Kini, semua merek di dunia telah mempraktikkan inovasi baru agar publik mengenal mereka. Di era digital seperti sekarang, telah banyak bisnis yang menerapkan “guerilla marketing“, loh! Nah, apakah kamu ingin tahu bagaimana, teknik “guerilla marketing“? Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Apa itu Guerilla Marketing?

Guerilla marketing merupakan suatu teknik pemasaran. Di mana sebuah merek harus mengolah taktik hemat biaya, modern, serta kreatif agar membuat target pasar terkesan. Dengan begitu, target pasar akan tertarik untuk membeli atau memakai jasa suatu merek.

Biasanya, sebuah merek akan menarik minat pasar dengan menciptakan suatu elemen yang sama sekali belum pernah terpikirkan oleh mereka. Sehingga teknik ini terkesan seperti sebuah gerakan “gerilya”. Oleh sebab itu, strategi ini dianggap ampun untuk pemasaran.

Bagaimana Strategi Guerilla Marketing yang efektif?

1. Menggunakan Unsur Kejutan

Salah satu alasan kuat dan kunci keberhasilan guerilla marketing adalah dengan menonjolkan “unsur kejutan”. Namun, untuk menghadirkan unsur ini tidaklah mudah. Kamu perlu memikirkan orisinalitas ide dan dituntut kreatif, sebab, target pasar tak akan mungkin “terkejut” bila melihat sesuatu yang telah mereka kenal dan ketahui.

Baca juga : Tips Membuat Konten Jualan yang Menarik

2. Melakukan Riset

Meski kamu mungkin pernah merasa kalau guerilla marketing terkesan memiliki konsep yang tampak spontan dan acak. Kamu perlu tahu kalau guerilla marketing membutuhkan banyak penelitian dan perencanaan yang pas sebelum memulai kampanye, loh! Makanya pesan dari promosinya selalu tersampaikan.

3. Lakukan Interaksi dengan Konsumen

Seperti namanya, guerrilla marketing bertujuan untuk menarik konsumen dengan menciptakan kesan langgeng dan positif pada suatu merek. Nah, trik terbagus untuk menyeret pasar adalah dengan melibatkan pasar itu sendiri pada promosi. Dengan begitu, mereka akan merasa ‘penting’ dalam bagian merek.

4. Jangan Memaksa Pasar untuk Partisipasi

Meski kamu memerlukan bantuan publik agar guerilla marketing sukses, tetap saja mereka tak boleh dipaksa. Konsumenmu haruslah bersedia berpartisipasi tanpa paksaan dalam  kampanye. Bahkan, mereka pun tak boleh tertekan ketika bergabung. Sebab, bila ini terjadi, kemungkinan mereka enggan untuk terlibat.

5. Memiliki Pesan Jelas dan Mendapat Dukungan Media

Tolak ukur  sukses yang lain dari kampanye guerilla marketing adalah mampu menyampaikan pesan secara jelas dan konsisten kepada pasar. Makanya, kamu pun harus merencanakan penguatan strategi lain usai promosi. Pastikanlah pula bahwa target pasar benar-benar telah melihat dan memahami promosi.

6. Jangan Meniru Guerilla Marketing Merek Lain

Nah, poin ini yang sulit sebab kita cenderung suka mengadaptasi ide orang lain. Jika kamu memang ingin menarik perhatian pasar, setidaknya kamu harus memikirkan ide yang modern tetapi tetap original. Jangan salah, kini pasar pun telah mengerti bagaimana keaslian suatu iklan dan lebih menghargai pemasar yang cerdas dan unik.

Baca juga : Ketahui Kesalahan Copywriting yang Sering Dilakukan Saat Pemasaran

7. Jangan Fokus Menjadi Viral

Bila kamu berbisnis, jangan fokus untuk menjadi viral. Sesuatu yang viral tetapi tidak punya fondasi kuat, cenderung mudah dilupakan. Kamu perlu memastikan bahwa strategi ini benar-benar menonjolkan nilai merek pada konsumen.

Itulah penjelasan mengenai guerilla marketing yang mampu menaikkan penjualan. Nah, bila kamu masih bingung bagaimana  pengelolaan e-commerce yang baik, Enablr siap membantu kamu. Enablr sendiri memiliki layanan Link yang akan memudahkan kamu untuk mengelola semua bisnis secara bersamaan. Sehingga, akan menunjang teknik pemasaran yang kamu lakukan.

Uniknya, kamu hanya perlu menggunakan satu wadah dari Enablr yakni sistem Omnichannel. Tentu saja sistem ini bisa menghemat waktu kamu ketika berbisnis. Kamu pun  bisa mempercepat proses transaksi dengan adanya fitur multi-link chat. Tunggu apalagi? Yuk segera permudah dan perluas jangkauan bisnis kamu bersama Enablr!