Twitter Spaces merupakan sebuah fitur teranyar di Twitter dimana kamu bisa melakukan streaming obrolan suara dengan user lain. Ruang obrolan ini disebut dengan Space. Sebetulnya, ruang obrolan ini baru diluncurkan sejak Mei 2021 yang lalu.

Tidak hanya digunakan untuk user iOS saja, pengguna Android pun dapat mengakses fitur ini. Dengan salah satu persyaratan utamanya yakni pengguna sudah mempunyai followers minimal 600 orang. Jika sudah memenuhi persyaratan, maka kamu dapat menjadi host bagi ruang obrolan tersebut,

Fitur ini hampir serupa dengan Clubhouse bagi pengguna iOS. Bedanya, Clubhouse memakai invite only, sedangkan Twitter Space bisa didengarkan pengguna Twitter secara keseluruhan.

Twitter Spaces ini bisa digunakan untuk memperlancar bisnismu. Ada beberapa contoh dari penggunaan ruang obrolan ini untuk bisnis. Berikut penjelasannya!

Pemakaian Twitter Spaces bagi Bisnis

  1.   Q & A atau AMA

Melalui Twitter Spaces, kamu bisa melakukan sesi Q&A secara real time. Pada sesi ini, kamu bisa menjawab pertanyaan audiens mengenai fitur atau produk baru dari bisnismu. Dikarenakan sifatnya real time, jawaban bisa langsung diberikan begitu mereka menanyakannya. Jadi, tidak akan ada komentar bertumpuk serta tidak terbaca. Sesi AMA alias Ask Me Anything juga bisa kamu lakukan. Kamu dapat mengajak influencer untuk berkolaborasi. Dimana audiens diperbolehkan untuk menanyakan berbagai topik yang akan dijawab melalui perantara influencer.

  1.   Giveaway

Twitter Spaces dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan giveaway. Kamu bisa mengadakannya saat peluncuran hasil riset industri maupun Ketika akan meluncurkan platform baru. Yang mana, giveaway yang diadakan merupakan bagian dari strategi pemasaran maupun rencana peluasan pasar.

  1.   Thought Leadership

Konten lain yang bisa menunjang bisnismu adalah thought leadership. Konten ini merupakan event online dengan para pakar dengan tujuan membahas beragam topik mengenai industri yang kamu jalankan. Acaranya bisa berupa webinar maupun diskusi panel.

  1.   Komentar pada Acara Live

Pada saat ada acara live yang banyak ditonton, kamu bisa menggelar nobar alias nonton bareng sembari memberikan komentar terhadap pertandingan tersebut. Pertandingan bisa berupa event olahraga maupun tayangan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mengundang pelanggan dengan minat serupa untuk bergabung pada komunitas.

  1.   Launching Produk

Selain berbagai hal di atas, Twitter Spaces dapat kamu manfaatkan untuk launching produk terbaru. Silakan undang pelanggan yang loyal ke event online yang kamu selenggarakan. Bahas lah beragam fitur produk dan beri jawaban dengan jelas dan meyakinkan. Dengan begitu, pelanggan pun bisa mengenal lebih jauh keunggulan produkmu dan berminat untuk membelinya.

Cara Memakai Twitter Spaces

Dikarenakan Twitter Spaces bisa sangat bermanfaat untuk bisnis, sekarang kamu akan kami ajak untuk menilik bagaimana cara menggunakannya. Berikut penjelasannya :

  1.   Membuat ruang obrolan dengan meng-klik serta tahan “ikon add” yang terdapat pada profile picture di akun Twitter. Lalu, klik “ikon Spaces”.
  2.   Jangan lupa berikan nama ruang obrolan, seperti “new product”. Lalu, klik “start your Space”.
  3.   Klik ikon mikrofon agar suara aktif. Kemudian klik ikon “options” dan “adjust settings
  4.   Temukan pilihan pengaturan pembicara apakah “everyone”, “people you follow”, atau “only people you invite to speak”.
  5.   Setelah itu, atur akses pembiacara dengan klik back hingga muncul opsi awal. Klik ikon “people”, lalu “add speakers”, dan tambahkan pembicara dan ketik “username pembicara”, lalu tap “invite”.
  6.   Kemudian, undang audiens dengan masuk ke opsi awal dan klik ikon “share” dan pilih opsi link undangan seperti “invite via DM”, “share via Twitter”, atau “Copy Link”.
  7.   Mulai lah Space, atur giliran pembicara dengan tap ikon speaker yang ada di sebelah username pembicara.

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan Twitter Spaces? Pastinya, fitur ini akan membantu bisnis melebarkan sayap ke para pengguna Twitter. Tentunya, akan lebih efektif lagi jika strategi pemasaran yang kamu lakukan juga didukung oleh platform seperti Enablr. Di Enablr, kamu bisa meraih potensi penuh bisnis yang dilakukan di e-commerce. Dengan strategi marketing tim Enablr yang professional, tentu bisnis kamu akan semakin laris manis.

Segera kunjungi lama utama Enablr dan manfaatkan fitur webchat untuk mengetahui lebih jauh tentang platform ini!