Sudah mendengar istilah personal branding? Nah, kamu pun harus tahu tentang hal itu agar bisa membantu memperlancar bisnis kamu. Sebab, personal branding mampu membentuk pandangan orang lain terhadap diri kamu.

Nah, agar makin paham. Kamu bisa menyimak penjelasan mengenai personal branding berikut ini!

Pengertian Personal Branding

Pengertian personal branding merupakan strategi membentuk citra diri sendiri agar orang lain bisa menilai dari prestasi dan pencapaian kamu. Dengan kata lain, personal branding adalah cara agar memperlihatkan ciri khas diri kamu.

Menurut Farco Siswiyanto Raharjo dalam The Master Book of Personal Branding menjelaskan, definisi personal branding ialah cara seseorang mengambil kendali penilaian orang lain atas diri individu itu.

Baca juga : Langkah-Langkah Menyusun Riset Kompetitor yang Benar

Dengan demikian, siapapun memerlukan branding, baik itu pengusaha, peneliti, programmer, penulis, influencer, hingga mahasiswa sekalipun. Agar kamu tahu strategi yang tepat untuk personal branding, bisa kamu simak penjelasan berikut!

Strategi Personal Branding yang Baik

Nah, agar penerapan personal branding kamu makin efektif. Kamu harus menggunakan strategi yang sesuai, berikut ini adalah strategi personal branding yang bisa kamu lakukan.

1. Kenali Diri Kamu Sendiri

Kamu harus mengenali diri kamu sendiri, serta memahami kelebihan dan kelemahan kamu daripada orang lain. Kamu bisa membuat beberapa daftar di bawah ini:

  •     Bidang pekerjaan yang kamu kuasai
  •     Apa motivasi kamu?
  •     Bagaimana pujian orang lain tentang kamu?
  •     Proyek apa yang selalu butuh bantuan kamu?
  •     Peran apa yang bisa menghabiskan tenaga kamu?
  •     Pekerjaan apa yang bisa kamu kerjakan tanpa lelah?

 

Kalau kamu sulit menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa meminta bantuan keluarga, teman, atau rekan kerja kamu. Supaya kamu bisa mendapatkan gambaran tentang diri kamu sendiri.

2. Tentukan Tujuan Kamu

Selanjutnya, kamu harus menentukan tujuan yang kamu ingin capai. Misalnya, kamu ingin orang memandang kamu sebagai siapa? Apakah sebagai seorang profesional atau yang lainnya?

Dengan menentukan tujuan, kamu dapat menyesuaikan strategi yang tepat untuk membentuk pandangan masyarakat atas diri kamu.

3. Tetap Konsisten

Menciptakan personal branding berarti kamu berharap agar orang lain mengenal kamu sebagai pribadi yang unik. Dalam mewujudkan hal tersebut tentunya dibutuhkan konsistensi. Supaya, orang lain bisa fokus pada hal yang kamu kerjakan dan tidak menganggap kamu sebagai pribadi yang lain.

4. Buat konten dengan Gaya Sendiri

Kamu bisa menunjukkan kreativitas kamu di sosial media dengan konten khas. Dengan begitu, setiap kamu membuat konten, orang lain sudah mengenal bahwa itu hasil kreativitas kamu.

5. Perluas Jaringan

Dengan memperluas jaringan, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki wawasan lebih luas. Kamu bisa banyak belajar dan berkenalan dengan orang lain dengan berbagai latar belakang. Bukan tidak mungkin, relasi atau jaringan itu membantu kamu, seperti dikenalkan kepada orang lain dengan personal branding yang sudah kamu bentuk.

Baca juga : Pemasaran Online : Begini Cara Mengukur Performa Bisnis Anda

Nah, itulah penjelasan mengenai personal branding dan strategi yang bisa kamu gunakan. Enablr bisa membantu kamu menentukan personal branding dengan empat layanan unggulan.

Pertama, Kreativ yang bisa membantu kamu membuat konten visual yang relevan dan menarik. Lalu, ada Intelligent yang membantu pengambilan keputusan perusahaan yang akurat dengan data dan wawasan pasar yang valid.

Kemudian, terdapat rangkaian teknologi yang didesain khusus untuk kebutuhan bisnis online. Keempat, Solutions yaitu kolaborasi dari seluruh layanan untuk mempercepat bisnis e-commerce-mu.

Tunggu apa lagi? Ayo cek laman utama Enablr dan manfaatkan fitur webchat untuk berkenalan dengan Enablr lebih jauh lagi!