Jika kamu ditanya, apa ciri dari bisnis yang berjalan lancar atau tidak, pasti salah satu jawabannya adalah tingkat kepuasan pelanggan. Ya, kepuasan pelanggan memang merupakan bukti sahih jika bisnis yang dijalankan berjalan dengan lancar. Pasalnya, pelanggan yang puas memiliki potensi besar untuk melakukan repeat order. Artinya, pemasaran yang dilakukan pun cukup berhasil.
Nah, dalam istilah bisnis, rangkaian kepuasan pelanggan tersebut disebut dengan istilah customer experience. Anda yang menjalankan strategi bisnis tentu sebaiknya berorientasi pada hal ini agar upaya-upaya yang dilakukan akan mengarah untuk membentuk pengalaman pelanggan yang mengesankan.
Apa yang Sebenarnya Dimaksud Dengan Customer Experience?
Dalam pengertian singkat, customer experience adalah pengalaman pelanggan yang akan atau sedang melakukan transaksi. Umumnya, mereka akan memberikan respons pengalaman dengan beberapa gal seperti komentar di media sosial, memberikan bintang lima, dan lainnya.
Baca juga : Menelusuri Fungsi Marketing Plan Lebih Jauh
Bersumber pengalaman tersebut, pelanggan bisa membuat narasi pada publik, rekan atau siapa saja tentang proses transaksi yang ia lakukan. Memang, pendapat tersebut sangat bersifat subjektif –bergantung pada pengalaman masing-masing. Namun, perlu diketahui bahwa hal tersebut memiliki pengaruh cukup besar pada strategi pemasaran yang kamu lakukan.
Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui tentang bagaimana strategi dan tips untuk membangun customer experience tersebut. Lambat laun, dengan customer experience yang bagus, bisnis yang kamu kelola pun akan semakin berkembang.
Tips dan Strategi Membangun Customer Experience
Berbincang tentang membangun customer experience, ada beberapa strategi yang cukup efektif untuk kamu terapkan. Beberapa strategi yang dimaksud diantaranya adalah:
1. Memahami target pasar
Untuk bisa menerapkan strategi membangun customer experience yang efektif, kamu tentu perlu tahu siapa yang menjadi target dari bisnis yang dijalankan. Oleh karenanya, berusahalah untuk memahami target pasar dengan baik. Bukan hanya sekadar tahu saja, tetapi lebih spesifik pada kepribadian mereka.
Misalnya saja, ketika target pasar dari bisnis kamu adalah remaja berusia belasan hingga awal dua puluhan tahun, maka kamu perlu melakukan promosi dengan bahasa seperti mereka. Hal semacam ini barangkali kerap disepelekan. Namun, jika diterapkan dengan baik, tentu akan membentuk buyer persona dan membuat target pasar mendapatkan jawaban dari keinginannya.
2. Buat pelanggan merasa spesial
Tingkat customer experience bisa dimaksimalkan dengan cara membuat para pelanggan merasa spesial. Faktor psikologis ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Tentu saja, dengan treatment pelanggan yang maksimal hingga mereka merasa spesial, maka peluang mendapatkan pelanggan yang loyal menjadi semakin terbuka.
Ada cukup banyak strategi yang bisa dijalankan untuk membuat pelanggan merasa spesial. Misalnya saja memberikan voucher khusus untuk pelanggan yang baru menikah, menyampaikan doa untuk pelanggan setiap akhir transaksi, memberikan layanan purna jual yang baik, dan lainnya.
Baca juga : Giveaway, Pemasaran Online yang Nge-Trend Untuk Gaet Customer
Kamu bisa memanfaatkan banyak hal untuk membuat pelanggan merasa spesial. Dibandingkan dengan biaya, kreativitas bisa dikatakan lebih penting.
3. Meningkatkan layanan customer service
Peningkatan layanan customer service juga bisa menjadi strategi penting untuk membangun customer experience. Seperti yang diketahui, banyak pelanggan yang bertanya beberapa hal tentang produk bisnis sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.
Nah, terkait hal ini, berusahalah untuk memberikan layanan CS yang maksimal. Bukan hanya sekadar menyediakan layanan CS 24 jam saja, tetapi juga berusahalah memberikan tanggapan yang baik pada komentar pelanggan dan lainnya.
Beberapa poin di atas bisa menjadi strategi mendasar untuk meningkatkan customer experience. Untuk membantu kamu mendapatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik, kamu bisa menggunakan layanan Enablr. Pasalnya, ada layanan Epic, Stats, Link dan yang akan membantu kamu menemukan strategi yang pas untuk memuaskan pelanggan!
Leave A Comment