Bisa dikatakan, ketika membahas tentang tema pemasaran online, kebanyakan orang akan cenderung membahas tentang SEO daripada SEM. Bahkan, bisa jadi kamu baru mendengar tentang istilah SEM. Apakah benar demikian?

Perlu diketahui bahwa SEM merupakan hal yang cukup penting dalam dunia pemasaran digital. Memang, SEM memiliki perbedaan dibandingkan dengan SEO. Namun, keduanya memiliki manfaat untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran digital yang kamu lakukan.

Sekilas Tentang SEM

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan SEM?

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti bentuk pemasaran digital yang dilakukan melalui kegiatan promosi website dengan meningkatkan visibilitas website itu sendiri. Selain itu, SEM juga bisa diartikan sebagai upaya untuk membuat website lebih banyak muncul di mesin pencari. Tentu saja, hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan iklan.

Bisa dikatakan bahwa ada korelasi antara SEO dan SEM dalam marketing digital. Dalam hal ini, SEO akan mengandalkan keyword untuk membuat website bisa dijangkau mesin pencari. Sedangkan SEM mengandalkan semua aspek website seperti konten, sistem dan lainnya untuk memaksimalkan kinerja SEO.

Baca juga : Ide Jualan di Marketplace yang Selalu Ramai Sepanjang Tahun

Manfaat SEM Untuk Pemasaran Online

SEM bisa menjadi salah satu strategi pemasaran online yang tepat digunakan. Memang, strategi pemasaran ini berbayar –berbeda dengan SEO yang bisa gratis. Nah, terkait untuk pemasaran online dalam bisnis, beberapa manfaat penggunaan strategi SEM diantaranya adalah:

1.      Peningkatan konversi

Dalam pengertian singkat, konversi adalah usaha yang dilakukan untuk menjaring target konsumen agar bisa menghasilkan transaksi yang menguntungkan. Nah, SEM adalah salah satu pilihan yang tepat untuk meningkatkan konversi tersebut. Pasalnya, iklan yang berbayar nantinya akan ditautkan ke landing page yang sudah jelas dan mengarah pada transaksi.

2.      Peningkatan brand awareness

Manfaat lain dari SEM untuk pemasaran online bisnis adalah peningkatan brand awareness. Seperti yang diketahui, brand awareness adalah salah satu hal yang paling penting dalam bisnis. Pasalnya, kesadaran merek berpengaruh pada ketertarikan target konsumen.

Memang, iklan yang muncul di halaman pencarian tidak bisa diklik. Namun, meskipun demikian, iklan tersebut tetap akan terlihat dengan jelas. Dari situlah pengguna akan familiar dengan iklan produk kamu dan kesadaran brand akan meningkat.

Baca juga : Kenalan dengan Guerilla Marketing Yuk!

3.      Mendapatkan kontrol yang menyeluruh

Dengan menggunakan SEM sebagai strategi pemasaran online, kamu akan mendapatkan kontrol pemasaran secara penuh. Ya, beragam hal seperti biaya, timeline dan hasil yang diinginkan berada dalam satu genggaman. Tentu, ada fleksibilitas yang maksimal dari strategi ini yang membuat kamu tetap memiliki peran yang sangat penting.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan SEM, kamu pun bisa melakukan pemilihan kata kunci pemasaran yang hendak digunakan. Bahkan, kamu juga bisa menetapkan demografi tertentu untuk jangkauan pemasaran. Dengan demikian, pemasaran yang dilakukan akan cenderung terfokus dan efektif.

Beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi kelebihan dan manfaat SEM berkaitan dengan pemasaran online. Tentu, SEM masih memiliki banyak manfaat lain yang bisa dijadikan alasan penggunaan. Misalnya saja, kamu bisa mendapatkan jangkauan lebih banyak pelanggan untuk meningkatkan transaksi.

Selain dengan SEM, kamu juga wajib melakukan berbagai macam cara untuk meningkatkan bisnis online. Seperti mengandalkan Enablr untuk urusan data, konten yang menarik, hingga teknologi yang mumpuni. Untuk mengetahui berbagai produk Enablr, kamu bisa langsung mengunjungi laman enablr.id. Kamu juga bisa manfaatkan fitur webchat di pojok kanan bawah untuk mendapatkan informasi secara real time.