Dalam seni mengelola bisnis, salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah apakah melakukan riset kompetitor penting untuk dilakukan? Memang, banyak kalangan mengatakan bahwa fokus pada kompetitor bukanlah sebuah mindset yang baik. Pasalnya, dengan fokus pada kompetitor, tingkat fokus pada bisnis sendiri pun akan berkurang dan efeknya bisnis kurang berkembang.
Pendapat tersebut memang cukup tepat. Namun, bukan berarti riset kompetitor tidak perlu dilakukan dan hanya diabaikan begitu saja. Perlu diketahui, bukankah dalam bisnis selalu ada persaingan? Nah, riset kompetitor bisa menjadi salah satu strategi untuk menghadapi tantangan tersebut.
Sekilas Tentang Riset Kompetitor
Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan riset kompetitor tersebut? Dalam pengertian singkat, riset kompetitor merupakan strategi yang dijalankan dengan target pesaing atau kompetitor bisnis. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui tentang produk dan juga taktik pemasaran yang dilakukan.
Dengan kata lain, riset kompetitor adalah proses analisis yang dilakukan terhadap pesaing untuk mengetahui seluk beluk mengenai bisnis mereka. Tentu, cakupan dalam riset ini cukup bervariasi namun umumnya cukup detail. Data yang didapatkan nantinya akan diolah dan diubah menjadi sebuah strategi pemasaran yang efektif.
Baca juga : Pentingnya Melakukan Rebranding Untuk Bisnis Kamu
Manfaat Melakukan Riset Kompetitor
Seperti yang disinggung sebelumnya, melakukan riset kompetitor sebenarnya merupakan hal yang cukup penting. Ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari proses analisis ini. Beberapa manfaat melakukan riset kompetitor diantaranya adalah:
1. Mendapatkan inspirasi peningkatan layanan
Dari riset kompetitor yang dilakukan, kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk meningkatkan pelayanan bisnis. Misalnya saja, dalam pelayanan yang dilakukan, kompetitor selalu menindaklanjuti komunikasi dengan konsumen bahkan setelah transaksi.
Umumnya, strategi tersebut dilakukan untuk memastikan konsumen puas dengan layanan dan produk yang didapatkan. Nah, jika ternyata kamu belum menerapkannya, maka kamu bisa memulai. Dengan demikian, pelayanan bisnis pada konsumen pun bisa ditingkatkan.
2. Menemukan celah untuk meningkatkan mutu produk
Manfaat lain dari riset kompetitor yang dilakukan adalah kamu bisa menemukan celah guna meningkatkan mutu produk yang kamu pasarkan. Ya, salah satu tujuan dari riset kompetitor adalah untuk mencari kelemahan dari produk yang dipasarkan oleh kompetitor. Kelemahan inilah yang bisa menjadi celah untuk menjadikan produk bisnis kamu lebih unggul.
3. Menemukan potensi ancaman
Menemukan potensi ancaman juga merupakan manfaat lain dari pentingnya riset kompetitor. Seperti yang diketahui bahwa dalam bisnis selalu ada persaingan. Tentu, untuk bisa unggul, pebisnis akan berusaha untuk mengalahkan pesaing mereka.
Baca juga : Strategi Pemasaran Online Instagram Ads Agar Berhasil
Nah, dengan melakukan riset kompetitor, kamu bisa menemukan adanya potensi ancaman dari pesaing. Potensi ancaman ini tentu bisa menjadi tolak ukur tentang pengelolaan bisnis yang lebih baik. Termasuk, ketika kamu harus berupaya menemukan strategi pemasaran yang berbeda.
4. Menemukan tren terkini yang berkembang
Satu lagi manfaat penting dari riset kompetitor adalah menemukan tren terkini yang sedang berkembang. Misalnya saja, ketika kamu menjalankan bisnis fashion dan melakukan riset kompetitor, maka kamu bisa menemukan tren fashion apa yang sedang muncul saat ini. Nah, kamu bisa memutuskan untuk turut dalam tren tersebut untuk meningkatkan transaksi.
Beberapa hal di atas adalah ragam alasan kenapa riset kompetitor merupakan hal yang penting. Nah, untuk menunjang riset kompetitor yang kamu lakukan, kamu bisa menggunakan layanan STATS. Dengan layanan ini, kamu akan mendapatkan data yang lebih lengkap dari pesaing dan mendapatkan solusi untuk mengatasinya demi pengelolaan bisnis yang lebih baik dan unggul!
Leave A Comment