Pemasaran online kini sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM. Sebab, di era teknologi seperti sekarang ini, tentunya ada peralihan pasar yang semula hanya berkutat secara luring, menjadi daring.

Oleh karena itu, para pebisnis UMKM perlu memahami tentang pemasaran online yang sesuai bagi usaha yang dijalankan. Dengan Demikian, bisnis akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Tips Pemasaran Online Bagi UMKM

Salah satu kelebihan pemasaran online adalah biaya yang murah untuk hasil yang maksimal. Berikut ini adalah kiat pemasaran online yang efektif bagi UMKM:

Maksimalkan Platform Pemasaran Online

Untuk memulai beralih ke pemasaran digital, tentunya kamu harus memanfaatkan berbagai macam platform.

Misalnya, SEO (Search Engine Optimization), AdWords, dan sosial media. Platform tersebut bisa menjadi strategi pemasaran online bagi UMKM yang efektif serta membuat usaha lebih bersaing.

Salah satu platform yang cukup bermanfaat adalah Google Alert. Fungsi dari platform ini adalah mengungkapkan strategi pemasaran dan produk terbaru dari kompetitor kamu.

Baca juga : Pemasaran Online Dalam Content Marketing, Kenalan Yuk!

Analisis Sumber Pelanggan Kamu

Pemasaran online membuat bisnis UMKM mampu mencapai pasar yang lebih besar. Ada banyak perangkat lunak yang bisa membantu kamu mewujudkan hal itu.

Salah satunya adalah Google Ads, kamu bisa menganalisis sumber pelanggan kamu dengan berbagai aspek. Mulai dari geografis sampai demografi dengan mudah. Alhasil, kamu bisa mencapai pasar yang tepat.

Manfaatkan Situs Web dan Media Sosial

Salah satu cara memaksimalkan pemasaran online bagi UMKM adalah memanfaatkan media sosial dan situs web. Kamu bisa melakukan promosi dengan gaya baru yang lebih fleksibel dan kekinian.

Situs web membantu pelanggan mencari tahu informasi bisnis kamu. Sementara sosial media, membantu kamu memasarkan produk secara gratis. Tetapi, kamu juga bisa memanfaatkan fitur ads di sosial media dengan biaya yang lebih murah daripada iklan tradisional.

Gunakan Platform Review

Kamu masih menggunakan metode testimoni yang tradisional? Sudah saatnya kamu beralih ke teknik yang lebih baru dan kekinian.

Saat ini, pelanggan bisa memberikan review dan testimoni dengan kehendak mereka sendiri. Platform yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan review adalah Google Place atau  Tripadvisor.

Pelanggan yang menyukai bisnis kamu, tentu akan memberikan review dan testimoni yang bagus. Kelebihannya, kamu tidak perlu membagikan review tersebut.

Cukup dengan melihat platform review, calon pelanggan kamu akan bisa melihat testimoni secara otomatis melalui internet.

Manfaatkan Metode Customer Service yang Luwes

Dengan sosial media dan pemasaran online, bisnis UMKM kamu bisa dengan mudah berinteraksi dengan pelanggan atau calon pelanggan kamu.

Oleh sebab itu, kamu perlu memaksimalkan teknik Customer Service atau CS. Sebab, dengan teknik itu, kamu bisa dengan mudah mengedukasi calon pelanggan tentang bisnis kamu.

Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah memberikan pengumuman soal produk terbaru kamu pada pelanggan. Namun, kamu pun perlu mencari jasa CS apabila kewalahan dalam menanganinya.

Baca juga : Pemasaran Online Melalui Website, Buat Bisnis Lebih Mudah Berkembang

Namun, tentunya kamu pun perlu kreatif dan gesit dalam menunjang pemasaran online bagi UMKM.  Nah, Enablr punya empat jenis produk yang bisa membantu kamu menunjang pemasaran online.

Pertama, Kreativ yang bisa membantu kamu membuat konten visual yang relevan dan menarik. Lalu, ada Intelligent yang membantu pengambilan keputusan perusahaan yang akurat dengan data dan wawasan pasar yang valid.

Kemudian, terdapat rangkaian teknologi yang didesain khusus untuk kebutuhan bisnis online. Keempat, Solutions yaitu kolaborasi dari seluruh layanan untuk mempercepat bisnis e-commerce-mu.

Tunggu apa lagi? Ayo cek laman utama Enablr dan manfaatkan fitur webchat untuk berkenalan dengan Enablr lebih jauh lagi!