Shopee adalah platform yang dapat menjual berbagai barang fisik atau digital dengan tanpa biaya alias gratis. Banyak sekali layanan yang tersedia di marketplace ini dan salah satunya adalah COD atau bayar di tempat.

Sebagai penjual, tentu kamu harus mengetahui informasi ini. Sehingga, bisa menjawab pertanyaan pembeli ketika menginginkan info tentang cara mengaktifkan COD di Shopee.

Nah, ada beberapa cara mengaktifkan COD di Shopee dengan mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Layanan ini perlu diaktifkan karena umumnya pembeli lebih nyaman dan aman memiliki pengiriman dengan COD.

Baca juga : Cara Mencari Supplier di Shopee, Pasti Murahnya

Apa Itu COD di Shopee?

COD atau Cash On Delivery di Shopee adalah suatu metode pembayaran di tempat setelah barang diterima pembeli. Cara ini umumnya dilakukan oleh pembeli yang masih pemula dimana masih takut untuk bertransaksi online.

COD di Shopee ini dapat dipilih dari beberapa kurir diantaranya J&T, Shopee Express dan JNE untuk pengiriman ke luar negeri. Dengan COD, pembeli tidak hanya aman dalam melakukan transaksi tetapi bisa juga melakukan klaim ketika barang tidak sesuai.

Untuk menikmati layanan tersebut, ada batas minimal dan maksimal ketika melakukan transaksi di platform tersebut. Untuk batas minimalnya adalah 50 ribu dan maksimal transaksi yang dilakukan adalah 3 juta rupiah.

Cara Mengaktifkan COD di Shopee Untuk Pembeli

Dalam mengaktifkan fitur COD di Shopee umumnya dilakukan oleh orang yang tidak memiliki rekening bank. Untuk mengaktifkannya dapat dilakukan dengan mudah dan berikut beberapa langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi Shopee lalu login dengan akun yang kamu miliki.
  2. Pada kolom pencarian, kamu bisa mengetikkan produk yang akan dibeli.
  3. Ketika muncul halaman produk, kamu bisa melihat di bagian atas dengan melakukan filter dan meng-klik “COD”.
  4. Kamu pilih produk yang sesuai, lalu klik dan masukkan ke keranjang belanja.
  5. Pada bagian opsi pengiriman, kamu bisa memilih ekspedisi yang mendukung COD seperti J&T Express.
  6. Pada bagian pembayaran, kamu bisa memilih COD bayar di tempat.
  7. Pada tahap di atas sudah selesai dan kamu tinggal menunggu paket sampai di tempat tujuan.

Dalam mengaktifkan fitur tersebut, kamu perlu mengetahui berbagai hal terkait COD yang di Shopee ini, diantaranya :

  1. Pembeli wajib melakukan pembayaran kepada kurir yang bertugas sebelum barang diterima.
  2. Metode COD pada Shopee tidaklah gratis tetapi ada biaya yang harus ditanggung oleh pembeli. Untuk pembeli reguler, biayanya sebesar 2% dan untuk pelaku dropshipper biaya layanan tersebut sebesar 8%.
  3. Kurir hanya mendapatkan jatah 2 kali ke lokasi ketika pembeli tidak berada di tempat. Jika kedua kalinya pembeli tetap tidak ada di tempat maka Shopee akan melakukan pemblokiran sistem COD.

Jadi itulah berbagai cara mengaktifkan COD di Shopee berikut dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Secara proses transaksi, COD memang sangat aman tetapi ada biaya yang harus ditanggung pembeli.

Baca juga : Tips Membangun Branding Produk Agar Semakin Dikenal

Nah, informasi ini sangat penting untuk kamu teruskan ke pembeli. Sehingga, pembeli akan lebih mudah dalam membeli produkmu menggunakan sistem COD. Jika ada pembeli yang bertanya hal lain terkait produk atau cara pemesanan produk yang lain, maka kamu bisa mengandalkan Enablr untuk kemudahan komunikasi.

Pasalnya, Enablr memiliki layanan fitur link yang memudahkan yakni dengan adanya multi-link chat. Dimana kamu bisa mengelola chat secara bersamaan dari semua platform hanya dengan satu aplikasi saja.

Bahkan, ada juga fitur business features yang memungkinkan kamu melakukan sinkronisasi produk, menghubungkan stok, memperbarui promosi, Kelola pengiriman, serta rekonsiliasi pembayaran dari beragam platform melalui satu aplikasi.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakannya? Yuk, cari tahu tentang Enablr lebih jauh melalui Enablr.id atau gunakan fitur webchat maupun email untuk informasi lebih lanjut.