Search engine optimization atau yang lebih dikenal dengan sebutan SEO adalah sebuah teknik optimasi website agar website tersebut dapat menempati peringkat satu di mesin pencari Google. Tak hanya untuk optimasi konten website, SEO juga dapat digunakan untuk mengoptimasi marketplace. Yuk cari tahu seluk beluk SEO Marketplace di artikel berikut ini!

SEO marketplace adalah sebuah teknik optimasi produk-produk yang ada di toko online marketplace yang bertujuan agar pelanggan dapat menemukan produk tersebut. Dengan menerapkan SEO marketplace, toko online kamu akan mendapatkan banyak traffic

Dengan banyaknya traffic, maka jumlah transaksi bisa jadi meningkat juga. Alhasil, toko online kamu akan mendapatkan banyak untung. Tak hanya mendapatkan untung, traffic yang tinggi tadi juga bisa meningkatkan awareness olshop kamu sehingga banyak calon pembeli yang tertarik mengunjungi toko online-mu.

Baca juga : Manfaat Omnichannel untuk Optimalkan Bisnis Online

Cara Kerja Serta Perbedaan SEO Marketplace dan SEO Website

Cara kerja SEO marketplace memang hampir serupa dengan SEO website. Kedua teknik SEO ini sama-sama bertujuan untuk mengoptimasi suatu konten pada situs agar situs tersebut mudah ditemukan. Bedanya terletak pada fokusnya, SEO website bertujuan untuk mengoptimasi konten website. Sedangkan SEO marketplace digunakan untuk mengoptimasi produk yang kamu jual di marketplace agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Perbedaan lainnya yang dapat ditemukan di SEO website dan SEO marketplace terletak pada tingkat kesulitan penerapannya. Pada SEO website, kamu akan memiliki banyak bahan untuk dapat dioptimasi, misalnya isi konten, foto, dan kata kunci. Sehingga penerapannya lebih mudah.

SEO untuk marketplace penerapannya sedikit lebih sulit karena umumnya toko online marketplace memiliki sedikit konten untuk dioptimasi. Akibatnya jadi sulit juga untuk menyebarkan kata kunci yang sudah disiapkan.

Belum lagi penerapan SEO on-page pada marketplace yang memerlukan usaha lebih keras untuk dapat mengoptimasi konten SEO on-page nya sehingga perlu perhatian lebih. Ingat, penerapannya yang sulit bukan berarti toko online-mu tidak bisa menempati ranking satu

Prinsip dari SEO Marketplace

SEO akan selalu memiliki kaitan erat dengan kata kunci alias keyword. Saat sedang membeli barang maka pembeli akan mencari terlebih dulu barang yang akan dibelinya. Maka dari itu, penting untuk mencari tahu kata kunci seperti apa yang diketikkan calon pelanggan. Umumnya ada 3 jenis kata kunci ini:

  •   Navigational keyword yang mengarahkan pembeli menuju sebuah situs, misalnya kamu mengetikkan kata ‘skincare Sociolla’, maka kamu akan melihat informasi harga skincare yang dijual di Sociolla.
  • Informational keyword yang memunculkan artikel informatif, misalnya kamu mengetikkan ‘rekomendasi skincare pemula’, kamu akan melihat artikel berisi informasi skincare pemula.
  •   Transactional keyword yang mengandung kata seperti jual dan beli untuk bertransaksi. 

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Marketplace Indonesia

Tips Menerapkan SEO Marketplace

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat menerapkan SEO marketplace untuk toko online kamu:

  •   Riset kata kunci yang organik. Dapat dilihat dari volume pencarian dan kompetisi kata kunci. Kata kunci bisa direset dengan sejumlah tools seperti Semrush atau Google Keyword Planner.
  •   Pasang alt-text pada foto. Hal Ini bertujuan agar mesin pencari mudah menemukan toko online-mu. Gunakan kata kunci target sebagai alt-text-nya.
  •   Pasang harga yang kompetitif untuk menarik perhatian calon pembeli.
  •   Tingkatkan reputasi toko dengan review dari konsumen.

Tingkatkan Peringkat Toko Online-mu dengan Enablr

Enablr hadir sebagai solusi untuk mengembangkan bisnis kamu. Enablr memiliki sebuah teknologi yang simpel dan efisien, yaitu Omnichannel Platform. Dengan Omnichannel Platform kamu dapat meningkatkan reputasi toko secara online maupun offline. Saat ini Enablr telah tersedia untuk enam e-commerce, yaitu Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, Shopify, dan Woocommerce. Tunggu apa lagi? Jadikan Enablr sebagai partner bisnis yang terpercaya.