Menaikkan harga produk atau jasa merupakan salah satu hal yang susah-susah gampang, karena penuh dengan keraguan dan ketakutan. Beberapa pebisnis bahkan takut pelanggan bisa pergi ke pesaing ketika harga yang ditawarkannya naik karena beberapa faktor.

Padahal, seperti yang kita ketahui, saat ini inflasi terjadi di mana-mana yang memaksa pebisnis pun menaikkan harga produk atau jasanya. Namun, ada juga beberapa pebisnis yang mencoba bertahan dengan harga semula karena takut kehilangan pelanggan jika menaikkan harga.

Padahal ada strategi yang bisa dilakukan agar bisa menaikkan harga tanpa harus kehilangan pelanggan. Strategi tersebut bisa kamu lakukan ketika bisnis memang tercekik dengan berbagai dinamika ekonomi yang ada di sekitar kita, seperti kebijakan pemerintah, atau hal lain sebagainya yang mempengaruhi ekonomi.

Strategi Menaikkan Harga Tanpa Kehilangan Pelanggan

Terdapat beberapa strategi yang dapat kamu gunakan supaya pelanggan tidak lari seketika kamu menaikkan harga produk atau jasa. Sejumlah strategi ini pun bisa kamu gunakan semua, atau memilih beberapa yang paling sesuai dengan bisnis yang tengah kamu jalankan. Simak penjelasan selengkapnya agar bisa paham lebih dalam.

1.   Sosialisasi

Ketika kamu menaikkan harga produk atau jasa, kamu bisa melakukan sosialisasi kepada konsumen lewat berbagai platform. Tentu, kamu bisa memanfaatkan sosial media dan website bisnis untuk menyampaikannya dengan baik kepada para pelanggan. Pastikan, kamu pun memberikan sosialisasi yang tidak mendadak sehingga pelanggan pun tidak merasa terkejut ketika kamu menaikkan harga.

Baca juga : Giveaway: Pemasaran Online yang Nge-Trend Untuk Gaet Customer

2.   Beri Keuntungan

Strategi selanjutnya adalah kamu bisa menjelaskan beberapa keuntungan ketika menaikkan harga. Misalnya, kamu dapat memberikan keuntungan tambahan yang didapatkan setiap membeli produk Anda. Hal itu bisa mempengaruhi psikologis pelanggan, sebab mereka akan menilai harga mahal yang mereka bayar sebanding dengan yang mereka dapatkan.

3.   Jujur

Kejujuran merupakan kunci utama dalam berbisnis, sehingga kamu pun harus memegang teguh hal ini agar tetap dipercaya pelanggan. Maka dari itu, ketika kamu menaikkan harga produk atau jasa, pastikan kamu menjelaskan alasannya dengan jujur dan masuk akal. Dengan begitu, pelanggan pun bisa memahami keputusan dengan baik dan tidak berpikir hal negatif terhadap bisnis Anda.

4.   Beri Bonus

Bonus atau hadiah sudah lama menjadi strategi agar mempertahankan pelanggan, dan hal ini bisa dimanfaatkan ketika kamu menaikkan harga. Dengan memberikan bonus spesial seperti kupon undian, tentu pelanggan pun akan tetap berpikir bahwa mereka diuntungkan meskipun produk yang dibelinya memiliki harga yang lebih mahal.

Baca juga : Serba Serbi Persuasif Advertising yang Perlu Kamu Tahu

5.   Perbarui Produk

Memperbarui produk merupakan salah satu strategi yang masuk akal ketika kamu menaikkan harga. Sebab, pelanggan pun akan merasa lebih diuntungkan, karena produk yang dibelinya memiliki keunggulan yang lebih banyak dari sebelumnya. Misalnya, kamu bisa meningkatkan kualitas bahan dari produk yang dijual atau menggunakan kemasan istimewa yang lebih menarik.

Strategi di atas bisa kamu gunakan supaya tidak kehilangan konsumen meskipun kamu menaikkan harga produk. Dengan begitu, bisnis pun akan tetap berjalan sesuai dengan harapan yang telah direncanakan tanpa menurunkan angka penjualan kamu selama ini.

Apabila kamu menginginkan strategi yang lebih ampuh, layanan Stats dari Enablr siap membantu kamu untuk mencapainya. Stats membantu kamu melakukan riset pasar seperti riset produk hingga kompetitor. Sehingga, kamu pun lebih mudah dalam merencanakan strategi promosi yang sesuai dengan bisnis yang dijalani.

Tidak hanya itu, kamu pun akan mendapatkan etalase bisnis yang lebih menarik sehingga bisa tetap membuat pelanggan tertarik dan betah melihat produkmu. Soal implementasi, Enablr menjamin segala rencana bisa terlaksana dengan baik sehingga menghasilkan dampak yang maksimal bagi bsinismu. Enablr siap membantumu meningkatkan bisnis yang makin canggih, maju, dan modern.