Data penelitian bisa dikatakan penting dalam perkembangan bisnis. Sebab, bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan ketika terdapat kendala dalam bisnis kamu.

Namun, kamu pasti masih bertanya apa itu data penelitian dan mengapa begitu penting? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Data Penelitian?

Slamet Riyadi berpendapat data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan di mana data bisa berupa angka-angka atau lambang-lambang. Dengan demikian data dihasilkan dari pengamatan atau observasi yang bentuknya dapat dalam bentuk angka atau simbol.

Sementara itu, menurut Kristanto, data merupakan suatu fakta mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan dan kejadian. Hal ini dikarenakan data sendiri dapat menjadi media agar membuktikan kepastian dari suatu kondisi atau kejadian.

Nah, dari berbagai pendapat ahli di atas, bisa diartikan bahwa data adalah sekumpulan fakta dalam bentuk simbol atau angka yang didapatkan dari hasil observasi suatu objek penelitian.

Akan tetapi, kalau kita mendefinisikan data dalam arti sempit konteks penelitian, maka yang dimaksud dengan data ialah data penelitian.

Baca juga : Mengenal Personal Branding dan Strateginya

Syarat Data Penelitian yang Baik dan Benar

Dalam penelitian, data yang didapatkan dari observasi atau dari sumber terpercaya lainnya yang wajib berupa fakta. Sumber harus valid, dan data penelitian pun harus memenuhi beberapa syarat. Pada umumnya, terdapat empat bentuk syarat data penelitian, yaitu:

1. Ketepatan

Syarat pertama ialah ketepatan. Data yang didapatkan minimal harus mendekati kondisi yang benar-benar terjadi. Baik itu secara empiris atau teoritis. Contohnya, melakukan wawancara dalam memahami kepatuhan karyawan ketika melaksanakan K3.

Secara teoritis karyawan wajib memakai helm, masker, dan APD khusus sesuai aturan perusahaan. Saat melakukan pengamatan langsung di lapangan, bisa saja kamu mendapati sejumlah pelanggaran. Akan tetapi, minimal data yang didapatkan mendekati teori yang ada.

2. Akurasi

Syarat kedua adalah akurasi. Dengan kata lain, karakteristik data menunjukkan konsistensi data atau sama dan mendekati sumber data yang ada. Dengan demikian data penelitian sifatnya konsisten, saat melakukan pengamatan atau wawancara di waktu yang berbeda. Maka data yang akan didapatkan bisa mendekati atau sama.

Kalau data itu nantinya menunjukkan hasil yang berbeda maka data diragukan kebenarannya. Logikanya, kalau data tersebut benar maka ketika mengumpulkan data kembali pada subjek dan media yang sama maka akan menemukan hasil yang sama juga.

3. Kebenaran Eksternal

Syarat berikutnya adalah kebenaran eksternal. Kebenaran atau validitas eksternal artinya suatu data yang didapatkan dari informan bersifat sama dengan informasi dari masyarakat luas. Informan memberikan informasi atau data sekecil apa pun, pasti sama dengan pendapat mayoritas masyarakat atau tidak tentu bisa digunakan.

Dengan demikian, saat informan ini memberikan pendapat yang berbeda dengan pendapat masyarakat luas. Tentu data tersebut malah harus disimpan sebab harus dilakukan penelitian lebih mendalam untuk mencari kebenarannya.

Contohnya, penelitian dilakukan untuk memahami penilaian masyarakat pada pembangunan pabrik A. Dominan masyarakat menyampaikan penolakan, namun di sesi wawancara ditemukan terdapat sejumlah orang yang justru mendukung. Informasi minoritas tersebut harus diteliti dan masuk kategori validitas eksternal.

Baca juga : Mengapa Data Pelanggan Bisa Mendongkrak Penjualan? Cek di Sini!

4. Kebenaran Internal

Syarat lainnya adalah kebenaran internal. Memenuhi kebenaran atau validitas internal artinya data yang didapat mempunyai karakteristik bahwa data tersebut diterima dari sumber yang sesuai dengan standar. Seperti pemenuhan petugas, alat, dan metodologi.

Sebenarnya ada banyak hal yang perlu dipahami mengenai data penelitian. Akan tetapi, dasar-dasar di atas dapat menjadi pertimbangan sebelum melakukan penelitian atau riset terhadap hal yang ada di perusahaan kamu atau kompetitor.

Namun, jika kamu masih sulit untuk menerapkannya, sebaiknya percayakan saja pada salah satu layanan Enablr yang bernama Stats. Melalui Stats, kamu bisa lebih mudah melakukan riset kompetitor, riset produk, riset kata kunci, dan riset kategori produk. Tentunya dengan biaya yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa mendapatkan layanannya secara gratis untuk percobaan. Yuk, segera daftarkan dirimu di paket berlangganan Stats!