Bisnis kuliner adalah salah satu bidang bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis ini tidak pernah mati karena semua orang selalu membutuhkan makanan. Namun keberhasilan bisnismu juga tergantung dari beberapa hal. Selain kualitas makanan, kamu juga harus bisa melakukan pemasaran online dengan baik. Pemasaran yang tepat membantu produk kamu dikenal luas oleh masyarakat. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu akan memasarkan makanan secara online:

Membuat Website yang Kredibel

Website menjadi hal yang sangat penting ketika kamu ingin menjalankan bisnis yang profesional. Pasalnya website menunjukkan seberapa kredibel sebuah usaha dijalankan. Namun website tersebut tentu saja tidak boleh asal-asalan. kamu harus menggunakan domain dan hosting yang terpercaya. Website menampilkan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Baca juga : 7 Strategi Pemasaran Online yang Perlu Kamu Ketahui

Menggunakan Media Sosial

Sebagian besar pengguna internet adalah pengguna media sosial. Jadi kamu wajib memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran. Media sosial yang biasa digunakan untuk pemasaran yaitu Facebook, Instagram, TikTok, dan juga Youtube. Pilih media sosial sesuai dengan target pasar. Maksimalkan semua media sosial, jangan terlihat pasif atau kurang aktif.

Daftarkan Bisnis di Aplikasi Online

Kamu harus memanfaatkan aplikasi online untuk mendapatkan pelanggan yang lebih luas. Biasanya pelanggan lebih suka membeli makanan di aplikasi online karena mendapatkan keuntungan tertentu. Contoh aplikasi online yang bisa kamu gunakan yaitu Grab Food, GoFood, dan Shopee Food. Jika bisnis kuliner kamu berbentuk restoran, Kamu juga bisa mendaftar aplikasi pencarian restoran. Aplikasi tersebut biasanya digunakan pelanggan untuk mencari restoran sesuai menu yang diinginkan.

Gunakan Foto yang Bagus dan Menarik

Ketika melakukan pemasaran online di mana saja, kamu pasti akan menampilkan foto produk untuk menarik pelanggan. Pastikan foto yang kamu gunakan adalah foto yang bagus dan menarik. Jika perlu kamu bisa menyewa jasa fotografer profesional untuk menghasilkan foto yang menarik.

Tampilkan Review dan Testimoni dari Pelanggan

Semua orang yang membeli sesuatu secara online pasti akan melakukan pertimbangan melalui review dan testimoni pelanggan sebelumnya. Tampilkan review dan testimoni untuk meyakinkan pelanggan membeli makananmu.

Iklan Berbayar

Iklan berbayar mampu menghasilkan pengunjung dengan lebih cepat dibandingkan strategi lainnya. Target audiens juga lebih sesuai jika menggunakan iklan tersebut. Ada beberapa contoh iklan berbayar yaitu Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain-lain. Pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Bekerja Sama dengan Influencer

Selain menggunakan iklan berbayar, kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer. Influencer ini memiliki pengikut sehingga menarik minat mereka untuk membeli produkmu. Mereka yang termasuk influencer adalah selebgram, youtuber, blogger, dan juga artis.

Baca juga : Pemasaran Online Social Media Marketing, Efektifkah untuk Memaksimalkan Keuntungan?

Membuat Promo Menarik di Momen Khusus

Terakhir yaitu membuat promo menarik di momen-momen tertentu. Sebagai contoh yaitu diskon di momen lebaran, ramadhan, hari jumat, dan lain sebagainya. Promo tersebut pasti akan menarik pelanggan untuk mencoba makananmu karena harganya lebih terjangkau.

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika melakukan pemasaran online. Bisnis apapun yang kamu miliki bisa dimaksimalkan jika menggunakan platform Enablr. Sebagai solusi e-commerce yang mudah dan efektif, Enablr memberikan banyak layanan untuk keuntungan bisnismu.

Untuk mempermudah proses pemasaran bisnis kuliner, kamu bisa mengandalkan layanan Stats dari Enablr. Stats akan mempermudah langkahmu dalam riset kompetitor, menemukan produk terlaris, serta menganalisa performa bisnis setiap toko online di marketplace terbesar di Indonesia.

Yuk, gunakan Stats dari Enablr untuk maksimalkan pemasarn usaha kuliner kamu!