Pengguna sosial media secara global maupun di Indonesia semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu. Hal ini, membuat strategi pemasaran online bernama social media marketing digadang mampu memaksimalkan profit bagi perusahaan. Apakah ini benar?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan mengenai social media marketing berikut ini!

Apa Sih Social Media Marketing Itu?

Pengertian dari social media marketing adalah proses pemasaran online yang dilakukan melalui media sosial. Baik dari Instagram, Facebook, maupun Twitter. Bahkan, setelah muncul media sosial-media sosial yang baru seperti TikTok, ternyata, pemasaran melalui platform tersebut juga cukup efektif.

Ada pula yang mengartikan social media marketing sebagai sebuah aksi pembuatan konten seperti yang disebutkan oleh Hubspot.com. Kunci dari social media marketing di sini adalah konten yang bisa menarik perhatian dari masyarakat.

Baca juga : Strategi Pemasaran Untuk Jualan Laku Keras

Neil Patel mengartikan strategi marketing yang satu ini dengan cukup berbeda. Yakni proses menarik perhatian orang supaya terikat alias engaged dengan konten yang disajikan. Apabila sudah terikat, maka konten bisa lebih mudah untuk dibagikan dan viral.

Manfaat Social Media Marketing

Social media marketing bisa memberikan beragam keuntungan untuk pengusaha. Apa sajakah itu?

  1.       Manajemen Reputasi Online

Media sosial bisa menjadi platform layanan serta keterlibatan pelanggan dengan baik. Sehingga, keluhan, pertanyaan, serta saran pengguna atau konsumen bisa ditanggapi dan mereka tidak merasa diabaikan.

Apalagi jika media sosial, email, dan situs web dipadukan. Tentunya, komunikasi perusahaanmu dengan konsumen akan terjalin dengan baik. Kamu bisa memadamkan permasalahan dengan konsumen secara signifikan dan cepat.

  1.       Jadi Top of Mind

Seperti yang kamu tahu, saat ini orang-orang mempunyai FOMO alias Fear of Missing Out. Artinya, orang-orang takut ketinggalan informasi. Maka dari itu, media sosial yang kamu buat untuk perusahaan bisa membagikan informasi dengan baik sehingga selalu diingat oleh konsumen.

  1.       Kemampuan Iklan Berbayar yang Semakin Optimal

Dengan platform media sosial, kamu tentu memiliki segmen audiens yang tepat. Apalagi dengan adanya fitur retargeting atau pemasaran ulang. Yang mana, kamu bisa terhubung kembali dengan para pengunjung website sebelumnya.

  1.       Mempelajari Kompetitor Bisnis

Dengan social media marketing, kamu bisa lebih mudah untuk mempelajari kompetitor. Sebab, banyak perusahaan yang menggunakannya untuk memasarkan produk. Kamu bisa mempelajari strategi yang dilakukan kompetitor sebagai bahan pertimbangan.

Dari poin-poin di atas, kamu tentu bisa menyimpulkan bahwa pemasaran online dengan social media marketing sangat efektif. Tak hanya mampu meningkatkan brand awareness produkmu, pun, bisa menjadi alat ukur kelebihan maupun kekurangan produk sehingga kamu bisa memperbaikinya di masa mendatang.

Apa Sosial Media yang Cocok untuk Promosi Online?

Ada banyak media sosial yang bisa kamu manfaatkan. Namun, beberapa yang lazim digunakan dan cukup banyak penggunanya di Indonesia yakni Facebook. Dengan pengguna 2,2 miliar orang, maka ini akan menjadi platform yang cukup menggiurkan bagi bisnismu.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Twitter, meski biasanya, brand menggunakan platform ini untuk melakukan interaksi dengan konsumen. Dengan kata lain, Twitter lebih cocok menjadi customer service untuk pengguna.

Instagram juga bisa kamu pertimbangkan karena penggunanya sangat banyak yakni 1 miliar orang di tahun 2019 lalu. Instagram sangat cocok menjadi katalog produk karena titik beratnya ada pada gambar dan video.

YouTube juga tidak boleh ketinggalan karena bisa menjadi iklan dengan durasi yang lama. Banyak pebisnis yang membuat drama pendek untuk mempromosikan produknya melalui YouTube.

Baca juga : SEO Marketplace, Si Pembawa Olshop Kamu ke Peringkat Terbaik

Maksimalkan Social Media Marketing Bersama Enablr

Karena sangat penting, kamu tidak boleh meremehkan social media marketing. Pemasaran online yang satu ini akan menjangkau lebih banyak audiens hingga akhirnya akan memberikan profitabilitas perusahaan. Agar lebih maksimal, kamu bisa mengandalkan Enablr. Pasalnya, Enablr akan membantu pengusaha untuk memenangkan pasar secara online dengan teknologi kekiniannya.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Enablr, kamu bisa langsung ke laman utama Enablr.id dan manfaatkan fitur webchat untuk bertanya dengan customer service. Yuk, segera bergabung dengan Enablr dan buat transformasi bisnis yang mengagumkan.