Melakukan riset produk sebelum berjualan di Tokopedia merupakan salah satu cara yang sangat penting. Hal ini bisa membuat produk yang kamu jual laris manis karena para konsumen tengah mencari produk tersebut. Riset produk di Tokopedia dapat membantu kamu dalam melihat tren minat konsumen dari masa ke masa.
Bagi para pebisnis besar, riset produk merupakan salah satu hal yang paling mendasar untuk dilakukan. Akan tetapi, hal ini kerap dilupakan oleh para pebisnis muda yang baru memiliki usaha. Padahal cara ini bisa dimanfaatkan untuk mengenali potensi dari produk yang kita buat.
Bahkan, terkadang pebisnis awam menggunakan hasil riset tersebut untuk mengubah arah bisnis serta produk yang dijual. Semisal, ketika tren Tokopedia menunjukkan buket jadi produk terlaris, maka mereka berbondong-bondong menjual buket. Padahal hal itu tidak perlu dilakukan.
Buat kamu yang masih bingung tentang cara riset produk di Tokopedia. Maka, harus menyimak penjelasan di bawah ini.
Cara Riset Produk di Tokopedia
Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang memiliki banyak barang terbaik dari para penjual. Bahkan, ada banyak produk terlaris dengan kategori yang bisa disesuaikan.
Baca juga : Begini Cara Mengaktifkan COD di Shopee dengan Mudah
Kamu bisa melihat apakah jenis produk kamu masuk ke dalam kategori terlaris atau tidak. Jika produk yang kamu jual masih ke dalam kategori laris di Tokopedia maka kamu punya potensi untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi.
Namun, bagaimana cara riset produk di Tokopedia? Apakah sulit atau mudah? Langkah yang harus kamu lalui cukup mudah. Simak penjelasan lengkapnya.
1. Login
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke laman Tokopedia atau melalui aplikasi Tokopedia di HP kamu.
2. Tambahkan Kata Kunci
Kamu harus menambahkan kata kunci berupa jenis produk yang ingin diriset. Kamu bisa memasukkannya lewat kotak pencarian yang ada di atas layar. Kemudian, pilih kategori yang paling kamu suka. Cukup pilih satu dulu untuk kamu jual
3. Maksimalkan Fitur Filter Produk
Fitur ini bisa kamu maksimalkan untuk mengurutkan dari lama produk, harga, hingga ulasan. Di langkah ini kamu harus memilih serta pengelompokan produk menurut penjualan paling banyak. Kamu cukup klik kemudian pilih urutkan berdasarkan penjualan. Bahkan, kamu pun bisa mengelompokan lokasi yang bisa disesuaikan dengan lokasi kamu berjualan untuk mengetahui biaya pengiriman. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengelompokan harga paling rendah hingga termahal. Tapi, untuk riset, kamu bisa mengurutkannya menurut penjualan terbanyak.
4. Tentukan Produk
Cara selanjutnya dalam riset produk terlaris di Tokopedia adalah memilih produk yang ingin kamu jual. Kamu bisa klik produk yang dipilih, kemudian mulai riset serta menentukan produk yang laris serta siap dijual di Tokopedia. Tentunya, bisa memilih banyak produk. JIka bingung, kamu bisa memilih satu kategori yang diinginkan atau langsung mengetik nama produk yang ingin dijual.
Baca juga : Pemasaran Online Dalam Content Marketing, Kenalan Yuk!
5. Tentukan Rating Serta Toko yang Bagus
Kamu harus memilih rating yang baik dan toko yang sudah verifikasi Power Merchant atau official store. Tentu, hal ini untuk mencegah segala hal yang tidak kita diinginkan. Rating yang bagus dari konsumen bisa menunjukan timbal balik dari produk itu. Dalam kasus ini, rating 4 ke atas serta toko Power Merchant.
Jika kamu masih bingung tentang cara riset produk terlaris di Tokopedia, kamu bisa menggunakan jasa dari Enablr. Enablr dengan layanan Stats akan memberikanmu data produk yang laris dari masa ke masa. Dengan data yang selalu diperbaharui setiap rentang waktu tertentu, kamu akan mendapatkan data yang selalu baru. Tidak hanya itu, kamu pun bisa mendapatkan berbagai analisis dari data tersebut agar bisa mengetahui apakah produk kamu bisa laku di pasaran atau tidak. Bagaimana? Yuk, mulai buka bisnis dengan Enablr!
Leave A Comment