Pemasaran secara online bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan membuat content marketing. Tanpa konten yang menarik dan tepat, pemasaran online tidak bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Namun untuk membuat content marketing yang tepat, kamu harus memahaminya lebih dalam. Artikel ini membahas mengenai content marketing, termasuk mengapa konten sangat penting untuk pemasaran. Langsung saja, berikut pembahasannya:

Pengertian Content Marketing

Content marketing adalah strategi marketing untuk membuat serta menyebarkan konten yang relevan, berharga, dan juga konsisten kepada audiens yang diinginkan. Tujuan content marketing tidak hanya memberikan informasi saja namun juga membangun relasi dengan audiens dalam jangka waktu panjang. Oleh sebab itu, konten dibuat dengan relevan agar audiens merasa membutuhkannya sehingga muncul kedekatan secara emosi.

Bentuk Content Marketing

Konten yang digunakan untuk pemasaran cukup beragam bentuknya, berikut beberapa di antaranya:

1. Konten media sosial

Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk bermain media sosial. Tidak heran jika kamu akan sering melihat iklan di media sosial. Contoh konten di media sosial cukup beragam yaitu gambar, video, foto, infografis, link, dan juga live.

Baca juga : Kesalahan Pemasaran Online Ini Banyak Dilakukan Pemula, Sebaiknya Hindari

2. Infografik

Bentuk content marketing selanjutnya adalah infografik. Konten ini biasanya menampilkan data, konten, dan informasi agar lebih mudah dipahami. Infografik terdiri dari gambar dan kalimat pernyataan singkat.

3. Podcast

Podcast menjadi bentuk content marketing yang cukup populer akhir-akhir ini. Banyak sekali brand besar yang memanfaatkannya untuk promosi secara online. Podcast sendiri adalah konten berbentuk audio yang bisa didengarkan siapa saja.

4. Video

Konten video memuat visual dan juga audio. Konten ini lebih disukai dan mudah dicerna oleh audiens.

5. Blog

Konten blog sudah lama ada namun tetap penting sampai saat ini. Blog berupa artikel yang bersifat informatif dan edukatif. Tujuannya memberikan informasi sesuai kebutuhan audiens.

6. Iklan berbayar

Iklan berbayar memiliki jangkauan lebih luas. Kelebihannya bisa menjangkau audiens yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Alasan Content Marketing Penting Untuk Pemasaran

Tujuan utama content marketing yaitu membuat siklus pembelian dari aware menjadi buy. Berikut ini adalah pembahasan lengkap mengenai alasan mengapa content marketing menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan pemasaran online:

1. Awareness

Content marketing awalnya dibutuhkan untuk membangun kesadaran pelanggan atau awareness. Jadi tidak langsung untuk membuat audiens membeli produk, namun membuat mereka sadar akan produkmu terlebih dahulu.

2. Riset

Setelah audiens menyadari produkmu, maka mereka biasanya akan melakukan riset. Content marketing sangat penting dalam membantu audiens melakukan riset. Biasanya audiens mencari keunggulan, keunikan, dan apakah produk dibutuhkan. Kamu harus menampilkan itu semua dalam content marketing.

3. Consideration

Audiens selanjutnya akan mempertimbangkan apakah akan membeli produkmu atau tidak. Mereka membanding-bandingkan produkmu dengan kompetitor mulai dari harga hingga kualitas.

Baca juga : Pemasaran Online Melalui Website, Buat Bisnis Lebih Mudah Berkembang

4. Pembelian

Content marketing selanjutnya berakhir pada tahap pembelian. Setelah melalui tiga tahap sebelumnya, audiens yang memutuskan untuk membeli akan melakukan pemesanan. Jika audiens sampai tahap ini, maka content marketing berhasil.

Itulah pembahasan mengenai pentingnya pemasaran online content marketing. Jika menginginkan pemasaran yang maksimal untuk bisnis online milikmu, maka kamu bisa menggunakan platform kekinian Enablr. Mereka akan membantu mengoptimalkan setiap potensi dari perusahaanmu.

Enablr adalah solusi e-commerce yang mudah diterapkan bahkan bagi para pemula. Kamu bisa pilih layanan terbaik dari Enablr sesuai dengan kebutuhan toko online. Mulai dari Kreativ Epic untuk konten yang berkualitas dan menarik. Kemudian ada Intelligent Stats yang membantu riset pasar, serta Technology Link untuk kemudahan toko online dari paltform berbeda untuk terhubung satu sama lain.

Solusi e-commerce dari Enablr mana yang kamu butuhkan?