Cara kerja pemasaran online perlu dipelajari dengan baik. Sebab, pemasaran merupakan bagian yang sangat penting untuk menunjang suatu usaha. Jika tidak melakukan pemasaran, maka bisnis yang kamu lakukan akan sulit berkembang.

Salah satu media pemasaran yang perlu kamu pertimbangkan saat ini adalah melalui media online. Pasalnya, media online mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Sehingga, kamu bisa menemukan target pasar dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia.

Cara Kerja Pemasaran Online

Cara kerja pemasaran online dapat dilihat dalam beberapa tahap. Berikut dapat kamu simak penjelasan selengkapnya :

  1.   Awareness atau Kesadaran

Hal yang pertama ditarget dalam pemasaran online adalah munculnya kesadaran dari pasar mengenai merek yang kamu miliki. Di sini, tugasmu sebagai pemasar atau penjual adalah membangun kesadaran atau brand awareness dari calon konsumen. Caranya dengan memasang iklan di media online. Baik melalui social media marketing, iklan di mesin pencari, iklan di marketplace, email marketing, forum jual beli, website, dan sebagainya.

Dalam membangun kesadaran merek, maka Anda kamu membuat konten baik berupa foto, video, maupun tulisan yang relate dengan target pasarmu. Konten yang dibuat harus unik dan sesuai dengan ketertarikan dari target pasar.

Baca juga : Marketplace Indonesia Dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak

  1.   Interest atau Ketertarikan

Pada tahap kedua cara kerja pemasaran online, akan muncul interest atau ketertarikan setelah konsumen memiliki kesadaran terhadap brand tersebut. Semakin sering konsumen melihat produk Anda melalui iklan di berbagai media maupun mesin pencari, maka semakin tertarik pula konsumen terhadap produk tersebut.

Jika Anda menggunakan website untuk mempromosikan produk, maka traffic yang tinggi di laman web tersebut menandakan bahwa ada ketertarikan dari masyarakat terhadap produk tersebut. Potensi terjualnya produk juga akan lebih tinggi.

  1.   Desire atau Keinginan

Setelah memiliki ketertarikan terhadap produk tersebut, pemasaran online mampu membangkitkan keinginan untuk membeli produk Anda. Pemasaran online yang dilakukan dengan tepat biasanya melibatkan bahasa iklan yang persuasif, mengunggulkan keunikan produk, dan juga testimoni yang membuat calon konsumen menjadi lebih percaya. Jika ada kepercayaan, maka timbullah keyakinan bahwa produk tersebut memang berkualitas.

Testimoni memiliki peran yang sangat besar untuk membuat produk Anda dipercaya. Sebab, dari testimoni ini, konsumen bisa melihat review atau ulasan dari pelanggan sebelumnya. Ini juga bisa jadi acuan kualitas suatu produk.

Anda juga harus bisa membuat desain web yang menarik. Gambar yang ditampilkan dalam website tersebut harus jelas dan estetik. Selain itu, gambar juga harus disertai dengan informasi lengkap mengenai produk.

  1.   Action atau Tindakan

Pada tahap akhir pemasaran online, ada action atau tindakan. Di sini lah tujuan akhir dari pemasaran online bisa berhasil. Yakni ketika konsumen membeli produk. Jika di marketplace, maka konsumen sudah melakukan checkout terhadap produk yang diinginkan.

Baca juga : Pemasaran Online : Begini Cara Mengukur Performa Bisnis Anda

Optimalkan Pemasaran Online dengan Enablr

Setelah mengetahui cara kerja pemasaran online, maka selanjutnya, Anda harus mampu mengoptimalkannya. Salah satu platform yang dapat Anda andalkan adalah Enablr. Melalui Enablr, Anda dapat mengembangkan e-commerce dengan tiga jenis produknya.

Pertama, ada Kreativ Epic yang akan membantu Anda membangun citra brand dengan asset visual yang relevan dan berkualitas. Ada juga Intelligent Stats yang membantu dalam hal Analisa pasar, Analisa kompetitor, serta analisa produk yang sedang happening di berbagai marketplace Indonesia.

Terakhir, ada Technology Link yang membantu bisnis dengan fitur multi chat link, business features, dan omnichannel platform. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Enablr, silakan Anda kunjungi laman utamanya di enablr.id, lalu manfaatkan fitur web chat untuk bertanya mengenai produk, ketentuan, dan sebagainya.