Pemasaran online merupakan inovasi dalam memperluas bisnis, namun setiap inovasi tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan. Untuk itu, kamu perlu memahami keunggulan dan kekurangan sistem tersebut sehingga bisa memaksimalkan pemasaran online.

Nah, supaya bisnis kamu bisa semakin luas dengan pemasaran online, berikut adalah kelebihan dan sistem pemasaran online yang perlu kamu ketahui:

Kelebihan Pemasaran Online

1. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Sistem pemasaran online memang bisa menjangkau pasar yang sangat luas bahkan tidak terbatas. Tentu saja, kelebihan ini merupakan peluang yang bisa membuat bisnis kamu semakin berkembang.

Ketika bisnis kamu bisa menjangkau pasar yang luas sampai tidak terbatas, maka kamu bisa dengan mudah menjual produk kamu ke konsumen yang tidak hanya di sekitar kamu. Apalagi, internet kini merupakan kebutuhan bagi setiap orang di seluruh dunia. Bahkan, hampir sebagian waktumu pun dihabiskan untuk menggunakan internet.

Baca juga : Kesalahan Pemasaran Online Ini Banyak Dilakukan Pemula, Sebaiknya Hindari

2. Hemat Anggaran

Kelebihan pemasaran online lainnya yaitu hemat anggaran atau biaya. Berbeda dengan promosi luring, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit dengan dampak yang sulit diukur.

Ketika promosi secara online, tentu akan praktis karena hanya membutuhkan internet. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan fitur ads di media sosial yang harganya jauh lebih murah dengan jangkauan yang sangat luas.

3. Mudah Menyesuaikan Target Pasar

Mempromosikan bisnis kamu melalui internet bisa memudahkan kamu menyesuaikan target pasar. Sebab, ada banyak fitur yang jelas bisa mempermudah hal itu.

Salah satunya adalah Google Ads, kamu bisa menyesuaikan target pasar dengan mudah, sesuai, dan murah. Alhasil, kamu tidak perlu lagi melakukan survey lapangan untuk mengetahui pasar yang tepat.

4. Praktis

Internet bisa sangat praktis karena menghemat waktu dan tenaga. Kalau menggunakan pemasaran luring, bisa saja kamu perlu membagikan brosur ke lapangan.

Dengan internet, kamu bisa melakukan strategi pemasaran dengan duduk manis sambil menatap layar laptop. Jadi, waktu kamu tidak banyak terbuang untuk satu hal.

5. Mudah Berinteraksi Dengan Pelanggan

Dengan internet, kamu bisa dengan mudah dan cepat berinteraksi dengan pelanggan. Internet bekerja secara real time, sehingga tidak perlu ada sekat waktu dalam komunikasi.

Kamu bisa menerima keluhan, pesan, sampai ulasan pelanggan hanya dengan hitungan detik. Serta, berkomunikasi langsung dengan pelanggan untuk perkembangan bisnis kamu.

Kelemahan Pemasaran Online

1. Bergantung Pada Kecanggihan Teknologi

 Teknologi canggih sangat berpengaruh pada sistem pemasaran online. Hal ini sangat beresiko apabila bisnis tidak memiliki teknologi yang memadai

Contohnya, kalau kamu menggunakan website, tentunya ada gangguan server, atau bisa saja marketplace tidak bisa diakses karena server penyedia tengah gangguan. Meskipun kadang tidak lama, namun bisa cukup merugikan.

2. Aturan yang Berubah Sewaktu-waktu

Dalam prakteknya, aturan-aturan dalam pemasaran online kerap berganti atau berubah sewaktu-waktu. Semisal, Google atau marketplace yang selalu memperbaharui dan mengganti aturan sewaktu-waktu.

Baca juga : Pemasaran Online Dalam Content Marketing, Kenalan Yuk!

3. Masyarakat yang Belum Melek Internet

Tidak bisa kita pungkiri, masih banyak masyarakat yang belum melek teknologi, terlebih internet. Masih banyak masyarakat yang memilih untuk mencari tahu tentang suatu produk atau jasa melalui koran atau brosur. 

Sebagai pebisnis, tentunya kelebihan dan kelemahan pemasaran online patut dijadikan pertimbangan. Sehingga, bisa membuat strategi pemasaran yang sesuai dan maksimal.

Kalau kamu mau menerapkan pemasaran secara online dengan maksimal, Enablr siap membantu kamu, kok. Enablr memberikan banyak keuntungan untuk bisnis kamu. Salah satunya adalah mempermudah perkembangan pemasaran secara online.

Kamu dapat memanfaatkan sejumlah layanan Enablr. Seperti, Kreativ Epic untuk yang kesulitan membuat foto atau video berkualitas. Kemudian, Intelligent Stats yang membantu proses analisis pasar, kompetitor, serta produk. Terakhir, ada Technology Link dengan platform omni-channel, business features, dan juga multi-link chat. Yuk, kembangkan bisnis kamu dengan Enablr.