Riset kompetitor membutuhkan langkah-langkah yang benar agar berpengaruh efektif terhadap pengembangan bisnis. Maka dari itu, seorang pebisnis harus mengetahui mengenai hal tersebut.

Agar bisa memahaminya lebih dalam, berikut adalah cara melakukan riset kompetitor yang baik dan benar:

1.  Pahami Sifat Bisnis Kamu

Agar kamu bisa mengenali seperti apa bisnis kompetitor kamu, pastinya kamu pun memahami seperti apa sifat bisnis kamu.

Ketika kamu bisa memahami sifat bisnis kamu, nantinya kamu juga bisa mengenali kompetitor yang dekat dengan karakter bisnis yang kamu jalani.

Kalau kamu tidak melakukan hal ini dan hanya melakukan riset berdasarkan asumsi, bisa jadi kompetitor yang kamu pilih tidak berpengaruh pada kelangsungan bisnis kamu.

Baca juga : Instrumen dan Teknik Pengumpulan Data yang Wajib Kamu Ketahui!

2.  Pilih Kompetitor yang Akan Diriset

Setelah kamu memahami karakter bisnis kamu, maka kamu akan mengenali kompetitor kamu. Nah, selanjutnya kamu harus memilih kompetitor yang memang akan kamu riset

Tentunya kamu harus memilih kompetitor yang dinilai bisa berpengaruh pada bisnis kamu. Baik dalam penjualan maupun promosi. Apalagi, bisnis yang kamu geluti tentunya dijalani juga oleh banyak orang.

Riset ini sangat penting agar bisnis kamu bisa berkembang dan bersaing lebih ketat dengan pebisnis lain. Bisa saja, kamu pun bisa selangkah lebih maju daripada kompetitor.

3.  Tentukan Tujuan Riset yang Jelas

Hal ini tentunya sangat penting. Jangan sampai kamu melakukan riset kompetitor tanpa tujuan yang jelas, sehingga hasil risetnya pun tidak membantu apa-apa untuk bisnis kamu.

Ketika kamu melakukan riset dengan tujuan menyaingi tingkat penjualan, maka kamu pun harus melakukan riset dengan topik yang sama terhadap kompetitor.

Setiap riset memang punya tujuan tersendiri. Namun, bukan tidak mungkin setelah riset, kamu pun bisa mendapatkan ide atau strategi baru yang bisa menyukseskan bisnis kamu.

Buat Strategi Berdasarkan Hasil Riset

Setelah melakukan riset, tentunya kamu harus menerapkan hasil dari riset tersebut. Akan tetapi, kamu pun harus membuat strategi yang sesuai dengan bisnis kamu agar tidak salah arah.

Pastikan kamu memperhitungkan segala biaya, SDM, serta target pasar kamu dalam strategi yang kamu buat. Ingat, setiap perusahaan punya karakter tersendiri, tidak semua kompetitor bisa kamu tiru cara bisnis ya.

Itulah langkah-langkah menyusun riset kompetitor yang benar. Kamu harus memutar otak agar hasil riset kamu bisa berjalan dengan baik bersama strategi yang kamu buat.

Akan tetapi, biasanya pebisnis masih kebingungan dalam menentukan tujuan risetnya. Mereka hanya ingin melihat bagaimana kompetitor bekerja tanpa mengetahui karakter bisnis mereka sendiri.

Baca juga : Kupas Tuntas Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif!

Langkah tersebut bisa saja keliru, ketika kompetitor menggunakan cara A, bisa jadi bisnis kamu tidak akan berhasil menggunakan cara A itu. Hal ini lah yang membuat pemahaman karakter bisnis menjadi sangat penting.

Apabila strategi berdasarkan hasil riset masih belum berhasil meningkatkan bisnis kamu. Tentunya, strategi tersebut harus tetap didokumentasikan sebagai catatan bisnis. Dengan begitu, kamu bisa melihat riwayat strategi ketika sewaktu-waktu pasar berubah atau kembali menggunakan tren lama.

Riset Kompetitor Semakin Mudah dengan Enablr

Agar bisa mendapatkan data yang baik dan akurat, pebisnis online seperti kamu bisa menggunakan STATS, salah satu layanan terbaik dari Enablr.

Data-data yang disediakan selalu ter-update selama 24/7. Bahkan, kamu bisa mengunduhnya  kapan pun dan di mana pun dengan data yang reliable dan terpercaya.

Tunggu apa lagi? Kalau memang bisnis kamu ingin melejit setinggi langit, Mulai riset kompetitor saat ini dengan STATS!