Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk membuat penjualan produk kamu laku keras. Salah satunya dengan memerhatikan strategi pemasaran. Apabila kamu menerapkan rencana serta taktik yang matang, maka penjualan sangat mungkin untuk meningkat. Sebab, pada dasarnya, strategi pemasaran bisa diartikan sebagai langkah dan upaya memasarkan atau memasarkan produk dan jasa kepada masyarakat.

Mengingat bahwa strategi pemasaran adalah hal yang sangat krusial, maka kamu harus menerapkannya. Lalu, apa saja strategi pemasaran yang penting dilakukan? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

  1.   Perencanaan yang Konsisten

Konsisten adalah kunci dalam strategi pemasaran. Sebab, konsistensi akan membuat biaya marketing lebih efisien serta penciptaan merek pun akan lebih efektif. Beberapa hal yang perlu direncanakan dengan konsisten di antaranya konsep penjualan, anggaran marketing, dan sebagainya. Dengan menerapkan sikap konsisten ini usaha akan lebih mudah berkembang dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Baca juga : Kenali Risiko dan Cara Mengelola Bisnis Online

  1.   Menentukan Target Market yang Tepat

Hal yang tidak kalah penting dalam memasarkan produk adalah melakukan riset terhadap target konsumen kamu. Dengan mengenal target pasar, maka akan sesuai antara yang produsen miliki dan yang dibutuhkan konsumen.

Jika kamu sudah kenal beragam target pasar yang potensial, pilih segmen yang paling tepat. Kemudian, pelajari karakteristik konsumen. Fungsinya, agar kamu bisa lebih intens berkomunikasi dengan konsumen. Misalnya, kamu harus memiliki jenis komunikasi berbeda antara perempuan dengan usia 40 tahunan dengan perempuan usia 20 tahunan. Mereka akan membutuhkan hal yang berbeda, dengan komunikasi yang baik, maka kemungkinan calon konsumen untuk membeli akan tinggi.

  1.   Melakukan Marketing Mix

Marketing mix adalah perpaduan antara 4P yang merupakan akronim dari product, price, place, dan promotion. Empat hal ini harus dilakukan secara maksimal supaya strategi pemasaran bisa berhasil. Produk harus berkualitas dan unik. Harganya juga harus direncanakan sesuai dengan target market yang sudah ditentukan sebelumnya.

  1.   Promosi Secara Maksimal

Ada berbagai cara suatu perusahaan dalam mengenalkan produk ke pasaran. Yang pertama, dengan cara organik, artinya, perusahaan akan membuat blog lalu secara kontinyu memberi

informasi yang bermanfaat untuk konsumen. Cara ini memang tidak langsung menghasilkan konversi, namun, bisa lebih mendekatkan brand dengan konsumen.

Brand juga bisa memberi informasi pada konsumen melalui media social. Ini disebut juga dengan soft selling. Cara ini bisa membuat konsumen lama mengingat brand dimana dia pernah melakukan interaksi. Kemudian, bisa juga dengan memanfaatkan iklan berbayar. Kamu bisa memilih Instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, dan sebagainya. Silakan sesuaikan saja dengan target market kamu.

  1.   Tingkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan berapa besar konsumen bisa mengenali produk kamu dari mamanya. Semisal, saat kamu mendengar kata Aqua, maka akan langsung terbayang dengan air mineral dengan logo berwarna biru. Atau saat mendengar Spotify, maka kamu ingat tanda seperempat lingkaran hijau tiga tumpuk.

Nah, kesuksesan dua brand itu membuat konsumen mengenal dengan baik merek-merek tersebut adalah contoh strategi pemasaran yang sukses. Untuk itu, buat lah logo brand yang simple tapi unik agar masyarakat mudah mengenalinya.

  1.   Memberikan Sesuatu Secara Free

Biasanya, konsumen akan melakukan pembelian dari brand dengan interaksi terbanyak dengan mereka. Interaksi ini bisa melalui berbagai media seperti sosial media, artikel blog, hingga sampel gratis. Kedekatan ini akan membuat konversi jadi lebih mudah.

Baca juga : Tips Mengelola Keuangan dalam Bisnis Online

  1.   Targetkan Pengguna Ponsel

30% calon konsumen di internet merupakan para pengguna ponsel. Dengan angka sebesar ini, maka kamu bisa menargetkan market ini. Jadi, dalam membuat situs web, tentunya kamu harus mempertimbangkan yang mobile friendly.

Itulah strategi pemasaran yang bisa membuat jualan laku keras. Namun, strategi pemasaran saja tidak cukup, sebab, kamu juga butuh dukungan tools lainnya. Untuk itu, kamu  bisa mengandalkan Enablr untuk memaksimalkan promosi sehingga penjualan bisa meningkat.

Silakan coba demo melalui Enablr.id dan rasakan performa toko online kamu jadi laris manis. Yuk, coba secara gratis sekarang juga!