YouTube sudah menjadi salah satu platform video yang banyak diminati warganet di seluruh dunia. Tidak hanya memiliki fungsi hiburan, ternyata platform YouTube yang juga milik Google ini sangat bermanfaat untuk pemasaran online.

Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh kamu yang memiliki bisnis dan ingin memasarkan produk atau jasa yang dimiliki secara lebih luas. Tidak heran banyak perusahaan yang kini beralih dari iklan TV ke YouTube Ads.

Akan tetapi, ternyata untuk bisa melakukan pemasaran online melalui YouTube Ads, kamu harus melalui berbagai cara agar campaign iklan yang kamu buat bisa efektif dan menarik. Berikut ulasan lengkap yang bisa kamu pelajari!

Cara Pemasaran Online di YouTube Ads

Iklan YouTube dirasa efektif karena menjadi platform yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Selain itu, beriklan di YouTube pun memiliki harga yang relatif lebih terjangkau ketimbang di TV. Berikut ini cara pemasaran online di YouTube Ads.

1.   Login ke Akun Google Ads

Untuk bisa login ke akun Google Ads, kamu harus mendaftarkan terlebih dahulu di halaman Google Ads. Kamu cukup mengisi beberapa persyaratan atau formulir yang tersedia. Jika sudah memiliki akun Google Ads, kamu bisa langsung masuk ke dashboard.

Baca juga : Cari Tahu Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemasaran Online

2.   Membuat Kampanye Iklan YouTube

Agar dapat membuat kampanye iklan YouTube, cukup klik bagian Kampanye dan klik Kampanye Baru di Dashboard Google Ads. Untuk membuat iklan YouTube kamu harus memiliki kampanye Video, kemudian klik Continue. Setelah itu, susun berbagai hal dalam iklan kamu. Mulai dari nama, bidding harga iklan, anggaran, jaringan, lokasi, bahasa, sampai tipe inventori yang kamu miliki.

3.   Tentukan Target Penonton

Kemudian, kamu harus memilih target penonton yang kamu inginkan. kamu bisa menentukan menurut demografi, jenis kelamin, usia, dan lain-lain. Pastikan hal ini ditentukan sesuai target konsumen dan tipe bisnis kamu. Dengan target yang sesuai, tentu konversi iklan menjadi omzet akan sangat potensial. Maka dari itu, kamu harus mampu menyusun strategi yang sesuai.

4.   Sambungkan Google Ads ke Kanal YouTube

Selanjutnya, kamu harus menghubungkan akun Google Ads dengan iklan yang sudah kamu buat ke kanal YouTube kamu sendiri. Akan tetapi, untuk bisa melakukannya, kamu harus mengunggah video yang ingin dipromosikan YouTube Ads terlebih dahulu.

5.   Buat Caption dan CTA Menarik

Lalu, ketika kamu memasukkan link video, akan terlihat rangkuman dalam pengaturan yang sudah kamu buat. Pastikan untuk mengisi URL tampilan display, CTA, serta headline. Kemudian, pilih tombol Create Campaign dalam iklan YouTube Ads yang akan diluncurkan.

Baca juga : Berkenalan dengan Twitter Spaces Agar Bisnis Makin Laris

6.   Pastikan Anggaran kamu Memadai

Sebelum memulai kampanye iklan, pastikan anggaran bisnis kamu memadai. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir boncos. Dengan strategi yang tepat, anggaran yang kamu keluarkan akan efektif atau bahkan mendapatkan timbal balik yang lebih besar.

Nah, demikianlah cara pemasaran online melalui YouTube Ads yang bisa kamu terapkan. Jika strategi kamu tepat, sangat mungkin bisnis yang dikelola semakin meluas dan melejit.

Ketika bisnis kamu melejit dan mendapat banyak orderan, Enablr siap membantu kamu dengan Link. Link dari Enablr memiliki fitur Multi-Link Chat yang bisa mempermudah membalas chat pembeli dari berbagai platform secara bersamaan. Ada juga Business Features yang membantu dalam sinkronisasi produk, sampai mempermudah pemesanan dan pengiriman hanya dalam satu aplikasi. Jangan lupa dengan Omni Channel Platform. Dengan fitur ini, kamu cukup memakai satu sistem dalam mengelola bisnis di semua platform secara online. Tunggu apa lagi? Jadikan bisnis semakin maju bersama Enablr!