Saat ini, membuka akun bisnis bukan hanya dilakukan pada e-commerce saja. Namun, berbagai media sosial juga berlomba-lomba untuk membuka kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk membuka akun bisnis  di platformnya.  Seperti contohnya akun Bisnis Facebook, akun Bisnis Instagram, dan yang baru-baru ini  muncul adalah akun bisnis TikTok.

Salah satu alasan mengapa kemudian TikTok dipilih sebagai tempat untuk membuka ‘lapak’ bisnis adalah karena persebaran trending dan viralnya yang cepat. Hal tersebut dikarenakan adanya algoritma FYP TikTok, sehingga memang para pebisnis online juga harus tahu cara FYP di TikTok.

Nah, untuk kamu yang belum begitu andal mengoperasikan fitur bisnis serta belum paham membuat akun bisnis TikTok maka, sebetulnya kamu bisa mempelajarinya sendiri secara otodidak! Sebab, akun bisnis TikTok sangat mudah sekali untuk dibuat. Kamu hanya perlu memperhatikan langkah-langkah yang telah disediakan seperti di bawah ini:

Langkah 1 (Mendaftarkan Akun)

Pertama, buka aplikasi TikTok di HP  kamu. Namun, jika aplikasi TikTok ternyata belum terinstal maka kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu dari Google Play Store (ataupun Apple App Store).

Setelah itu, kamu bisa langsung mendaftar akun ke aplikasi TikTok. Caranya adalah dengan klik tombol ‘Saya’ pada bilah menu di bagian bawah. Setelah itu kamu bisa klik tombol “Daftar”. Untuk melakukan pendaftaran ini kamu perlu menyiapkan alamat email (aktif), nomor HP, serta akun media sosial yang terdaftar secara aktif.

Baca juga : Cara FYP di TikTok dengan TikTok Ads, Cari Tahu Yuk!

Langkah 2 (Membuat Akun Bisnis)

Jika telah terdaftar maka berikutnya Anda dapat langsung membuat akun TikTok bisnis secara gratis dan praktis. Caranya adalah dengan mengklik tombol titik tiga pada bagian sudut kanan halaman ‘saya’.

Kemudian, pilihlah tombol ‘kelola akun’ dan pilih tombol ‘Alihkan ke akun bisnis’. Di sini kamu dapat memilih kategori bisnis apa yang paling cocok dengan bisnis yang kamu jalankan.

Pemilihan kategori ini juga merupakan salah satu hal yang penting dalam bagaimana cara FYP di TikTok sebab nantinya dengan kategori ini pula bisnis kamu dapat bersatu dengan bubble konten yang serupa.

Langkah 3 (Luncurkan dan Optimalkan Akun TikTok Bisnis!)

Setelah tahapan pendaftaran akun, pengelolaan akun bisnis dan pemilihan kategori bisnis sudah selesai kamu lakukan maka kini saatnya meluncurkan akun TikTok bisnis. Kamu bisa langsung membuat video TikTok di akun bisnis yang berisi video produk yang kamu jual.

Dalam membuat video di akun bisnis TikTok kamu tidak bisa asal-asalan. Faktanya, dari video yang diunggah inilah nantinya visibilitas akun bisnis kamu akan ditentukan. Apabila visibilitas dan appearance-nya tinggi maka akan semakin banyak orang yang tahu produk yang kamu jual.

Nah, oleh sebab itu kamu bisa memakai strategi cara FYP di TikTok untuk bisa memperoleh optimalisasi akun TikTok bisnis kamu. Dengan demikian, nantinya jumlah pembeli dan keuntungan akan meningkat seiring dengan bertambah populernya produk kamu di TikTok!

Di samping itu, apabila kamu merasa masih membutuhkan arahan lebih lanjut tentang bagaimana mengelola visibilitas dan meningkatkan jumlah kunjungan pada akun TikTok bisnis maka tidak ada salahnya untuk coba mencari partner agensi digital.

Baca juga : Cara FYP di TikTok, Ini Dia Jadwal Posting Paling Tepat dan Faktor-Faktornya

Salah satu agensi digital yang sangat expert dalam bidang pengelolaan bisnis online adalah Enablr. Bersama dengan agensi ini, kamu bisa membangun akun TikTok bisnis yang lebih efektif dalam menghadirkan kunjungan page dan meningkatkan appearance video kamu di FYP. 

Kamu bisa mengandalkan layanan Kreativ Epic dari Enablr. Yang mana akan memberikan service berupa representasi visual yang menarik perhatian viewers. Tentunya, dengan pemotretan ataupun pembuatan video yang high quality. Harganya pun affordable yang pastinya cocok untuk pebisnis pemula sekalipun.

Yuk, buat konten TikTok-mu lebih berkualitas dengan menggunakan service Kreativ Epic Enablr.