Omnichannel adalah sebuah platform untuk memaksimalkan strategi pemasaran untuk menjual produk tertentu. Dengan strategi tersebut harapannya profit yang kamu dapatkan bisa lebih menghasilkan daripada pemasaran yang biasa.
Lantas apa yang melatarbelakangi sehingga pebisnis harus melakukan strategi marketing dengan menggunakan omnichannel ini?
Alasan Penggunaan Strategi Marketing Omnichannel
Tak perlu berlama-lama lagi, berikut beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan omnichannel:
Menyatukan Platform
Alasan penggunaan strategi omnichannel adalah agar kamu bisa menyatukan seluruh platform. Tujuannya untuk memudahkan baik bagi konsumen maupun pebisnis untuk melakukan pembelian, penjualan, atau juga menukarkan produk.
Baca juga : 7 Strategi Pemasaran Untuk Jualan Laku Keras
Selain itu, kamu juga perlu memasarkan produk itu lewat media periklanan Facebook Ads, Instagram Ads, dll. Dengan gabungan beberapa platform tersebut maka akan membuat profit yang kamu dapatkan bisa lebih besar.
Strategi Pemasaran yang Lebih Tepat
Dengan menggunakan dua jalur yaitu online dan offline maka kamu akan mendapatkan strategi yang lebih jitu. Dengan strategi tersebut, kamu bisa memilih mana strategi terbaik yang bisa kamu terapkan.
Bahkan, kamu bisa melakukan scale up agar bisnisnya semakin berkembang dan bisa meraih profit yang tinggi. Misalnya, kamu melakukan strategi pemasaran di Facebook, Instagram, Whatsapp, dan media sosial lain.
Dari data-data tersebut kamu bisa melihat konsumen mana yang sering melakukan pembelian produk. Jika sudah demikian maka media tersebut bisa kamu gunakan untuk menawarkan produk terbaru.
Meningkat Penjualan
Strategi omnichannel juga bisa membuat produk yang kamu miliki penjualannya akan semakin meningkat. Hal ini dibuktikan karena proses pemasarannya bukan dari satu jalur melainkan dari beberapa jalur.
Sehingga ketika jalur yang satu sedang off maka jalur lainnya masih tetap berjalan dan bahkan terus meningkat. Dengan demikian, profit yang kamu dapatkan juga semakin bertambah dan bisa digunakan untuk memproduksikan produk yang baru.
Menganalisa Perilaku Konsumen
Selanjutnya, pentingnya penerapan marketing omnichannel adalah akan mendapatkan konsumen yang cukup beragam. Mulai dari yang hanya sekedar bertanya, membeli satu produk atau konsumen yang langsung memborong produk tertentu.
Hal seperti itu bisa kamu dapatkan dari pemasaran di offline, Facebook, website, Instagram, dan lain-lain. Dengan data-data di atas, kamu bisa mengkotakkan mereka sesuai dengan demografi dan psikologisnya.
Dengan itu, kamu bisa menyesuaikan kata-kata seperti apa yang perlu dilakukan ketika ingin menawarkan produknya.
Pengalaman Yang Berkesan dari Konsumen
Setiap kali produk yang kamu kirimkan umumnya akan mendapatkan respon dari para pelanggan yang sudah membeli. Proses seperti ini biasanya datang dari mereka yang berbelanja secara offline atau online. Jadi, omnichannel adalah tool yang memudahkan kamu mendapatkan respon dari pengguna.
Tetapi umumnya proses seperti ini didapatkan bagi mereka yang berbelanja secara online. Kamu akan mendapatkan pengalaman ketika mereka mengatakan jika produknya ada yang rusak, cacat atau yang lainnya.
Baca juga : Alasan Olshop Sepi Pembeli yang Harus Dihindari Pelaku Usaha
Dengan pengalaman tersebut setidaknya bisa membuat kamu bisa memberikan produk yang terbaik pada mereka. Dengan demikian omnichannel adalah solusi pemasaran terbaik yang perlu kamu lakukan ketika menjual produk.
Konsep dua arah tersebut akan menghasilkan profit yang sangat besar jika dilakukan dengan benar. Bukan hanya itu, kamu juga akan mendapatkan banyak data-data pelanggan termasuk nomor WhatsApp atau Media sosialnya.
Dengan modal tersebut, kamu bisa memasarkan kembali ketika sedang ada promo produk dan launching produk baru. Sehingga akan menghemat biaya promosi dan tidak perlu melakukan periklanan lagi di media online atau offline.
Jika memungkinan, kamu bisa bergabung dengan enablr.id dalam memaksimalkan pemasaran produk yang kamu miliki. Media ini sangat cocok untuk melakukan promosi karena sudah terintegrasi dengan berbagai marketplace. Enablr juga menjadi penyedia omnichannel terbaik di Indonesia yang sudah terbukti dan dipercaya oleh brand-brand terkenal di Nusantara.
Leave A Comment