Sejak munculnya pandemi Covid-19, bisnis online semakin melaju pesat. Sehingga, teknik pemasaran online juga semakin dibutuhkan oleh para pebisnis. Pasalnya, jenis pemasaran yang satu ini dianggap memiliki banyak sekali keunggulan dan kelebihan.
Apalagi, jika dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional, pemasaran online lebih praktis, efektif, dan tepat sasaran. Apabila kamu sedang mempertimbangkan jenis pemasaran yang satu ini, wajib menyimak kelebihannya terlebih dahulu. Agar kamu lebih yakin, silakan simak penjelasan lebih rinci di bawah ini!
Kelebihan Pemasaran Online
Pemasaran online memiliki banyak kelebihan, berikut daftarnya:
- Biaya Lebih Rendah
Marketing secara online memiliki biaya yang rendah. Sebab, bisa memangkas biaya akomodasi, transportasi, serta gaji karyawan pada pemasaran konvensional. Biaya tersebut jika dikalkulasi dalam waktu yang cukup lama, maka nominalnya tentu besar.
Dengan menggunakan metode pemasaran secara daring, biaya operasional ini akan mampu ditekan. Kamu bisa mengalihkan biaya tersebut untuk kepentingan pengembangan bisnis yang lain. Biaya pemasaran online hanya sekadar untuk mengadakan ketersediaan alat digital dan koneksi saja.
Baca juga : Pemasaran Online Bagi UMKM
- Akses yang Tanpa Batas
Kelebihan utama dari pemasaran online adalah dapat menghapus sekat geografis. Kamu bisa mengenalkan produk di berbagai belahan dunia tanpa perlu ke tempat yang dituju. Jika seluruh dunia saja bisa kamu masuki iklan, maka seluruh Indonesia bukan perkara yang sulit.
Teknik pemasaran online ini pun semakin menarik bagi para pebisnis. Anda bisa menjangkau target pasar di berbagai daerah tanpa harus mempertimbangkan aksesnya.
- Tak Terbatas Waktu
Sebelum adanya pemasaran online, untuk menjaga hubungan dengan konsumen, kamu akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Akan tetapi, dengan munculnya inovasi teknologi, maka media online ini bisa kamu maksimalkan untuk melakukan pemasaran.
Bahkan, kamu tetap bisa melayani konsumen dalam waktu 7 x 24 jam secara penuh. Perusahaanmu bisa melayani konsumen tanpa ada jeda waktu. Dengan begitu, kepuasan konsumen akan terpenuhi dan bukan tidak mungkin mereka akan menjaga loyalitasnya kepada produkmu.
- Target Pasar yang Tepat
Dengan adanya pemasaran online, maka promosi bisa dilakukan secara efektif dan menjangkau target pasar yang tepat. Seperti marketing melalui Facebook Ads dan Instagram Ads yang sudah otomatis akan diarahkan para target pasar yang diinginkan. Misalnya, terkait dengan usia, jenis kelamin, ketertarikan, domisili, dan sebagainya.
Dengan begitu, kamu tidak akan membuang terlalu banyak biaya pada target pasar yang salah. Pemasaran pun akan lebih efektif dan probabilitas pelanggan akan membeli produk atau menggunakan jasamu semakin besar.
Baca juga : Cari Tahu Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemasaran Online
- Memperoleh Feedback Secara Instan
Marketing secara daring ini memungkinkan kamu memperoleh umpan balik instan dari konsumen. Jadi, mereka akan membagikan pengalaman setelah menggunakan produk. Misalnya feedback ini bersifat positif, maka akan menjadi testimoni yang menarik lebih banyak pelanggan.
Apabila feedback yang mereka bagikan bersifat negatif, bisa menjadi bahan evaluasi untuk kamu memperbaiki layanan. Ada beberapa jenis review yang bisa kamu manfaatkan, seperti Google My Business, review di marketplace, dan sebagainya.
Sekarang, kamu sudah tahu kelebihan dari pemasaran online. Apakah kamu sudah yakin untuk menggunakannya? Jika iya, mulai sekarang, lakukan pemasaran produk kamu melalui platform online seperti media sosial, website, hingga marketplace.
Agar kegiatan pemasaran online lebih maksimal, maka Anda bisa menggunakan layanan dari Enablr.id. Pastinya Enablr akan membantu kamu untuk melakukan riset dengan produk Stats, membuat konten yang menarik dengan Epic, hingga mengelola semua platform dalam satu aplikasi melalui omnichannel.
Segera cek berbagai layanannya melalui laman enablr.id atau manfaatkan fitur live chat untuk bertanya atau mendapatkan informasi lebih lanjut!
Leave A Comment