Sebagai salah satu e-commerce paling populer di Indonesia, Shopee menyediakan cukup banyak layanan bagi para mitra, termasuk pilihan layanan pembayaran. Jika disimak, salah satu layanan pembayaran yang disediakan adalah COD. Fitur ini cukup digemari oleh para pelanggan.

COD atau Cash on Delivery sendiri adalah cara pembayaran yang dilakukan ketika barang pesanan sudah tiba di alamat. Sistem ini banyak dipilih karena memberikan keamanan transaksi yang lebih. Tidak hanya itu, COD pun juga memudahkan pelanggan yang tidak memiliki m-banking untuk melakukan transaksi.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara mengaktifkan COD di Shopee serta kelebihan dan kekurangannya ditinjau dari perspektif sebagai penjual. Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan metode ini? Simak ulasannya!

Cara Mengaktifkan Fitur COD Shopee

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem COD Shopee, kamu tentu perlu mengetahui cara untuk mengaktifkan fitur ini. Tidak perlu repot karena fitur COD bisa diaktifkan dengan sangat mudah. Beberapa langkah untuk mengaktifkan fitur ini adalah:

  •         Buka aplikasi Shopee dan login seperti biaya
  •         Pilih menu Toko Saya
  •         Setelah itu, pilih opsi jasa kirim yang digunakan
  •         Temukan opsi COD lalu geser toggle ke arah kanan untuk mengaktifkan fitur
  •         Selesai

Hanya dengan beberapa langkah mudah, kamu bisa mengaktifkan fitur COD di Shopee. Setelah proses tersebut, secara otomatis, fitur COD sudah aktif dan bisa dimanfaatkan. Untuk menonaktifkan, kamu tinggal menggeser toggle COD ke kiri.

Baca juga : Cara Menggunakan Gratis Ongkir di Lazada untuk Menarik Minat Pembeli

Kelebihan Sistem COD Shopee Untuk Penjual

Ada beberapa kelebihan sistem COD Shopee dari segi penjual. Tentu, kelebihan tersebut bisa dijadikan alasan kenapa kamu perlu mengaktifkan fitur ini saat mengelola toko di Shopee. Nah, beberapa kelebihan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1.     Meningkatkan omzet

Peningkatan omzet adalah hal yang sangat diinginkan oleh penjual. Semakin meningkat omzet, maka semakin tinggi pula keuntungan yang didapatkan. Nah, peningkatan omzet salah satunya bisa ditunjang dengan aktivasi fitur COD di Shopee.

Salah satu alasannya adalah pembeli cenderung merasa lebih nyaman dengan sistem COD. Selain itu, sistem COD juga dianggap lebih aman dan minim risiko penipuan. Hanya saja, kamu sebagai penjual harus memastikan bahwa pembeli tidak melakukan retur pada pesanan yang dibeli.

  1.     Memperluas target

Kelebihan lain dari aktivasi fitur COD di Shopee adalah kamu bisa menjaring target yang lebih luas. Dalam hal ini, target pasar yang bisa dibangun adalah mereka yang tidak memiliki rekening bank. Dengan adanya sistem COD, tentu mereka lebih mudah melakukan pembelian.

Selain kedua kelebihan tersebut, aktivasi sistem COD masih memberikan banyak kelebihan. Tentu, kelebihan yang dimaksud termasuk toko yang lebih dikenal. Dengan popularitas yang meningkat, omzet pun juga akan turut meningkat.

Kekurangan Sistem COD Shopee Untuk Penjual

Meskipun memberikan cukup banyak kelebihan, namun aktivasi sistem COD di Shopee juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan adalah adanya risiko retur yang cukup besar. Banyak kasus terjadi di mana pembeli melakukan retur karena menganggap pesanan tidak sesuai meskipun penjual sudah memastikan kesesuaian pesanan.

Secara tidak langsung, sistem COD memang cukup efektif untuk mendongkrak penjualan di Shopee. Namun, seiring dengan adanya risiko dan kekurangan lainnya, sistem ini harus ditunjang dengan sistem lainnya. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan layanan Enablr.

Ya, Enablr menyediakan layanan pemasaran online yang siap membantu bisnis kamu. Dengan layanan Enablr, kamu bisa melakukan riset produk dengan lebih tepat, mengatur strategi promosi online dan lainnya dengan output omzet yang meningkat. Tidak hanya itu, layanan ini pun bisa dihubungkan dengan Shopee tanpa adanya kendala!