Dalam sebuah tata kelola bisnis, pemasaran adalah hal yang sangat esensial sekaligus krusial. Pasalnya, pemasaran menentukan bagaimana sebuah bisnis akan berjalan dan mendapatkan lebih banyak konsumen. Oleh karenanya, banyak pebisnis yang berusaha mencari strategi pemasaran yang tepat demi profit yang lebih maksimal.
Berbincang tentang pemasaran, setidaknya ada dua strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan untuk mengelola bisnis. Strategi pemasaran yang dimaksud adalah pemasaran online dan pemasaran offline.
Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang perbedaan kedua jenis strategi pemasaran tersebut sebagai opsi tata kelola bisnis yang lebih baik. Penasaran apa saja perbedaan keduanya? Simak ulasannya!
Ragam Perbedaan Pemasaran Online dan Offline
Berbincang tentang pemasaran online dan offline, perbedaan keduanya tentu tidak hanya pada pengertian saja. Pemasaran online dipahami sebagai pemasaran daring sedangkan pemasaran offline disebut sebagai pemasaran konvensional. Nah, perbedaan keduanya diantaranya adalah:
- Jangkauan pemasaran
Jangkauan pemasaran menjadi perbedaan mencolok antara pemasaran online dan offline. Dikarenakan menggunakan metode berbasis jaringan, jangkauan pemasaran online terbilang sangat luas. Bahkan, pemasaran online bisa menjangkau konsumen yang berbeda pulau hingga negara.
Baca juga : Cara Menganalisis Pasar Konsumen yang Benar Agar Bisnis Berjalan Lancar
Sebaliknya, jangkauan pemasaran offline terbilang sangat terbatas. Pasalnya, hal ini ditentukan dari mobilitas yang dimiliki. Misalnya, jika pemasaran menggunakan tenaga sales, maka jangkauannya hanya sampai di mana sales tersebut menawarkan.
- Waktu yang dibutuhkan
Waktu juga menjadi aspek lain yang berbeda dari pemasaran online dan offline. Dilihat dari segi waktu, pemasaran online memiliki waktu yang tidak terbatas. Pasalnya, dengan sistem yang dimiliki, kamu bahkan bisa membuka toko online selama 24 jam.
Di sisi lain pemasaran offline cukup terbatas dengan waktu. Hal ini dikarenakan pemasaran offline tergantung pada pihak pemasar. Misalnya, toko yang tutup di malam hari atau lainnya.
- Display produk
Perbedaan lain antara pemasaran online dan offline ada pada display produk. Kamu yang menggunakan strategi pemasaran online bisa melakukan display produk dengan melampirkan foto produk tersebut. Juga, kamu bisa memberikan informasi detail produk melalui deskripsi yang dirangkai.
Sedangkan untuk pemasaran online, display produk harus dilakukan dengan menampilkan produk secara fisik. Produk harus ditata sedemikian rupa agar menarik pelanggan. Tidak jarang jika display masuk dalam strategi dalam pemasaran offline.
- Modal yang diperlukan
Pemasaran yang dilakukan tentu memerlukan modal untuk mencapai target yang diinginkan. Tanpa modal, pemasaran tentu tidak akan maksimal. Hanya saja, ada perbedaan modal yang diperlukan untuk melakukan strategi pemasaran online dan offline.
Secara umum, besaran modal yang diperlukan untuk kedua pemasaran cenderung relatif dan tergantung bagaimana pemasaran dilakukan. Hanya saja, bisa dikatakan pemasaran online cenderung lebih hemat dibandingkan offline. Pasalnya, selain lebih simple, pemasaran online berbasis jaringan yang gratis.
Baca juga : Bagaimana Cara Pemasaran Online YouTube Ads yang Benar
- Target pemasaran
Satu lagi perbedaan pemasaran online dan offline adalah target pemasaran. Dalam hal ini, pemasaran online memiliki penargetan konsumen yang lebih baik. Berbekal fitur ads yang tersedia, kamu bisa menentukan kriteria target iklan untuk mengoptimalkan promosi.
Nah, beberapa hal di atas adalah ragam perbedaan antara pemasaran online dan offline. Keduanya memiliki nilai lebih dan kurang masing-masing. Namun, secara umum, pemasaran online memang lebih efisien.
Untuk kamu yang ingin memaksimalkan pemasaran online pada bisnis yang dikelola. kamu bisa menggunakan layanan Enablr. Ya, Enablr akan membantu kamu untuk melakukan riset produk dan juga menerapkan strategi pemasarannya tepat sesuai target konsumen. Nantinya, penjualan produk bisa lebih meningkat. Segera cek keterangan lebih lengkap di enablr.id
Leave A Comment