Banyak bisnis yang memahami pentingnya menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik, tetapi beberapa masih belum memahaminya. Layanan pelanggan yang hebat berbeda dengan layanan pelanggan yang baik dan akan membuat atau menghancurkan bisnis kamu. Apakah kamu seorang pemilik bisnis atau karyawan, contoh-contoh berikut ini menunjukkan bagaimana memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan kamu dan membuat mereka ingin kembali lagi:
Menjaga Pelanggan Saat Ini Tetap Bahagia
Menjaga pelanggan saat ini tetap senang lebih penting daripada mendapatkan pelanggan baru. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat retensi pelanggan lebih tinggi untuk bisnis dengan layanan pelanggan yang sangat baik, dan ini diterjemahkan langsung ke pertumbuhan. Semakin puas pelanggan kamu saat ini, semakin besar kemungkinan mereka merekomendasikan kamu kepada orang lain.
Baca juga : Strategi Mencari Produk Terlaris di Berbagai Marketplace
Selain itu, tingkat retensi yang tinggi juga bisa menjadi indikator seberapa besar kamu menghargai pelanggan kamu-dan itu penting! Ketika kamu memperlakukan orang dengan baik dan menunjukkan kepada mereka betapa mereka penting, mereka akan merasa dihargai; hal ini akan membuat mereka membalas budi dengan menjadi pelanggan setia yang tidak hanya terus kembali tetapi juga merujuk orang lain bersama mereka.
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Kepuasan pelanggan adalah kunci keberhasilan bisnis. kamu dapat memiliki produk, layanan, dan karyawan terbaik di dunia, tetapi jika kamu tidak memberikan apa yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan, mereka tidak akan kembali. Tujuan kamu harus membuat setiap pelanggan merasa pengalaman mereka dengan perusahaan kamu luar biasa.
Mintalah umpan balik di situs media sosial seperti Twitter dan Facebook dengan memposting survei atau jajak pendapat di mana orang dapat merespons dengan pemikiran mereka tentang perusahaan atau produk. Hal ini memberikan umpan balik langsung kepada perusahaan dan membantu mereka fokus pada area perbaikan sekaligus memberikan wawasan berharga tentang bagaimana pelanggan memkamung mereka secara keseluruhan.
Menanggapi Ulasan Negatif
Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa ulasan negatif tidak dapat dihindari dan harus diharapkan. Ulasan negatif juga merupakan kesempatan yang baik bagi kamu untuk menunjukkan kepada pelanggan kamu bahwa kamu tidak hanya peduli dengan pengalaman mereka, tetapi kamu ingin mereka merasa bahwa mereka penting.
Sering kali, menanggapi dengan sikap yang benar akan mengatasi sisanya. Pendekatan positif bisa sangat membantu dalam mengubah pelanggan yang tidak senang menjadi senang. Jika kamu fleksibel dan bersedia bekerja sama dengan pelanggan kamu dengan menawarkan solusi atau meminta maaf atas pengalaman mereka (yang bahkan mungkin bukan kesalahan kamu), maka kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan setia lagi dalam waktu singkat!
Baca juga : 7 Media Paling Efektif untuk Melakukan Pemasaran Online
Menciptakan Citra Merek yang Unggul
Merek lebih dari sekedar logo atau nama perusahaan. Ini adalah persepsi pelanggan tentang produk, layanan, atau perusahaan kamu. Citra merek kamu penting untuk tetap berada di benak pelanggan sehingga kamu menonjol dari persaingan.
Ciptakan konsistensi di semua titik kontak seperti situs web, kemasan, dan iklan. Pelanggan lebih memilih merek yang mereka kenali. Komunikasikan dengan jelas siapa kamu dan mengapa seseorang harus memilih kamu daripada pilihan lain;
Berikan layanan pelanggan yang sangat baik melalui setiap channel marketing yang tersedia, apakah itu platform media sosial seperti Twitter atau Facebook bersama dengan saluran media tradisional seperti iklan radio yang disiarkan di seluruh kota.
Menciptakan Pelanggan Setia
Layanan pelanggan yang sangat baik adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk bisnis kamu. Sangat penting bagi kamu untuk memastikan bahwa pelanggan kamu senang dengan pengalaman mereka dengan perusahaan dan produk kamu. Ketika kamu memberi mereka pengalaman positif, mereka kemungkinan akan menjadi loyal terhadap merek kamu dan lebih cenderung merekomendasikannya kepada orang lain.
Memberikan layanan pelanggan terbaik memang butuh teknologi mumpuni. Enablr dengan layanan Link siap memberikan semuanya. Dengan fitur Multi Link Chat, Business Features, dan Omni Channel Platform, kamu bisa perluas jaringan bisnis dengan layanan terbaik.
Leave A Comment