Sebagai pebisnis di toko online, terkadang kamu bingung dalam membuat deskripsi produk yang pas dan membuat konsumen tertarik untuk membeli. Bahkan, kita hanya terpaku pada spesifikasi dari produk yang kamu jual di e-Commerce.
Padahal ada banyak cara untuk membuat deskripsi produk yang tidak hanya membeli informasi, tetapi juga menarik pembeli. Dengan begitu, kamu pun akan tetap mendapatkan keuntungan yang besar.
Tidak hanya itu, deskripsi produk pun merupakan salah satu hal yang mendasar ketika seorang pembeli ingin melakukan transaksi. Selain melihat foto, mereka pun membaca deskripsi untuk mengetahui seluk beluk dari produk yang ingin mereka beli.
Maka dari itu, seorang pebisnis online harus bisa membuat deskripsi produk yang bagus. Mereka harus paham apa saja hal yang harus masuk dalam deskripsi produk dan mana yang tidak. Berikut penjelasan lengkapnya!
Tips Membuat Deskripsi Produk Toko Online
1. Cantumkan Manfaat Produk
Kamu harus memasukkan manfaat di deskripsi produk yang kamu jual. Dengan begitu, calon pembeli kamu akan memahami bagaimana cara kerja atau untuk apa produk itu mereka beli. Hal ini pun menjadikan pembeli seolah-olah merasa membutuhkan produk itu sehingga melakukan transaksi.
Baca juga : 5 Ide Bisnis Kreatif Gen Z Pasti Cuan
Selain itu, kamu pun harus memasukkan fitur-fitur dari produk yang kamu jual. Dengan begitu, mereka pun akan lebih memahami manfaat dari produk tersebut. Bahkan, mereka pun akan merasa terkesima dengan fitur yang unggulan sehingga tertarik untuk membelinya.
2. Gunakan Story Telling
Story Telling merupakan salah satu hal yang bisa membuat deskripsi produk tidak hanya menarik tetapi bisa menyentuh emosional calon pembeli. Kamu bisa menceritakan bagaimana pengalaman orang lain ketika menggunakan produk yang kamu jual, dengan begitu bisa lebih berkesan di pikiran pembaca.
Kamu bisa menceritakan perjuangan staf atau orang-orang dibalik produksi suatu produk. Atau kamu juga bisa menceritakan bagaimana produk yang kamu jual bisa berdampak baik bagi pembelinya. Hal ini tentu bisa menginspirasi dan membuat calon pembeli tertarik pada produk yang kamu jual.
3. Pakai Bahasa yang Alami
Kalau kamu masih menulis deskripsi produk dengan bahasa yang kaku seperti robot, sudah sebaiknya kamu mengubah hal tersebut dan mulai menggunakan bahasa yang alami. Bahasa yang alami merupakan bahasa yang biasa kita gunakan sehari-hari ketika berbicara pada orang lain.
Kamu bisa menggunakan bahasa conversational yang lebih luwes dan membuat mereka bisa betah membaca deskripsi produk. Tidak jarang ada calon pembeli yang enggan membaca deskripsi produk dan berujung pada tidak jadi membeli produk karena tidak merasa membutuhkan produk tersebut.
Baca juga : 7 Keunggulan Berjualan di E-Commerce
4. Pakai Kosakata yang Lebih Beragam
Selain itu, dalam menulis deskripsi produk, kamu jangan memasukkan kosakata yang itu-itu saja. Kamu harus menggunakan kosakata yang lebih variatif sehingga calon pembeli pun tidak bosan. Kebosanan bisa berujung pada perginya konsumen dari toko online kamu, loh.
Untuk bisa mendapatkan kosakata yang lebih beragam, kamu bisa banyak membaca deskripsi produk dari brand-brand yang terkenal. Selain itu, kamu pun bisa membaca berbagai buku sastra dari para penulis terkenal. Di sana kamu akan mendapatkan berbagai kalimat dengan interpretasi menarik dan menjadikan deskripsi produk kamu semakin bagus.
Jika kamu masih bingung dalam membuat deskripsi produk, kamu bisa mengandalkan Enablr untuk memenuhi itu semua. Layanan Epic dari Enablr dapat menjadikan promosi produk kamu makin keren dari sisi visual. Tim yang profesional pun pasti memberikan pelayanan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Jadi, kalau mau promosi produk yang keren, bisa percayakan pada Enablr.
Leave A Comment