Pemasaran online sangat penting untuk membantu mengembangkan bisnis. Pengertian pemasaran secara online sendiri adalah pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan internet contohnya pemasaran melalui media sosial, Google Ads, dan lain sebagainya. Meskipun tampak mudah namun nyatanya pemasaran secara online sulit untuk dilakukan. Banyak orang yang akhirnya gagal menjalankannya sehingga tidak memberikan hasil sesuai harapan.

Kegagalan yang terjadi mungkin akibat kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan tanpa sengaja atau dengan sengaja. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sebenarnya harus dihindari saat melakukan pemasaran secara online:

Tidak Peka Terhadap Isu Sensitif

Kesalahan paling sering dilakukan ketika menjalankan pemasaran secara online adalah tidak peka terhadap isu sensitif yang sedang berkembang. Contohnya yaitu memasang iklan yang ternyata mengandung SARA atau sensitif untuk kelompok tertentu. Iklan tersebut bisa membuat image brand kamu menjadi buruk.

Baca juga : Pemasaran Online Melalui Website, Buat Bisnis Lebih Mudah Berkembang

Mengirim Email Tanpa Pertimbangan

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran secara online dengan mengirimkan email kepada pelanggan. Namun sayangnya, tidak semua pelanggan menyukainya. Jika kamu mengirim email tanpa pertimbangan, maka bisa saja mereka yang menerimanya menganggap Kamu sebagai spammer atau scammer. Pertimbangan dalam email marketing yaitu mengirimkan email marketing kepada mereka yang menginginkan.

Hanya Membicarakan Produk Sendiri

Melakukan pemasaran online dengan cara membicarakan produk sendiri sudah tidak lagi efektif. Kebanyakan orang kurang tertarik apabila kamu hanya memasarkan kelebihan produk saja. Orang-orang menginginkan konten yang memberikan pengetahuan dan penyelesaian terhadap masalahnya. Jadi, kamu harus pintar-pintar membuat konten yang menarik dan bermanfaat, tidak hanya membicarakan produk sendiri saja.

Tidak Memiliki Target yang Jelas

Perlu kamu ketahui bahwa menjalankan pemasaran secara online harus memiliki target audiens yang jelas. Membuat konten yang beragam seperti meme, kuis, kisah inspiratif tidak selalu memberikan hasil yang maksimal. Lebih baik kamu menentukan target audiens dan membuat konten sesuai target tersebut.

Tidak Memiliki Strategi Pemasaran yang Baik

Pemasaran secara online akan berjalan efektif dan efisien apabila kamu memiliki strategi yang tepat. Sebaliknya, pemasaran bisa gagal apabila kamu tidak membuat strategi. Ada tiga perjalanan yang dilakukan dalam pemasaran secara online yaitu awareness, consideration, dan decision. Kamu harus menjalankan strategi untuk membangun awareness baru kemudian audiens akan memutuskan untuk membeli.

Tidak Meluangkan Waktu Untuk Pelanggan

Pelanggan atau konsumen merupakan tujuan akhir dari pemasaran. Agar mereka merasa puas dan bisa menjadi pelanggan setia, maka kamu harus meluangkan waktu untuk pelanggan. Sebagai contoh yaitu menjawab komentar, direct message, dan lain sebagainya. Pelanggan lebih menyukai brand yang aktif menjawab pertanyaan mereka dibandingkan brand yang pasif.

Baca juga : Pemasaran Online Bisnis Kuliner, Ini yang Harus Diperhatikan

Tidak Membuat Promo atau Penawaran Menarik

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan dalam pemasaran secara online adalah tidak membuat promo atau penawaran menarik. Padahal promo atau penawaran sangat penting untuk mendapatkan pelanggan baru. Biasanya pelanggan akan mencoba produk yang menguntungkan. Jika merasa puas, mereka akan membeli produknya.

Itulah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam pemasaran online. Jika kamu ingin melakukan pemasaran secara online dengan efektif dan efisien, Kamu bisa menggunakan Enablr. Enablr sendiri merupakan penyedia jasa solusi e-commerce. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, salah satunya yaitu mempermudah pertumbuhan pemasaran secara online.

Kamu bisa memanfaatkan beberapa layanan yang tersedia seperti Kreativ Epic untuk yang kesulitan membuat foto atau video bermutu. Ada juga Intelligent Stats yang siap membantu proses analisis pasar, kompetitor, dan produk yang sedang trend. Selain itu, Technology Link dengan platform omni-channel, business features, dan juga multi-link chat.

Silakan nikmati berbagai kemudahan tersebut dengan cara hubungi Enablr terlebih dahulu melalui webchat yang tersedia. Yuk, buat bisnis berkembang dengan layanan Enablr!