentukan strategi pemasaran yang lebih jauh.
Manfaatnya tentu sangat banyak bagi bisnis. Mulai dari melihat persaingan, meraih konsumen yang tepat, meningkatkan prospek bisnis, mengurangi risiko bisnis, hingga mempersiapkan rencana jangka panjang.
Langkah Menganalisis Pasar Konsumen
Karena analisis pasar konsumen sangat penting, maka kamu harus tahu, bagaimana caranya yang benar. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!
Langkah 1 : Tentukan Pasar yang Relevan
Untuk bisa melakukan analisis pasar, maka kamu harus paham dengan pasarnya dulu. Di pasar, ada berbagai produk yang diminati konsumen. Tentunya, sebagian besar produk tersebut mempunyai alternatif lain. Semisal, untuk Aqua dan Le Minerale adalah merek air mineral yang bisa jadi substitusi satu sama lain. Sedangkan Teh Kotak adalah alternatif lain yang bisa dipilih sebagai salah satu jenis minuman manis.
Baca juga : Cara Mendaftarkan Merek Dagang, Mudah atau Sulit
Langkah 2 : Analisa Permintaan Primer
Dari contoh air mineral dan teh manis dalam kemasan itu, lakukanlah analisa terhadap konsumen. Apa faktor yang menjadikan mereka memilih jenis minuman tersebut. Apakah dari rasa atau dari segi kesehatan.
Langkah 3 : Melakukan Analisa Permintaan Selektif
Analisa permintaan selektif artinya kamu harus melakukan analisa pada konsumen yang setia pada satu merek. Kamu cari tahu apa yang jadi dasar dari pemilihan konsumen terhadap merek tersebut.
Langkah 4 : Lakukan Analisa Pasar untuk Penetapan Segmen Pasar
Apabila data yang dibutuhkan telah terkumpul, maka kelompokkan konsumen dalam segmen yang sesuai. Tujuannya adalah supaya produk yang kamu buat dan promosikan tidak salah target pasar.
Langkah 5 : Analisa Persaingan
Selanjutnya, kamu bandingkan tingkat persaingan pada produk yang kamu punya. Tujuannya supaya produk tersebut tidak kalah saing ketika ada di pasaran. Ketahui berbagai kelebihan maupun kelemahan pesaing.
Lalu, implementasikan pada produk yang kamu miliki. Jadi, nantinya produk kamu bisa lebih baik dari produk lainnya.
Langkah 6 : Mengidentifikasi Target yang Potensial
Terakhir, kamu lakukan identifikasi konsumen potensial. Sehingga, dari produk tersebut bisa tercipta konsumen yang puas. Selanjutnya, konsumen juga akan loyal atau setia terhadap produk tersebut.
Baca juga : Apa Itu Data Penelitian dan Hal Penting Lain yang Wajib Kamu Ketahui
Dimensi Penting Analisis Pasar
Ada beberapa dimensi yang perlu kamu analisis saat melakukan analisis pasar konsumen. Pertama, ukuran pasar melalui dara asosiasi perdagangan, data pemerintah, data keuangan pemain utama, serta survei pelanggan.
Kedua, tingkat pertumbuhan pasar, analisis tren pasar, dan profitabilitas pasar. Selain itu, ada juga saluran distribusi yang lancar dan baik. Nah, dengan memperhatikan dimensi penting dalam analisis pasar, maka kamu akan lebih mudah menentukan target pasar yang benar untuk bisnismu.
Namun, melakukan analisis pasar memerlukan investasi tenaga, waktu, dan pikiran yang cukup besar. Maka dari itu, disarankan untukmu memanfaatkan layanan dari Enablr yakni Stats. Dengan menggunakan Stats, maka analisis pasar akan dilakukan oleh tim Enablr dengan cepat dan tepat. Kamu tinggal mempersiapkan hal-hal penting lain agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Enablr, kamu bisa langsung mengakses laman enablr.id. Silakan chat pihak Enablr melalui webchat yang ada di pojok kanan bawah laman tersebut.
Leave A Comment